x

tugas bahasa indonesia

Iklan

Yeni Dwi Anggrasari

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 7 April 2023

Sabtu, 8 April 2023 07:00 WIB

Digitalisasi Mengubah Arah Para Pemilik UKM

Perkembangan Dunia Digitalisasi Mengubah Arah para Pemilik UKM Untuk Lebih Mengembangkan usahanya supaya lebih banyak yang mengenal

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Perkembangan teknologi yang semakin maju dan berkembang pesat sangat memberikan tantanga yang luar biasa bagi para pemilik atau pelaku UKM yang ada di seluruh Indonesia. Banyak sekali yang perlu dipersiapkan dalam tantangan yang luar biasa ini. Karena tantangan ini bukan hanya antar para pemilik usaha saja tapi dengan dunia teknologi yang terus berkembang pesat.

Dunia digitalisasi yang sekarang ini adalah sebuah tantangan yang sangat besar bagi para pelaku usaha. Tidak semua pemilik usaha atau pelaku usaha bisa melewati tantangan ini. Kebanyakan dari mereka harus gulung tikar atau meninggalkan keadaan usaha mereka tanpa ada keuntungan sama sekali. Disebabkan mereka kurangnyaa informasi dan inovasi dalam memajukan keadaan usaha mereka tersebut.

Pemilik usaha kecil mikro atau UKM terlebih harus memiliki planning atau perencanaan dari awal mereka merintis usaha tersebut. Akan tetapi, kelemahan yang sangat besar dari para pelaku usaha adalah mereka tidak terlalu ingin mempersiapkan apa yang harus dipersiapkan terlebih dahulu. Karena terkadang yang paling dipikirkan mereka hanyalah sebuah keuntungan saja tanpa memikirkan resiko dari usaha yang mereka kembangkan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Persaingan dunia bisnis yang ada sekarang ini bukan hanya secara nyata tapi juga melalui media sosial atau internet yang sudah sangat canggih sekarangi ini. Mulai dari interaksi kepada pelanggan pun itu harus dipertimbangkan bagi seorang calon pengusaha bisnis supaya bisnis mereka bisa dikenal dan banyak peminatnya.

Kebanyakan di zaman modern dengan digitalisasi yang terus berkembang sekarang ini para pelaku usaha tersebut kurang memaksimalkan inovasi produk yang harus mereka kembangkan. Banyak sekali usaha yang “gulung tikar” karena produk yang mereka buat tersebut tidak banyak lagi peminatnya, padahal awal pertama kali merintis banyak para pelanggan yang berdatangan. Karena seiring dunia digitalisasi terus berkembang ini para pelaku usaha UKM sudah banyak yang mengenal aplikasi yang bisa menjual barang secara digital tanpa harus datang langsung ketempatnya.

Dunia perdagangan yang ada sekarang ini memaksakan para pelaku UKM untuk ikut berkontribusi dalam mengembangkan produk mereka melalui digitalisasi. Karena kalau seandainya produk mereka tidak terlalu terkenal maka kemungkingan produk mereka tersebut akan hilang lengyap di makan zaman.

Salah satu nya adalah melihat dunia marketing yang ada sekarang ini. Dunia marketing di zaman sekarang ini sudah banyak sekali mereka yang menggunakan aplikasi e-commerce digunakan untuk mempromosikan produk mereka.

Marketing yang dulu hanya harus memaksakan para pelanggan atau konsumen datang di tempat tapi, sekarang ini para pelanggan hanya duduk santai sambil rebahan membeli barang dengan menggunakan HP mereka tanpa harus datang langsung ke tempatnya.

Sangat luar biasa bagi para pelaku UKM harus melihat digitalisasi marketing sekarang ini, karena bukan hanya satu atau dua toko saja yang bersaing tapi ribuan bahkan puluhan toko akan sama-sama saling bersaing dalam dunia digitalisasi sekarang ini.

Ternyata dalam penempatan produk melalui digitalisasi pun seorang pelaku UKM harus melihat kategori dan sasaran siapa yang tepat untuk produk yang dipasarkan tersebut. Karena sasaran yang tepat inilah yang akan menjadi perantara bagi para pelaku UKM tersebut dalam mengevaluasi lagi keadaan produk mereka tersebut.

Menyangkut hal ini yaitu mengenai perkembangan teknologi juga para pelaku UKM harus lebih ekstra hati-hati dan waspada dalam melalui nya karena jangan sampai produk yang mereka perjual belikan tersebut bisa di duplikat oleh perusahaan atau UKM yang lainnya. Karena banyak di zaman sekarang ini produk yang diperjual belikan ternyata duplikat semuanya.

Oleh karena itulah ini merupakan tantangan yan sangat besar harus dilalui oleh para pelaku UKM yang ada sekarang ini dalam mempertahankan keadaan UKM mereka tersebut.

Nama : Yeni Dwi Anggrasari

NIM : 2020008121

Ikuti tulisan menarik Yeni Dwi Anggrasari lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu