x

Ilustrasi Band. Rahul Pandit/Pixabay.com

Iklan

Fidelia Simamora

Seorang mahasiswa Ilmu Komunikasi UPJ yang mencoba berbagi sedikit cerita.
Bergabung Sejak: 16 Desember 2022

Senin, 10 April 2023 08:01 WIB

Membeli Merchandise Bukti Fans Sejati 

Coba sebutin merchandise apa yang kalian pernah beli ? Apakah kalian tertarik untuk menjadi kolektor merchandise ?

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Sebagai penggemar band atau komunitas, rasanya kurang lengkap kalau belum beli merchandise yang mereka jual. Banyak fans yang membeli merchandise dan digunakan saat konser atau jumpa fans, seperti Blinks yang membawa lightstick saat konser Blackpink di Jakarta pada beberapa waktu lalu.

Macam-macam merchandise yang dikeluarkan pastinya beragam seperti kaos, botol, sticker, lightstick, mug, gantungan kunci dan masih banyak lagi disesuaikan dengan pangsa pasar. Merchandise bisa dikaitkan dengan tingkat keloyalan dan simbol komunitas tertentu. Orang yang membeli merchandise dari komunitasnya cenderung dinilai lebih mencintai komunitas yang diikutinya.

Selain bentuk bukti keloyalan fans, merchandise juga digunakan sebagai simbol untuk fans tertentu. Hal ini dapat dilihat dengan adanya perbedaan lightstick dari tiap band. Jika membahas terkait simbol, warna juga dapat menjadi simbol suatu komunitas contohnya pink dan hitam yang cenderung menjadi simbol warna dari grup band Blackpink dan hijau jadi simbol grup band NCT. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Kenapa harus beli merchandise ? Membeli dan memiliki merchandise dari komunitas atau perorangan memberikan kepuasan sendiri. Rasa puas ini sangat penting bagi individu karena menimbulkan rasa bahagia dan bisa menggunakan barang yang idolanya juga gunakan. Selain kesenangan, membeli merchandise seringkali sebagai bentuk validasi sosial dalam komunitas agar diterima dan di cap sah menjadi bagian dari komunitas tersebut. Bisa dianalogikan semakin banyak yang membeli merchandise maka tandanya semakin kompak komunitas tersebut.

Lalu menjual merchandise seberapa penting bagi agensi atau komunitas ? Tentunya penjualan ini sangat diperlukan sebagai revenue stream atau istilah gampangnya pemasukan tambahan. Bagi komunitas dengan jumlah fans banyak ataupun tidak ini bisa menjadi peluang untung mengumpulkan pundi-pundi uang. Semakin banyak orang yang membeli merchandise mereka, maka lebih besar peluang penyebaran informasi terkait suatu komunitas. 

Jadi apakah kalian pernah membeli merchandise dari komunitas atau grup band idola kalian ?

 

Ikuti tulisan menarik Fidelia Simamora lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler