x

Iklan

Sherly Awalya

Mahasiswi UIN SMH BANTEN
Bergabung Sejak: 29 Maret 2023

Sabtu, 1 April 2023 16:22 WIB

Manajemen Sumber Daya Manusia/Insani

Untuk Memenuhi Salah Satu Tugas Mata Kuliah Manajemen Sumber Daya Insani dengan Dosen Pengampu Dr.H. Syaeful Bahri, S.Ag, MM. CHCM.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

1. Pengertian MSDM dan MSDI

Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia menurut (Follett, 2017) adalah suatu seni  untuk mencapai tujuan-tujuan organisasi melalui pengaturan orang lain untuk melaksanakan  berbagai pekerjaan yang diperlukan, atau dengan kata lain tidak melakukan pekerjaan- pekerjaan itu sendiri.

Sumber daya Insani (SDI) adalah orang-orang  yang ada dalam organisasi yang memberikan sumbangan pemikiran dan melakukan berbagai jenis pekerjaan dalam mencapai tujuan organisasi.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dapat disimpulkan manajemen sumber daya manusia merupakan suatu pengelolaan sumber daya manusia dalam suatu perusahaan secara efektif dan efisien agar dapat membantu terwujudnya tujuan dari perusahaan.

2. Ruang Lingkup Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM)

Ruang lingkup manajemen sumber daya manusia adalah proses yang secara bertahap dilakukan dalam upaya mencapai perubahan yang diinginkan. Adapun ruang lingkup MSDM meliputi:

  1. Human Resource Planning (Perencanaan Sumber Daya Manusia)
  2. Job Analysis (Analisis Pekerjaan)
  3. Recruitmen and Selection (Rekrutmen dan Seleksi)
  4. Orientation and Induction (Orientasi dan Induksi)
  5. Training and Development (Pelatihan dan Pengembangan)
  6. Performance Appraisal (Penilaian Kinerja)
  7. Compensation Planning and Remuneration (Konpensasi dan Gaji)
  8. Motivation, Welfare, Health, and Safety (Motivasi, Kesejahteraan, Kesehatan, dan Keamanan)
  9. Industrial Relations (Relasi Industri)

3. Tujuan Majemen Sumber Daya Manusia

  1. Memberi pertimbangan manajemen dalam membuat kebijakan SDM untuk memastikan bahwa suatu organisasi memiliki pekerjaan yang bermotivasi tinggi dan berkinerja tinggi, serta selalu siap mengatasi perubahan dan memenuhi kewajiban pekerjaan secara legal.
  2. Mengimplementasikan dan menjaga semua kebijakan dan prosedur SDM yang memungkinkan organisasi mampu mencapai tujuannya.
  3. Membantu dalam pengembangan arah keseluruhan organisasi dan strategi, khususnya yang berkaitan dengan implikasi SDM.
  4. Memberi dukungan dan kondisi yang akan membantu manajer mencapai tujuan.
  5. Menangani berbagai krisis dan situasi sulit dalam hubungan antar pekerja untuk meyakinkan bahwa mereka tidak menghambat organisasi dalam mencapai tujuannya.
  6. Menyediakan media komunikasi antar pekerja dan manajemen organisasi.

4.  Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia

  1. Perencanaan (Planning)
  2. Pengorganisasian (Staffing)
  3. Pengarahan/Penggerakan (Directing/Leadership)
  4. Pengendalian (Controlling)

5. Peranan Strategis MSDM

Peranan karyawan bagi sebuah perusahaan berupa keterlibatan mereka dalam sebuah perencanaan, sistem, proses dan tujuan yang ingin dicapai oleh perusahaan. Manajemen sumber daya manusia sangat berperan dalam meningkatkan keefektifan dan efisiensi sebuah organisasi dalam mencapai tujuannya. Secara garis besar, manajemen sumber daya manusia memberikan berbagai manfaat yang sangat besar bagi perusahaan.

MSDM juga berperan dalam proses menanggulangi berbagai macam permasalahan pada ruang lingkup karyawan, pegawai, buruh, manajer serta tenaga kerja lainnya untuk bisa mendukung kegiatan organisasi demi meraih tujuan yang sudah ditetapkan. Peran MSDM yaitu memastikan aspek penciptaan, membangun serta meningkatkan perusahaan, serta nmempertahankan perusahaan dalam menghadapi berbagai masalah. Bila tidak ada SDM yang mencukupi, secara otomatis perusahaan bakal kandas dalam pencapaian tujuan yang ingin dicapai, sehingga peranan SDM dapat dikatakan kunci dalam keberhasilan suatu perusahaan atau organisasi.

6. Prinsip-Prinsip MSDM

Dalam pengelolaan SDM, selain tanggung jawab manajerial dan operasional, prinsip-prinsip pengelolaan SDM juga perlu diperhatikan. Berikut beberapa prinsip MSDM menurut Amstrong (2006): • Prinsip moral dan nilai kemanusiaan

  • Prinsip demokrasi
  • Prinsip orang yang tepat berada ditempat yang tepat
  • Prinsip kompensasi yang sama untuk pekerjaan yang sama
  • Prinsip gagasan dan kesatuan tujuan
  • Prinsip ide komando terpadu
  • Prinsip efensiensi dan efektivitas.

 

#Quote Of The Day# 

"Target Jangan Terlalu Ringan, nanti tidak ada tantangan"

( Dr.H. Syaeful Bahri, S.Ag, MM. CHCM.)

Ikuti tulisan menarik Sherly Awalya lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler