Ilustrasi Pulau Misterius. Pixabay.com

Sabtu, 1 April 2023 06:28 WIB

Ilmuwan Menemukan Jejak Kaki Lebih Tua dari Dinosaurus

Sebuah studi yang dilakukan ilmuwan, belum lama ini mengungkap: ada amfibi raksasa melebihi Dinosaurus. Indikatornya, ada penemuan sebuah tikar  yang terdiri dari mikroba.  Tikar ini diduga telah mengawetkan serangkaian lekukan berusia 255 juta tahun yang dibuat di dasar pasang surut berpasir Afrika Selatan oleh amfibi raksasa.

Bentuk yang luar biasa mengungkapkan bahwa Rhinesuchid Temnospondyl sepanjang hampir 2 meter mengintai mangsanya dan berenang mengejarnya seperti buaya. Seperti diagram koreografer prasejarah, tayangan tersebut merupakan jendela unik ke dalam kehidupan di bumi purba sesaat sebelum Peristiwa kepunahan massal Permian yang menghancurkan 90 persen spesies di planet ini.

Temuan penelitian ini penting karena membantu mengisi kekosongan pengetahuan kita tentang hewan purba ini, sebagaimana dirilis lewat laman Discover Magazine. “Jejak dan jejak yang luar biasa […] memberikan bukti langsung tentang bagaimana hewan ini bergerak dan berinteraksi dengan lingkungannya.”

Paleosurface Dave Green, dinamai menurut penemu dan pemilik tanahnya, mencakup sekitar 600 meter persegi di Karoo Basin, sebuah cekungan sedimen besar yang membentang sekitar dua pertiga dari Afrika Selatan. Sekitar 10 sentimeter batu pasir sekarang menutupi permukaan Paleo, yang beralur dengan bekas riak kuno. Tanah ini pernah menjadi bagian dari dataran pasang surut atau laguna yang berisi air tawar atau payau, menurut tim peneliti dari Afrika Selatan dan Eropa.

Sementara para peneliti telah mempelajari situs Dave Green sebelumnya, tim ini membawa drone untuk mengambil foto dari ketinggian 10 meter, dan pemindai 3D genggam, untuk membuat lekukan yang langka. Para peneliti di masa lalu telah mencoba membuat gips dengan bentuk panjang dan dangkal dan gagal.

Gambar yang dihasilkan menangkap persimpangan prasejarah yang sering dikunjungi oleh ikan dan tetrapoda, makhluk berkaki empat seperti Rhinesuchid Temnospondyl. Selain tanda yang terakhir, tim menemukan tiga jalur berbeda yang ditandai dengan jejak kaki kecil yang mungkin milik tetrapoda lebih kecil yang mengarungi air.

Makhluk Rhinesuchid melingkari seluruh pemandangan, berbelok ke kanan saat meluncur di sepanjang bagian bawah. Kadang-kadang, ia diam dan melihat ke atas menggunakan mata yang tertanam di atas tengkorak segitiganya. Kemudian ketika berenang melintasi dasar, ia melakukannya dengan gerakan sinusoidal yang menggeliat yang meninggalkan jalur sempit di pasir.

Buaya berenang dengan cara yang sama, meskipun mereka baru berevolusi sekitar 50 juta tahun lagi, selama Trias Akhir. Tapi seperti mereka, Rhinesuchid mungkin menyelipkan kakinya di bawah tubuhnya saat berenang, mengingat relatif sedikitnya jejak kaki.

Tikar lunak bakteri dan organisme bersel tunggal dapat melindungi banyak lekukan dari erosi, kata studi tersebut, terutama yang tidak memiliki tanda riak. Beberapa struktur hidup tertua di bumi, tikar mikroba telah mencakup habitat yang tak terhitung jumlahnya, tulis ahli biologi Gisela Gerdes dalam bab buku, termasuk dasar sungai.

Para peneliti Afrika Selatan mengakui peran Dave yang pertama kali mengungkap situs tersebut pada tahun 1991, dengan menghubungi seorang profesor di Universitas Natal di Afrika Selatan.

Pernyataan tersebut mengatakan bahwa penelitian tersebut menunjukkan betapa pentingnya penemuan paleontologis yang sering dibuat oleh orang-orang yang ingin tahu yang membawa temuan mereka ke perhatian ahli paleontologi. ***