x

Iklan

Syarifudin

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 April 2019

Senin, 10 April 2023 06:59 WIB

Buka Puasa Bersama TBM Lentera Pustaka dan Bank Sinarmas, Kokohkan Semangat Literasi Anak

Kokohkan semangat literasi, Bank Sinarmas gelar buka puasa bersama di Taman Bacaan Lentera Pustaka Bogor. Motivasi anak-anak untuk tetap membaca di era digital

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Sebagai wujud mengokohkan kegemaran membaca dan budaya literasi, Bank Sinarmas menggelar buka puasa bersama bertajuk “Membaca untuk Ibadah” di Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Lentera Pustaka di kaki Gunung Salak Bogor (8/4/2023). Dihadiri 60 anak pembaca aktif, 20 warga, dan 10 wali baca/relawan, acara bukber diawali dengan nonton bareng film “Hafalan Sholat Delisa”, lalu dikuti khataman Minggu ke-3 dan diakhiri dengan menikmati hidangan takjil dan makan buka puasa bersama. Ikut hadir di acara ini Epul Saepuloh dan Carlos dari Bank Sinarmas dan Syarifudin Yunus, Pendiri TBM Lentera Pustaka.

 

“Selain untuk mengokohkan semangat literasi, buka puasa bersama Bank Sinarmas ini sekaligus menjadi sarana silaturahim bersama anak-anak pembaca aktif, wali baca, dan relawan TBM Lentera Pustaka yang ikhlas bangkitkan kegemaran membaca. Sebagai taman bacaan binaan, kami senang melihat kemajuan TBM Lentera Pustaka yang terus berkiprah untuk masyarakat” ujar Epul Saepuloh dari Corporate Secretary Bank Sinarmas dalam sambutannya.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

Seusai buka puasa bersama, tim Bank Sinarmas pun melakukan penyerahan simbolik Revitalisasi kebun baca TBM Lentera Pustaka yang dibiayai dari CSR Bank Sinarmas tahun 2023, di samping berdiskusi bersama wali baca dan relawan TBM Lentera Pustaka dalam meningkatkan partisipasi masyarakat dan gerakan literasi di kaki Gunung Salak Bogor.  Melalui dukungan ke TBM Lentera Pustaka, Bank Sinarmas membuktikan sebagai bank swasta nasional yang memiliki komitmen tinggi dalam mengkampanyekan gerakan literasi dan taman bacaan ke masyarakat. Sebagai langkah nyata dalam menekan angka putus sekolah dan berantas buta aksara.

 

“TBM Lentera Pustaka sangat bersyukur dan bangga atas komitmen Bank Sinarmas dalam memajukan gerakan literasi dan taman bacaan di Indonesia. Program CSR-nya patut dicontoh korporasi lain. Agar minat baca anak-anak bisa terus ditingkatkan, di samping menjadikan taman bacaan sebagai tempat ramah anak” kata Syarifudin Yunus, Pendiri TBM Lentera Pustaka.

 

Untuk diketahui, Sejak berdiri 6 tahun lalu, TBM Lentera Pustaka tadinya hanya menjalankan 1 program literasi yaitu taman bacaan namun kini sudah mengelola 15 program literasi yaitu 1) TABA (TAman BAcaan) dengan 130 anak pembaca aktif dari 3 desa (Sukaluyu, Tamansari, Sukajaya), 2) GEBERBURA (GErakan BERantas BUta aksaRA) dengan 9 warga belajar, 3) KEPRA (Kelas PRAsekolah) dengan 26 anak usia prasekolah, 4) YABI (YAtim BInaan) dengan 14 anak yatim yang disantuni dan 4 diantaranya dibeasiswai, 5) JOMBI (JOMpo BInaan) dengan 12 jompo usia lanjut, 6) TBM Ramah Difabel dengan 2 anak difabel, 7) KOPERASI LENTERA dengan 28 kaum ibu agar terhindar dari jeratan rentenir dan utang berbunga tinggi, 8) DonBuk (Donasi Buku), 9) RABU (RAjin menaBUng), 10) LITDIG (LITerasi DIGital) untuk mengenalkan cara internet sehat, 11) LITFIN (LITerasi FINansial), 12) LIDAB (LIterasi ADAb),  13) MOBAKE (MOtor BAca KEliling), 14) Rooftop Baca, dan 15) Berantas Buta Aksara Al Quran. Di dukung oleh 5 wali baca dan 12 relawan, TBM Lentera Pustaka beroperasi 6 hari dalam seminggu. Tidak kurang 200 orang pengguna layanan TBM Lentera Pustaka selalu berkumpul dan bersilatuahim setiap minggunya.

 

Hadirnya Bank Sinarmas di TBM Lentera Pustaka menjadi bukti adanya kolaborasi antara korporasi dan taman bacaan. Di samping menjadi dukungan korporasi terhadap gerakan literasi masyarakat. Agar tetap terjaga kegiatan membaca di era digital. Salam literasi #TamanBacaan #BacaBukanMaen #TBMLenteraPustaka

Ikuti tulisan menarik Syarifudin lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler