x

Ilustrasi makan sayuran. shutterstock.com

Iklan

Slamet Samsoerizal

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 30 Maret 2022

Selasa, 4 April 2023 20:09 WIB

Dari 47 Jenis Sayuran yang Diriset, Ternyata Cuma  1 yang Didaulat Paling Menyehatkan

Sejumlah sayuran yang dianggap paling menyehatkan tubuh diriset sekelompok peneliti. Hasilnya mencengangkan. Dari 47 jenis sayuran yang diriset, ternyata cuma  1 yang didaulat paling menyehatkan.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

 

Ilmuwan bekerja keras untuk mempelajari dan memahami tubuh manusia dan makanan yang dapat meningkatkan fungsinya. Biaya kesehatan dari pola makan yang tidak seimbang atau kekurangan unsur nutrisi dasar dan esensial bisa sangat besar. Makan dengan baik bisa menjadi perisai terbaik melawan beberapa penyakit dan masalah kronis yang benar-benar dapat dicegah.

 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dengan pemikiran ini, sekelompok peneliti dari Universitas William Paterson di New Jersey AS melakukan penelitian mendalam dan ambisius pada tahun 2014. Bukan rahasia lagi bahwa sayuran harus menjadi landasan asupan harian setiap orang yang sehat. Namun, sulit untuk selalu mematuhi aturan ini. Ketamakan atau malah mau serba instan akhirnya menjebak kita ke pelukan makanan bercita rasa junk food.

 

Gagasan di balik penelitian ini adalah untuk menyusun daftar sayuran yang paling lengkap dan bernutrisi dengan cermat dan terperinci. Untuk itu, pertama-tama ditentukan zat-zat yang harus dikonsumsi setiap manusia setiap hari dan berapa proporsinya. Secara total, ada 17 hingga 47 sayuran unsur makanan esensial yang dianalisis untuk membuat pemeringkatan akhir.

 

Tubuh sehat pikiran sehat

Dikutip dari laman USA AS, hasilnya mengejutkan banyak orang, karena ternyata sayuran yang mengandung banyak nutrisi, makanan yang bukan ciri umum di piring orang Amerika. Selada air, makanan yang dalam jumlah yang tepat dapat menyediakan semua nutrisi dasar yang ditetapkan oleh para peneliti. Daftar manfaatnya tidak terbatas. Ini mempromosikan penciptaan melatonin, pembentukan kolagen, menyediakan asam folat, vitamin A, B12, D dan K.

 

Selada air adalah tumpah ruah dari semua kebutuhan yang dapat ditemukan oleh bagian dalam tubuh yang rumit. Tentu saja, semua jenis sayuran akan diterima dengan baik, tergantung pada mata yang melihatnya baik bagi anak-anak maupun dewasa. Akan tetapi,  tidak ada yang menyukai kecambah hijau kecil yang tumbuh di tepi sungai.

 

Tumbuhan tersebut  dalam jumlah besar di beberapa bagian Asia dan Eropa, dan di internet ada banyak ide yang enak dan imajinatif tentang bagaimana memasukkannya ke dalam daftar diet harian. Beberapa resepnya juga sangat mudah dibuat. Semakin sedikit alasan untuk meninggalkan kebiasaan sehat.

 

Hal yang diperlukan hanyalah kemauan untuk melakukan sesuatu dengan lebih baik. Tubuh dan bahkan pikiran akan berterima kasih.

 

Menjadi sehat bukanlah sesuatu yang sulit atau tidak dapat dicapai. Setidaknya tidak sekarang. Karena informasi yang tersedia di zaman orang-orang yang saling terhubung ini sangat luas dan terinci.

 

Yuk, kita ke pasar tradisional atau ke swalayan terdekat dan segera memborong selada air! ***

Ikuti tulisan menarik Slamet Samsoerizal lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB

Terkini

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB