x

Iklan

Syarifudin

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 April 2019

Senin, 3 April 2023 17:43 WIB

Forum TBM Gelar Workshop Penulisan Berita untuk Memperkuat Kompetensi Pegiat Literasi

Perkuat kompetensi pegiat literasi dan taman bacaan, Forum TBM gelar workshop penulisan berita

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Pengurus Pusat Forum TBM hari ini menggelar “Workshop Menulis Press Release” secara virtuali di Jakarta (3/4/2023). Dihadiri Heni Wahdatur Rohmah (Sekjen PP Forum TBM) dan 20 peserta dari tim KKR dan tim Kreatif Forum TBM, workshop diberikan oleh Syarifudin Yunus, Pengurus Forum TBM dan Pendiri TBM Lentera Pustaka. Melalui workshop ini diharapkan peserta memiliki kemampuan menulis press release secara optimal sehingga dapat menjadi sarana promosi kegiatan literasi dan taman bacaan, di samping meningkatkan kompetensi menulis secara lebih efektif.

 

Selain diberikan pencerahan akan pentingnya press release, peserta pun dilatih secara konkret penulisan press release melalui metode ADIKASIMBA (Apa, Dimana, Kapan, Siapa, Mengapa, Bagaimana) agar lebih mudah dalam menulis berita. Sehingga nantinya, pegiat taman bacaan mampu mempromosikan dan mempublikasikan kegiatan, program atau pemikirannya kepada publik.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

“Kompetensi menulis pegiat TBM sangat penting, Sebagai cara untuk mensosialisasikan pentingnya kegemaran membaca di masyarakat. Hal ini sekaligus untuk mewujudkan visi Forum TBM untuk menjadi pusat pembelajaran dan pengembangan kecakapan literasi masyarakat” ujar Heni Wardatur Rohmah, Sekjen PP Forum TBM dalam sambutannya.

 

Antusiasme peserta pun menggeliat. Karena ternyata menulis press release tidak serumit yang dibayangkan. Melalui teknik ADIKASIMBA, setiap peserta dilatih untuk menulis berita secara konkret dan langsug dipublikasikan ke media jurnalisme warga online. Ternyata, proses dan pubkikasi berita begitu gampang dan mudah dilakukan. Asal mau ditulis dan ditulis, tanpa ditunda lagi.

 

Setelah workshop menulis press release ini, setiap peserta pun diberikan tugas untuk membuat satu berita terkait aktivitas taman bacaan atau literasi yang dilakukan secara konkret di lapangan. Dan nantinya dipublikasi melalui laman Forum TBM sebagai bukti kemampuan menulis press release yang efektif. Kegiatan workshop ini pun akan dilanjutkan dengan review tulisan press release dan publikasi yang dilakukan setiap peserta pada Senin depan. Salam literasi!

 

Ikuti tulisan menarik Syarifudin lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB