x

SUmber Pixabay

Iklan

Firda Newcolla

Dapatkan artikel menarik seputar kecantikan, penuaan dini, dan parenting di https://newcolla-artikel.orderyuk.info
Bergabung Sejak: 18 Maret 2023

Jumat, 31 Maret 2023 13:44 WIB

Tidak Selalu Sebabkan Jerawat, 5 Kacang-kacangan Ini Jadi Sumber Kecantikan

Kacang sering dituding jadi penyebab jerawat. Padahal tidak semua kacang memicu jerawat.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Kacang-kacangan kerap dituduh sebagai penyebab munculnya jerawat di kulit. Kacang-kacangan yang mudah ditemukan dan diolah, sekaligus memiliki rasa yang sedap dan pilihan yang melimpah, justru dihindari karena tudingan tersebut.

Padahal, kacang-kacangan juga bisa menjadi sumber kecantikan. Kacang-kacangan memiliki nutrisi yang sangat kaya dan bermanfaat untuk kulit sehingga diolah menjadi bahan skincare dan kosmetik. Beberapa kacang-kacangan dan biji-bijian berikut ini membuktikannya.

  1. Kacang Almond

Selain memiliki rasa yang enak, kacang almond memiliki banyak manfaat untuk kecantikan. Kacang almond mengandung vitamin E, asam lemak tak jenuh ganda, dan asam amino yang bermanfaat untuk kulit dan rambut.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Vitamin E adalah antioksidan yang dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV dan polusi, serta mengurangi keriput dan meningkatkan elastisitas kulit. Asam lemak tak jenuh ganda juga dapat membantu menjaga kelembaban kulit dan mengurangi peradangan. Asam amino yang terkandung dalam kacang almond dapat memperkuat rambut dan mengurangi kerontokan.

Kacang almond untuk kecantikan biasanya sudah diolah ke dalam bentuk minyak sehingga mudah untuk diaplikasikan sebagai minyak pijat atau minyak rambut. Banyak juga skincare yang menggunakan bahan minyak almond untuk menambah efektivitasnya.

  1. Shea Butter

Shea butter adalah mentega yang diperoleh dari kacang shea yang tumbuh di Afrika. Shea butter telah lama digunakan dalam tradisi pengobatan di Afrika sebagai bahan pemutih kulit dan pelindung terhadap sinar matahari lho, Bunda. Shea butter juga diyakini memiliki sifat melembabkan, menenangkan, dan menghaluskan kulit.

Shea butter yang kerap ditemukan di produk skincare dan kosmetik ini digunakan secara topikal untuk mengatasi kulit kering, iritasi, dan luka bakar. Shea butter juga dipercaya dapat membantu mengurangi kerutan dan garis-garis halus pada kulit, serta memperlambat proses penuaan. Selain itu, shea butter juga diyakini dapat membantu mengurangi nyeri pada sendi serta mempercepat penyembuhan luka.

  1. Tamanu

Ini dia jenis kacang-kacangan yang sedang naik daun. Banyak sekali minyak tamanu yang dikemas dan digunakan sebagai produk perawatan kulit. Minyak tamanu ini merupakan minyak yang diperoleh dari biji pohon tamanu yang tumbuh di beberapa negara tropis, seperti Polynesia, Thailand, dan India. Minyak tamanu diyakini memiliki sifat antibakteri, antiinflamasi, dan penyembuh luka.

Minyak tamanu juga digunakan secara topikal untuk mengobati jerawat, luka bakar, dan luka bekas luka. Minyak tamanu juga diyakini dapat membantu mengatasi masalah rambut, seperti rambut rontok dan ketombe. Ditambah lagi, minyak tamanu dapat membantu mengurangi nyeri sendi dan meningkatkan mood.

  1. Biji hemp

Masih satu genus dengan ganja, biji hemp memiliki beragam manfaat. Biji yang didapat dari tanaman hemp atau Cannabis sativa ini sebelumnya diproses secara khusus agar tidak mengandung THC (tetrahydrocannabinol), yaitu senyawa yang memiliki efek psikoaktif pada tubuh, terlebih dahulu. Biji hemp biasanya dijual dalam bentuk biji kering atau minyak. Selain sebagai menu diet, biji hemp yang mengandung protein, asam lemak tak jenuh, dan serat juga dipergunakan sebagai minyak untuk kecantikan.

Di bidang kecantikan, biji hemp dipercaya dapat melembapkan kulit berkat kandungan omega-3-nya. Biji hemp juga dapat meredakan kemerahan, pembengkakan, dan iritasi pada kulit. Tak hanya itu, biji hemp yang super-bermanfaat ini juga dapat menyamarkan garis-garis halus dan keriput sekaligus memacu produksi collagen dalam kulit. Untuk rambut biji hemp dapat digunakan untuk menutrisi dan menguatkan rambut serta mengatasi rambut kering, rusak, dan bercabang,

  1. Biji bunga matahari

Bunda dan si kecil suka makan kuaci, bukan? Nah, kalau begitu Bunda harus tahu bahwa Biji bunga matahari juga bermanfaat untuk kecantikan. Biji bunga matahari yang diperoleh dari tanaman bunga matahari (Helianthus annuus) ini kaya akan asam lemak tak jenuh, protein, vitamin E, dan serat. Inilah yang membuatnya diyakini dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan rambut.

Menggunakan biji bunga matahari untuk kecantikan akan membuat Bunda mendapatkan kulit yang halus melalui kandungan vitamin E yang membantu menjaga elastisitas kulit dan mengurangi kerutan. Asam lemak tak jenuh yang terkandung dalam biji bunga matahari diyakini dapat membantu menjaga kelembaban kulit dan mengurangi iritasi. Selain itu, biji bunga matahari diyakini dapat membantu menenangkan kulit yang iritasi atau meradang. Jika Bunda mengaplikasikan minyak biji bunga matahari di rambut, nantinya rambut Bunda akan jauh lebih sehat dan tidak mudah rontok.

Wah, ternyata tidak semua kacang-kacangan menyebabkan jerawat, ya. Sekarang Bunda tak perlu lagi khawatir saat ngemil kacang-kacangan. Buktinya, kelima kacang-kacangan dan biji-bijian di atas sangat bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit, bahkan rambut. Namun, jika Bunda masih tak yakin, Bunda dapat mencoba bahan lain yang menurut Bunda lebih aman dan tidak memicu reaksi alergi. (*NAFF)

Ikuti tulisan menarik Firda Newcolla lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler