x

Iklan

Malik Ibnu Zaman

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 16 Oktober 2022

Jumat, 7 April 2023 21:38 WIB

5 Tip Kuat Puasa di Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang ditunggu-tunggu oleh umat muslim di seluruh dunia. Pada bulan tersebut diwajibkan bagi umat muslim untuk melaksanakan ibadah puasa.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang ditunggu-tunggu oleh umat muslim di seluruh dunia. Pada bulan tersebut diwajibkan bagi umat muslim untuk melaksanakan ibadah puasa.

Bagi anak-anak yang baru belajar puasa, menjalankan puasa di bulan Ramadhan merupakan hal yang berat, rasa haus dan lapar merupakan godaan terbesar bagi mereka. Acapkali, hal ini membuat mereka hanya puasa sampai bedug saja

Orang yang sudah dewasa pun ada juga yang merasakan hal serupa di bulan Ramadhan, namun mereka tidak sampai membatalkan puasanya. Selain karena dosa, juga tentu malu kalau sampai membatalkan puasanya 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Lalu tips apa sih yang bisa dilakukan agar kuat puasa di bulan Ramadhan. Berikut ini 5 tips kuat puasa di bulan Ramadhan berdasarkan pengalaman saya.

1# Lari Pagi

Di kalangan teman saya sewaktu kecil, terdapat kepercayaan bahwasanya jika lari pagi di bulan Ramadhan, akan membuat kuat puasanya. Hal ini membuat di bulan Ramadhan, setelah shalat Subuh jalan-jalan dipenuhi dengan anak-anak kecil yang lari pagi.

Entah karena kebetulan atau apa, saat itu saya dan teman-teman saya yang melakukan lari pagi bisa kuat puasanya. Sementara teman saya yang tidak lari pagi, mereka tidak kuat puasanya.

2# Ngabuburit

Kemudian tips yang kedua adalah dengan cara ngabuburit. Sewaktu saya kecil, saya dan teman-teman saya melakukan ngabuburit sejak pagi. Hal ini adalah bagian agar kuat dalam melaksanakan puasa di bulan Ramadhan. Kami melakukan ngabuburit bukan hanya di awal-awal saja, tetapi juga sebulan penuh.

Adapun rundown ngabuburit yang dilakukan saya adalah mancing dari pagi sampai Dzuhur, lalu mandi di sungai, kemudian tadarus di mushola, selanjutnya mandi lagi, lalu setelah Ashar mengunjungi pasar kaget untuk membeli makanan dan minuman. Kemudian sampai rumah adzan Maghrib sudah berkumandang.

3# Semangat Sahur

Tips selanjutnya agar kuat puasa di bulan Ramadhan adalah dengan semangat sahur, jika sahurnya semangat maka ibadah puasa yang dilakukan juga akan semangat. Sahur terberat itu di hari pertama, karena belum terbiasa, sahur di hari pertama Ramadhan akan terasa ngantuk. Sehingga makan dan minum ketika sahur sedikit, dan langsung tidur lagi tanpa sempat gosok gigi.

Maka dari itu agar kuat puasa di bulan Ramadhan harus semangat sahurnya, apalagi tontonan televisi di waktu sahur juga banyak, jadi bisa menemani waktu sahur kamu.

4. Jangan Tidur Setelah Sahur

Tips berikutnya agar kuat puasa di bulan Ramadhan adalah jangan tidur setelah sahur. Pernah nggak sih kalian mengalami setelah sahur tidur, lalu ketika bangun kepala terasa pusing, dan merasakan haus. Rasa pusing dan haus itu bertahan sampai beberapa jam kemudian.

Maka dari itu jangan tidur setelah sahur, kata orang-orang tua di rumah sih katanya nggak baik kalau setelah sahur itu tidak baik. Boleh saja tidur ketika puasa, tetapi setelah Dzuhur sampai sebelum Ashar.

5# Seringlah Melakukan Puasa Sunnah

Tips agar kuat puasa di bulan Ramadhan yaitu seringlah melakukan puasa Sunnah. Jika sering melakukan puasa Sunnah, maka tidak akan kaget ketika puasa Ramadhan. Beberapa sepupu saja dilatih puasanya bukan di bulan Ramadhan, tetapi di luar bulan Ramadhan, sehingga meskipun pertama kali puasa Ramadhan bisa sebulan full tidak batal.

Saking terbiasanya berpuasa, beberapa sepupu saya ada yang puas full 3 bulan, yaitu Rajab, Sya'ban, dan Ramadhan. Padahal mereka masih kecil, baru duduk di bangku kelas 2 sekolah dasar. Tidak mengherankan apabila di keluarga besar saya, umur 4 tahun puasa Ramadhannya full.

Itulah 5 tips kuat puasa di bulan Ramadhan.

 

 

 

 

Ikuti tulisan menarik Malik Ibnu Zaman lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler