x

Petugas PMI Kota Bogor memberikan pertolongan pertama di lokasi kebakaran RS Salak Bogor

Iklan

Indra kurniawan

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 4 Maret 2023

Sabtu, 8 April 2023 21:28 WIB

PMI Kota Bogor Evakuasi dan Lakukan Pertolongan Pertama pada Korban Kebakaran Rumah Sakit Salak

Kebakaran di Rumah Sakit Salak Bogor PMI siagakan Personil dan Ambulance bantu pertolongan pertama

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Bogor, 07 April 2023 - Terjadi kebakaran di Rumah Sakit Salak yang berlokasi di Jalan Jendral Sudirman, Kelurahan Sempur, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor. Menanggapi kejadian tersebut, PMI Kota Bogor segera memobilisasi 6 personil KSR PMI Kota Bogor untuk melakukan assessment dan memberikan pertolongan pertama.

Ananda Alivio, pengurus KSR PMI Kota Bogor Bidang Penanggulangan Bencana, menjelaskan tim PMI Kota Bogor bekerja sama dengan petugas pemadam kebakaran mengevakuasi korban dan memadamkan api. Selain itu, tim PMI juga memberikan pertolongan pertama kepada korban luka dan melakukan assessment terhadap keadaan korban serta kondisi sekitar lokasi kejadian.

"Saat menerima laporan kebakaran di Rumah Sakit Salak, tim KSR PMI Kota Bogor langsung meluncur ke lokasi dan bekerja sama dengan petugas pemadam kebakaran untuk mengevakuasi korban dan memadamkan api. Kami juga memberikan pertolongan pertama kepada korban luka, serta melakukan assessment terhadap keadaan korban dan kondisi sekitar lokasi kejadian," ujar Ananda Alivio.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dugaan sementara, kebakaran terjadi akibat konsleting listrik. Titik api diduga berawal dari ruang instalasi farmasi dan membesar dengan cepat karena banyak bahan kimia medis yang terdapat di dalamnya sehingga apinya merembet ke ruangan kepala RS Salak serta ruang bidan.

Selain itu, dalam penanganan kebakaran ini, PMI Kota Bogor juga memberikan pertolongan pertama kepada petugas pemadam kebakaran yang terluka saat memadamkan api dan merujuk satu orang petugas damkar yang menjadi korban ke RSUD Kota Bogor.

Ketua PMI Kota Bogor, Edgar Suratman, menyatakan bahwa pihaknya sangat prihatin dengan kejadian kebakaran di Rumah Sakit Salak. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh tim PMI dan petugas pemadam kebakaran yang telah bekerja keras dalam penanganan kejadian ini.

"Kami berharap agar kejadian seperti ini tidak terjadi lagi di masa yang akan datang. Kami juga ingin mengingatkan masyarakat untuk selalu berhati-hati dalam menggunakan listrik, khususnya di area-area yang berpotensi membahayakan," ujarnya.

PMI Kota Bogor juga berharap agar korban yang terluka dapat segera pulih dan sembuh sepenuhnya. Semoga kejadian ini dapat menjadi pelajaran bagi semua pihak untuk selalu siap dan tanggap dalam menghadapi bencana apapun yang terjadi. (Indra Kurniawan)

Ikuti tulisan menarik Indra kurniawan lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB

Terkini

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB