Pendidikan Meningkatkan Taraf Hidup Manusia

Sabtu, 8 April 2023 21:24 WIB
Bagikan Artikel Ini
img-content0
img-content
Iklan
Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Individu-individu yang mendapat pendidikan berkualitas dapat meningkatkan taraf hidup mereka.

Penyelenggaran pendidikan membuktikan bahwa pendidikan mengalami kemajuan yang pesat sejalan dengan semakin majunya teknologi dan ilmu pengetahuan. Kemajuan pendidikan seharus bisa memunculkan kesetaraan hidup manusia dalam aspek sosial maupun ekonomi. Dimana pendidikan memainkan peranan penting dalam peradaban manusia di berbagai aspek kehidupan. Sekarang ini kita melihat segala kebutuhan hidup dapat dipenuhi dengan lebih mudah, cepat, dan praktis. Hal ini tentunya memiliki korelasi dengan perkembangan pendidikan yang menyebabkan perkembangan teknologi. Pada hakikatnya pendidikan diselenggarakan dengan tujuan untuk memfasilitasi manusia dalam memenuhi kebutuhan dan meningkatkan taraf hidup mereka.

Pendidikan sendiri seringkali diartikan sebagai proses belajar secara formal di sekolah. Namun jika dilihat secara mendalam, pendidikan dapat diartikan lebih dari sekedar memperoleh pengetahuan sebagai formalitas di berbagai tingkat sekolah. Setiap individu sendiri sudah memperoleh pendidikan mereka pertama kali di lingkungan rumah. Dari hal ini kita sudah dapat simpulkan seberapa penting pendidikan dan setiap individu perlu sadar akan hal tersebut. Individu yang menyelenggarakan pendidikan yang sesuai dapat dilihat dari seberapa berkualitas individu tersebut. Berkualitasnya suatu pendidikan formal yang didapat masing-masing individu juga dapat dilihat dari seberapa berprestasinya individu tersebut. Individu yang mendapat pendidikan sedini dan sebaik mungkin akan mempengaruhi bagaimana proses pendewasaan individu tersebut di masa depan. Dengan pendidikan pula setiap individu belajar bagaimana memanusiakan individu lain, bagaimana mereka harus berinteraksi di lingkungan masyarakat, dan menciptakan harmonisasi dalam kehidupan. Manusia dapat meningkatkan taraf hidupnya melalui pendidikan dengan cara sebagai berikut: 

  1. Memperoleh pendidikan sedini mungkin 
Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pendidikan sedini mungkin mempengaruhi proses pendidikan seorang individu kedepannya. Pendidikan dini ini bisa dicontohkan dengan pendidikan dilingkungan keluarga, pendidikan anak usia dini, dan pendidikan dasar. Pendidikan dini ini menjadi pondasi seorang individu dan memiliki peranan yang sangat penting dalam meningkatkan kualitas diri individu tersebut dan sebagai bekal dalam pengembangan diri demi meningkatkan kehidupan. 

Peranan segala elemen dalam tahapan ini sangat dibutuhkan, mulai dari peran keluarga. Hubungan antara anak dan orang tua  sangat penting dalam menentukan bagaimana karakter anak terbentuk untuk kedepannya bisa mempersiapkan pendidikan yang baik. Keharmonisan dan pola asuh orang tua terhadap anaknya mempengaruhi psikologi dari anak untuk berkembang kedepannya. Selain itu peran dari masyarakat dan teman bermain juga penting dalam hal ini. 

  1. Memperhatikan kualitas pendidikan yang didapat 

Kita bisa melihat dan mencontoh negara-negara maju, mereka umumnya memiliki anggaran biaya yang cukup besar untuk bidang pendidikan. Tentunya hal ini memiliki dampak panjang bagi negara-negara tersebut untuk generasi muda mereka yang mendapat pendidikan berkualitas, sehingga sumber daya manusia yang tercipta juga akan berkualitas. SDM yang berkualitas akan menyokong negara tersebut untuk terus maju dan berkembang.

Dengan memperhatikan pendidikan yang berkualitas, seorang individu dalam proses belajarnya akan mendapat fasilitas serta sarana pembelajaran yang berkualitas pula, hal ini tentunya banyak berpengaruh dalam meningkatkan kecerdasan, kreatifitas, serta kemandirian mereka. Pendidikan yang terbukti berkualitas tentunya akan dipercaya oleh banyak individu, mereka akan memiliki tanggung jawab untuk mengelola individu-individu dalam mengembangkan potensi diri mereka dan menghasilkan manusia-manusia yang siap untuk bersaing di zaman yang semakin maju ini.

  1. Memperhatikan dan meningkatkan potensi serta kemampuan diri

Selain faktor-faktor luar yang dapat menentukan taraf hidup seorang individu, faktor dalam diri tentunya juga sangat pentin. Faktor luar mungkin bisa kita contohkan dengan, sistem pendidikan yang didapat, kualitas dan jumlah guru dalam proses belajar, dan sarana prasarana serta lingkungan disekitar kita. Selain hal itu kita juga harus memperhatikan dengan baik bagaimana diri kita menerima proses belajar dan memperoleh pengetahuan untuk pengembangan diri. 

Seorang individu harus bisa memotivasi dirinya untuk terus berkembang mencapai bahkan melampaui batas kemampuan diri mereka. Hal ini ditujukan bagi individu untuk bisa merasakan berbagai kesempatan belajar dan melatih kemampuan diri dalam lebih banyak bidang. Dengan proses pengemangan potensi diri ini dapat meningkatkan kemampuan individu menjadi manusia yang terampil dan memiliki kecakapan. 

  1. Peranan pemerintah dalam meningkatkan dan meratakan pendidikan berkualitas

Dalam dunia pendidikan seluruh elemen dalam kehidupan perlu untuk bekerja sama membentuk pendidikan yang berkualitas, tidak terkecuali pemerintah. Pemerintah bahkan memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Tidak meratanya atau masalah akan banyaknya individu yang rendah kualitas salah satunya disebabkan oleh kurang meratanya pendidikan. Pemerintah harus lebih berusaha untuk terus meningkatkan dan meratakan pendidikan yang berkualitas di seluruh daerah tidak hanya terfokus pada satu daerah saja. 

Untuk dapat meningkatkan dan meratakan pendidikan yang berkualitas ini pemerintah dapat menjalankannya dengan jumlah guru yang ada, selain jumlah tingkatkan pula kualitas para pengajar tersebut, dan tingkatkan sistem-sistem pendidikan yang berlaku. Dengan bekerja samanya seluruh elemen masyarakat dalam meningkatkan kualitas pendidikan diharapkan  dapat mencapai tujuan untuk meratakan dan meningkatkan pendidikan yang berkualitas. 

  1. Menyadarkan masyarakat akan pentingnya pendidikan

Kesadaran masyarakat yang rendah akan pendidikan akan sangat berpengaruh terhadap kualitas pendidikan, karena masyarakat merupakan salah satu elemen penting dalam suksesnya pendidikan suatu negara. Masyarakat yang rendah kesadaran akan pentingnya pendidikan biasanya disebabkan oleh ketidaktahuan pentingnya pendidikan untuk seorang individu dalam kehidupan mereka. Banyak masyarakat yang tidak peduli akan pendidikan, terutama di daerah-daerah terpencil. Pola pikir mereka masih belum terbuka, masyarakat yang seperti ini biasanya berpikir untuk apa sekolah dan memperoleh pendidikan setinggi-tingginya, asalkan bisa untuk mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari menurut mereka sudah cukup. 

Pola pikir yang seperti ini yang menyebabkan tidak meratanya kesejahteraan dan tidak meningkatkan taraf hidup masyarakat, karena pola pikir mereka yang terlihat mudah puas akan sesuatu. Banyaknya masyarakat yang berpola pikir seperti ini tentunya juga akan mempengaruhi ke lintas aspek kehidupan, seperti ekonomi. Dengan sumber daya manusia yang rendah akibat pendidikan yang mereka dapat berkualitas rendah akan banyak mempengaruhi terhadap tingkat perekonomian.  

 

Banyak masyarakat yang menganggap pendidikan hanya sebagai formalitas semata demi mencapai sebuah gelar yang nantinya berguna dalam dunia kerja. Sehingga banyak dari mereka yang tidak menyadari bahwa titik penting dari pendidikan ada dalam bagaimana seorang individu menjalankan proses pendidikan tersebut, bagaimana mereka menerima ilmu-ilmu pengetahuan, menerapkannya dalam keseharian, dan bagaimana mereka melihat perkembangan potensi diri masing-masing. Dengan pendidikan pula karakter seorang individu akan dibentuk, mulai dari pengendalian diri, pengembangan pengetahuan mereka, akhlak mulia, sampai dengan keterampilan-keterampilan sosial. Melalui pendidikan setiap individu akan memperoleh sikap, perkembangan potensi, informasi,  ilmu, serta pemahaman. 

 

Individu yang memperoleh pendidikan akan menjadikan dirinya menjadi manusia yang berkualitas, dengan begitu kehidupan di masa depan yang cerah dapat dengan mudah individu tersebut capai. Manusia yang berkualitas melalui pendidikan dipengaruhi oleh lingkungan yang mendukung, sehingga demi meningkatkan taraf hidup, seorang individu perlu memperhatikan dengan baik bagaimana lingkungan mereka mendukung pendidikan yang individu tersebut dapatakan. Demi meningkatkan perkembangan potensi dan kemampuan seorang individu dalam memperoleh pendidikannya seluruh elemen masyarakat perlu mendukung hal tersebut, mulai dari orang tua, masyarakat sekitar, dan pemerintah. Selain lingkungan, faktor lain yang menentukan pendidikan seorang berkualitas adalah bagaimana proses belajar individu tersebut, hal yang dimaksudkan adalah bagaimana individu tersebut mau untuk terus belajar hal-hal baru, bagaimana mereka menerima ilmu pengetahuan yang diberikan, dan bagaimana pengembangan potensi diri masing-masing individu. 

Sering berubahnya zaman yang semakin cepat mengharuskan manusia untuk bisa beradaptasi dengan perubahan yang ada, oleh karenanya masyarakat yang masih tidak peduli dengan pendidikan harus segera diubah pola pikirnya. Setiap individu harus sadar akan pentingnya pendidikan, karena dengan pendidikan kita akan mendapat banyak manfaat baik bagi diri sendiri maupun lingkungan sekitar.

Bagikan Artikel Ini
img-content
Nada Hanifah Arwa

Penulis Indonesiana

0 Pengikut

img-content

Pendidikan Meningkatkan Taraf Hidup Manusia

Sabtu, 8 April 2023 21:24 WIB

Baca Juga











Artikel Terpopuler