x

Dosen Spesialis Medikal Bedah Prima Trisna Aji ketika memberikan pengobatan pada pasien Asam Urat

Iklan

Ruang Dakwah Medis Indonesia

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 15 Maret 2023

Senin, 10 April 2023 15:30 WIB

Terapi Pada Pasien dengan Kolesterol Tinggi yang Tidak Terkontrol

Terapi Pada Pasien Dengan Kolesterol Tinggi Yang Tidak Terkontrol

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Solo – Kolesterol selama ini menjadi salah satu momok yang ditakuti oleh masyarakat, dikarenakan kolesterol tinggi menimbulkan penyakit yang berbahaya serta menakutkan bagi masyarakat. Padahal tidak semua kolesterol itu jahat, ada juga kolesterol yang baik yang juga bermanfaat bagi tubuh. Kolesterol sendiri merupakan Lemak yang dihasilkan oleh tubuh yang berasal dari hewani yang bisa meningkatkan kadar lemak didalam tubuh.

Kolesterol dibedakan menjadi dua yaitu HDL dan LDL. HDL sendiri adalah High Density Lipoprotein atau yang disebut dengan kolesterol baik, dimana berfungsi baik untuk tubuh. Fungsi dari HDL untuk mencegah terjadinya penyempitan yang terjadi pada pembuluh darah yang diakibatkan oleh arterosklerosis. Arteroklerosis merupakan dimana terjadi plak pada dinding pembuluh darah sehingga terjadi penyempitan pada pembuluh darah.

Sedangkan LDL singkatan dari Low Density Lipoprotein yang merupakan kolesterol jahat yang menjadi penyebab utama penyempitan pembuluh darah yang bisa menyebabkan komplikasi seperti Stroke atau CVA.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Nilai normal kolesterol pada pasien dewasa adalah sekitar 125 – 200 mg/dl, sedangkan nilai normal kolesterol jahat atau jumlah LDL dibawah 100 mg/dl sedangkan kolesterol baik atau HDL diatas 40 mg/dl. Apabila jumlah mengalami peningkatan diatas normal maka diindikasikan pasien beresiko terjadi arterosklerosis. LDL lebih berbahaya daripada HDL dikarenakan pada kadar LDL kandungannya sangat tinggi lemak, dimana lemak tersebut akan mengganggu kesehatan tubuh manusia serta LDL akan menempel pada dinding pembuluh darah manusia sehingga pada akhirnya akan menyebabkan penyempitan pembuluh darah pada manusia.

Tanda dan gejala pada pasien yang memiliki kolesterol tinggi adalah dengan keluhan seperti nyeri di sejumlah bagian tubuh hingga penyakit berbahaya seperti stroke dan penyakit jantung. Dan biasanya timbul rasa tidak nyaman di tengkuk, nyeri dada, sering kesemutan di kaki.  

Kunci dalam terapi pada pasien yang memiliki kolesterol tinggi adalah dengan Diet pola makan yang teratur. Salah satunya menghindari makanan yang bisa meningkatkan kolesterol didalam tubuh seperti : makanan gorengan (mendoan), makanan cepat saji (junkfood), jeroan, daging olahan, kulit ayam, kulit ayam, kuning telur, udang, makanan minuman yang tinggi glukosa, Sarden, makanan dengan bahan pengawet seperti mie instan dan sarden.

Sedangkan terapi untuk pasien yang memiliki kolesterol yang tinggi adalah dengan mengkonsumsi makanan yang bisa menurunkan kolesterol jahat didalam tubuh yaitu antara lain : Pisang, sayuran hijau, beras merah, gandum, kedelai, kacang – kacangan, ikan salmon, alpukat, Buah beri dan bawang putih. Selain itu pencegahan untuk terjadinya kolesterol tinggi juga wajib dilakukan supaya tetap sehat yaitu : Melakukan pola aktivitas serta makan yang sehat, olahraga teratur, tidak mengkonsumsi alkohol, menurunkan berat badan pada pasien obesitas, tidak merokok,  banyak makan buah – buahan serta mengkonsumsi makanan penurun kolesterol.

Dalam penelitian yang sudah dilakukan oleh Prima Trisna Aji (2021) menghasilkan bahwa rebusan daun salam efektif menurunkan kadar kolesterol didalam tubuh pasien penderita kolesterol tinggi. Dalam penelitian Prima Trisna Aji menyampaikan bahwa dalam kadar daun salam mengandung zat yang bernama Flavonoid. Flavonoid merupakan senyawa polar yang biasanya gampang larut dalam pelarut polar semacam etanol, methanol, butanol, serta aseton. Flovanoid merupakan kalangan terbanyak dari senyawa fenol, zat flavonoid yang tercantum dalam daun salam sanggup merendahkan kolesterol serta gula darah. Senyawa fenol memiliki keahlian bagaikan anti bakteri ialah dengan metode mendenaturasi protein yang menimbulkan terbentuknya kehancuran permeabilitas bilik sel kuman. *Red

Ikuti tulisan menarik Ruang Dakwah Medis Indonesia lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler