Tolak Perppu Cipta Kerja

Senin, 10 April 2023 14:44 WIB
Bagikan Artikel Ini
img-content0
img-content
Iklan
Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Kritikan dari masyarakat sebab tidak menaati putusan Mahkamah Konstitusi yang berisi permintaan perbaikan substansi Undang-Undang cipta kerja yang dinyatakan inkonstitusional

Abstrak : Pemerintah mendapat kritik dari masyarakat karena dianggap tidak menaati putusan Mahkamah Konstitusi berisi permintaan perbaikan substansi Undang-Undang Cipta Kerja yang dinyatakan inkonstitusional dengan menerbitkan peraturan pemerintah pengganti Undang-Undang nomor 2 tahun 2022 tentang cipta kerja. Kompas dan media Indosia turut serta memberikan tanggapannya terhadap permasalahan tersebut yang dimuat pada kolom editorial masing-masing. 

Hasil dan Pembahasan

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Menurut pendapat saya, Perppu Cipta Kerja yang disahkan tersebut, substansinya jelas-jelas merampas hak-hak masyarakat Indonesia, dan jelas menggangu kesejahteraan rakyat banyak. Dalam Perppu Ciptaker memiliki beberapa poin kontroversial diantaranya yaitu :

1. Waktu istirahat pekerja

a. Istirahat antara jam kerja paling sedikit setengah jam setelah bekerja selama 4 jam terus-menerus dan waktu istirahat tersebut tidak termasuk jam kerja.

b. Istirahat mingguan 1 untuk 6 hari kerja dalam 1 minggu.

Jadi, libur pekan hanya 1 hari yang sama halnya ciptaker sebelumnya, hak untuk libur mingguan yang sebelumnya 2 hari dalam sepekan berubah menjadi paling sedikit 1 hari saja.

2. Uang pesangon

Dalam Perppu, buruh tideak berpeluang mendapat aturan 2x jika perusahaan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) bukan karena efisiensi. 

jadi pesangon untuk pekerja menjadi menyusut.

Tenaga ahli daya

Dalam Perppu, tidak ada aturan baku yang membolehkan lapangan menggunakan tenaga outsourcing sehingga bisa digunakan untuk semua jenis pekerjaan. Menurut UU Ketenagakerjaan, hanya jenis 5 pekerjaan yang boleh dialihdayakan, yaitu cleaning service, catering, security, mineral oil and gas services, dan transportation.

Bagikan Artikel Ini
img-content
Ainun Okta A.

Penulis Indonesiana

0 Pengikut

img-content

Tolak Perppu Cipta Kerja

Senin, 10 April 2023 14:44 WIB

Baca Juga











Artikel Terpopuler











Terpopuler di Peristiwa

img-content
img-content
img-content
img-content
Lihat semua