x

DEMO TOLAK PERPPU CIPTA KERJA

Iklan

Ainun Okta A.

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 7 April 2023

Senin, 10 April 2023 14:44 WIB

Tolak Perppu Cipta Kerja

Kritikan dari masyarakat sebab tidak menaati putusan Mahkamah Konstitusi yang berisi permintaan perbaikan substansi Undang-Undang cipta kerja yang dinyatakan inkonstitusional

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Abstrak : Pemerintah mendapat kritik dari masyarakat karena dianggap tidak menaati putusan Mahkamah Konstitusi berisi permintaan perbaikan substansi Undang-Undang Cipta Kerja yang dinyatakan inkonstitusional dengan menerbitkan peraturan pemerintah pengganti Undang-Undang nomor 2 tahun 2022 tentang cipta kerja. Kompas dan media Indosia turut serta memberikan tanggapannya terhadap permasalahan tersebut yang dimuat pada kolom editorial masing-masing. 

Hasil dan Pembahasan

Menurut pendapat saya, Perppu Cipta Kerja yang disahkan tersebut, substansinya jelas-jelas merampas hak-hak masyarakat Indonesia, dan jelas menggangu kesejahteraan rakyat banyak. Dalam Perppu Ciptaker memiliki beberapa poin kontroversial diantaranya yaitu :

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

1. Waktu istirahat pekerja

a. Istirahat antara jam kerja paling sedikit setengah jam setelah bekerja selama 4 jam terus-menerus dan waktu istirahat tersebut tidak termasuk jam kerja.

b. Istirahat mingguan 1 untuk 6 hari kerja dalam 1 minggu.

Jadi, libur pekan hanya 1 hari yang sama halnya ciptaker sebelumnya, hak untuk libur mingguan yang sebelumnya 2 hari dalam sepekan berubah menjadi paling sedikit 1 hari saja.

2. Uang pesangon

Dalam Perppu, buruh tideak berpeluang mendapat aturan 2x jika perusahaan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) bukan karena efisiensi. 

jadi pesangon untuk pekerja menjadi menyusut.

Tenaga ahli daya

Dalam Perppu, tidak ada aturan baku yang membolehkan lapangan menggunakan tenaga outsourcing sehingga bisa digunakan untuk semua jenis pekerjaan. Menurut UU Ketenagakerjaan, hanya jenis 5 pekerjaan yang boleh dialihdayakan, yaitu cleaning service, catering, security, mineral oil and gas services, dan transportation.

Ikuti tulisan menarik Ainun Okta A. lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB