x

Iklan

Hana Wardatusyifa

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 Maret 2023

Sabtu, 1 April 2023 16:26 WIB

Pengadaan Tenaga Kerja dalam Praktik

Artikel ini dibuat untuk memenuhi tugas UTS mata kuliah Manajemen sumber daya insani Dosen pengampu : Dr. Syaeful Bahri, S.Ag., M.M

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

A. Pengertian Rekrutmen

Pengadaan (procurement) adalah salah satu fungsi operasional SDM. Dimana rekrutmen merupakan keputusan perencanaan sumber daya manusia tentang berapa banyak karyawan yang dibutuhkan, kapan dibutuhkan, dan kriteria apa saja yang dibutuhkan dalam organisasi. Rekrutmen pada dasarnya adalah upaya untuk mengisi lowongan atau pekerjaan dalam suatu organisasi atau bisnis. Rekrutmen adalah proses atau kegiatan suatu organisasi untuk memperoleh tambahan karyawan dalam beberapa tahapan, yang meliputi identifikasi dan evaluasi sumber-sumber penarikan tenaga kerja, penentuan kebutuhan tenaga kerja, proses seleksi, penempatan dan orientasi tenaga kerja.

 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

B. Tujuan Rekrutmen 

Rekrutmen bertujuan untuk mendapatkan karyawan yang potensial, dimana manajemen atau rekrutmen dapat menyeleksi atau memilih kandidat sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan oleh organisasi atau perusahaan. Semakin banyak kandidat yang terkumpul, semakin baik, karena peluang untuk mendapatkan kandidat terbaik semakin tinggi.

 

C. Metode Rekrutmen 

Metode Rekrutmen Kasmir (2016: 94) mengemukakan beberapa cara atau metode yang digunakan untuk menarik minat pelamar agar datang melamar, yaitu:

1. Informasi yang disajikan jelas

Memberikan informasi yang jelas tentang nama perusahaan, bidang usaha, posisi yang ditawarkan , kompensasi yang diberikan, jenjang karier dan fasilitas menarik lainnya yang ditawarkan.

2. Format lamaran dibuat menarik 

Kesan ini penting, karena banyak pelamar yang memperhatikan hal ini sebelum mengirim surat lamaran.

3. Pemilihan media untuk membuat lowongan kerja, sesuai dengan segmentasi media yang bersangkutan.

Pemilihan media ini juga akan memberikan kesan bonafit perusahaan. Pelamar yang berkualitas biasanya hanya melamar di media yang dianggap bonafit.

4. Menempelkan brosur di perguruan tinggi dan lembaga pelatihan yang memiliki kualitas dan reputasi tinggi. 

Hal ini penting karena biasanya perguruan tinggi yang memiliki reputasi tinggi akan menghasilkan lulusan yang dapat dipertanggung jawabkan.

5. Waktu yang diberikan jangan terlalu singkat

Hal ini mampu memaksimalkan jumlah pelamar, Misalnya 1 minggu atau 10 hari.

 

D. Pengertian seleksi

Menurut Hasibuan (2009), seleksi adalah suatu kegiatan pemilihan dan penentuan pelamar yang diterima atau yang ditolak untuk menjadi karyawan perusahaan. Seleksi adalah kegiatan dalam manajemen SDM yang dilakukan setelah proses rekrutmen selesai dilaksanakan. Proses seleksi sebagai sarana yang digunakan dalam memutuskan pelamar mana yang akan diterima. Prosesnya dimulai ketika pelamar melamar kerja dan diakhiri dengan keputusan penerimaan.

 

Rekrutmen dan seleksi termasuk fungsi-fungsi MSDM yang mempunyai Peranan strategis dalam mempersiapkan dan menyediakan sumber daya manusia yang sesuai dengan kebutuhan pekerjaan sebagaimana ditetapkan dalam analisis pekerjaan khususnya deskripsi dan spesifikasi. Kedua kegiatan tersebut didahului oleh kegiatan analisis pekerjaan dan perencanaan sumber daya manusia. Hal ini berarti bahwa kegiatan rekrutmen dan seleksi harus didasarkan pada suatu kebutuhan yang dialami organisasi, baik dalam fisik maupun dari segi kemampuan dan keterampilan.

 

Quotes of the day 

"Tidak harus jadi Hebat dulu untuk Berbuat, tetapi harus Berbuat dulu untuk jadi Hebat.” 

# Dr.H.SyaefulBahri,CHCM #

Ikuti tulisan menarik Hana Wardatusyifa lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler