Kamis, 6 April 2023 14:40 WIB

Ilmuwan Ungkap Wajah Asli Pria Mesir Berusia 35.000 Tahun, Begini Penampakannya

Selama beberapa dekade, para ilmuwan telah menempatkan wajah digital pada sisa-sisa fosil manusia purba — baik yang dikenal maupun yang tidak. Dengan teknik Fotogrametri salah satu tengkorak Homo Sapiens tertua diubah dalam penampakan digital.

Sekitar 35.000 tahun yang lalu, seorang lelaki keturunan Afrika meninggal di tempat yang sekarang disebut Mesir. Mendahului firaun pertama yang diketahui pada 32 milenium, tidak ada yang tahu siapa pria ini atau masyarakat seperti apa dia tinggal. Satu-satunya petunjuk arkeologis adalah kapak yang ditemukan di sampingnya ketika tulangnya ditemukan lebih dari empat dekade lalu di Nazlet Khater 2, sebuah situs arkeologi di Lembah Nil Mesir.

Meskipun detail hidupnya hilang seiring waktu, tulis Darren Orf melalui laman Popular Mechanics,  kematiannya adalah salah satu momen paling penting dalam arkeologi.  Hal tersebut disebabkan, pria yang tingginya 5 kaki 3 inci dan berusia antara 17 dan 29 tahun, adalah kerangka Homo sapiens tertua yang diketahui di Mesir, dan salah satu yang tertua di dunia. Hal  yang terpenting: tengkoraknya sangat utuh.

Sekarang, 43 tahun setelah penemuan awalnya, para ilmuwan Brasil telah menggunakan proses yang dikenal sebagai fotogrametri untuk secara digital membuat ulang seperti apa rupa manusia purba ini. Studi pracetak mereka diterbitkan dalam bahasa Portugis pada akhir Maret 2023.

"Kerangka itu memiliki sebagian besar tulang yang diawetkan, meskipun ada beberapa yang hilang. Tapi struktur utama untuk perkiraan wajah, tengkoraknya, terpelihara dengan baik, " kata Moacir Elias Santos rekan penulis dan arkeolog kepada Live Science

Dengan menyatukan gambar kerangka yang terinci, para ilmuwan membuat dua gambar komposit: satu gambar hitam-putih dalam keadaan netral dan satu lagi dalam rendering yang lebih hidup dengan rambut wajah dan kunci keriting.

Para peneliti menemukan bahwa tengkorak itu sendiri sebagian besar memiliki struktur modern, meskipun rahangnya jauh lebih kuat daripada yang biasanya ditemukan pada Homo sapiens modern, kemungkinan sisa genetik dari nenek moyang Kera Besar kita.

Praktik fotogrametri dalam arkeologi sudah berumur puluhan tahun, tetapi perkembangan teknologi baru-baru ini membuat teknik ini lebih terjangkau, ada di mana-mana, dan akurat. Pada dasarnya, fotogrametri membuat rendering 3D dari gambar 2D dan menggunakan pencocokan fitur untuk menangkap artefak, situs penguburan, atau (dalam hal ini) tengkorak dari setiap sudut.

Selama beberapa tahun terakhir, para ilmuwan telah membuat banyak rekreasi digital yang berasal dari fosil manusia. Pada tahun 2016, University of Glasgow menciptakan kembali raja legendaris Skotlandia Robert the Bruce menggunakan cetakan tengkorak asli dan beberapa statistik populasi untuk mengisi kekosongan (raja Skotlandia abad ke-14 kemungkinan besar memiliki rambut merah dan mata cokelat, misalnya.)

Studi lain juga secara digital membuat ulang wajah-wajah terkenal yang ditemukan di wilayah yang sama dengan spesimen berusia 35.000 tahun ini. Pada tahun 2021, para ilmuwan dari Face Lab di Liverpool John Moores University di Inggris menciptakan kembali wajah Ramses II, bisa dibilang firaun paling terkenal di Mesir kuno, yang memerintah dari tahun 1279 hingga 1213 SM.

Ramses II, yang meninggal sekitar usia 90 tahun  dengan memanfaatkan kumpulan data CT scan, bahkan dikurang umurnya ketika dia berusia sekitar 45 tahun.

Para ilmuwan Brasil mengakui bahwa rekreasi digital mereka hanya perkiraan, tetapi karena usia kerangka yang tipis (berasal dari ujung ekor era Paleolitik), faksimili wajah ini tidak hanya menampilkan wajah ke era yang kurang dikenal sejarah manusia, tetapi juga membantu para ilmuwan memahami bab penting dalam evolusi manusia. ***