x

Iklan

Syarifudin

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 April 2019

Senin, 17 April 2023 19:52 WIB

NgabubuRead, 3 Ide Seru Menikmati Ramadan Ceria di Taman Bacaan

Kok lesu di bulan puasa? Ngabubu-Read yuk, inilah 3 ide seru menikmati ramadan ceria di taman bacaan. Berkiprah sosial yang positif lagi bermanfaat untuk gerakan literasi di Indonesia

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Ramadan, bisa jadi momen yang pas untuk diisi dengan kegiatan-kegiatan seru. Bukan justru berdiam diri atau terkesan loyo akibat puasa. Tidur, tidur, dan tidur selama puasa hingga bedug maghrib. Justru harusnya, puasa lebih energik. Kerja, ibadah, bersosial, dan berkegiatan yang asyik dan menyenangkan. Asal jangan membatalkan atau mengurangi pahala puasa. Ramadan, sebagai momen ibadah puasa yang berkesan dna menakjubkan secara lahir dan batin.

 

Lalu, bagaimana bisa menikmati momen ramadan dengan ceria?

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Nah, salah satunya dilakukan oleh taman bacaan masyarakat (TBM) di Kabupaten Bogor. Sebut saja, TBM Lentera Pustaka di kaki Gunung Salak. Tiap kali bulan puasa selalu menggelar namanya “NgabubuRead – Ramadan Ceria”. Tujuannya menjadikan bulan puasa sebagai tempat atau taman bacaan yang asyik dan menyenangkan untuk mengisi waktu jelang waktu berbuka puasa. Sambil membaca buku lalu tadarusan tiap Rabu dan Jumat – khataman setiap Sabtu – tausiyah dan takjilan sebelum buka puasa. Bukan hanya mampu menyemangati anak-anak pembaca aktif. Tapi juga menjadikan momen bulan puasa untuk berkegiatan yang seru dan bergairah.

 

Selain dapat memperkuat keakraban anak-anak taman bacaan dan warga, Ngabubu-Read TBM Lentera Pustaka pun dapat menjadi pilihan untuk kegiatan seru saat mengisi waktu jelang berbuka puasa yang positif dan bermanfaat. Berdasar pengalaman TBM Lentera Pustsaka, berikut 3 ide aktivitas seru di bulan puasa yang dilakukan taman bacaan.

 

  1. Ngabubu-Read Khataman Al Quran

Saat bulan puasa, tiap tahun anak-anak TBM Lentera Pustaka dibagi 30 kelompok untuk masing-masing kelompok harus menuntaskan 1 juz Al Quran per Minggu. Tiap Rabu dan Jumat tadarusan sesuai dengan Juz yang menjadi jatahnya. Dan saat Sabtu sore, dipimpin Syarifudin Yunus (Pendiri TBM Lentera Pustaka) melakukan khataman Al Quran. Mengaji bersama mulai dari surat Al Ghasiyah hingga An Naas. Selain melatih Kerjasama anak-anak tiap kelompok untuk berbagi bacaan Al Quran pada juz-nya, Ngabubu-Read anak-anak taman bacaan pun mampu “meng-khatamkan Al Quran seminggu sekali”. Berarti selama bulan puasa, 4 kali khatam Al Quran walu secara keroyokan. Kebayan dong, saat se-taman bacaan, mengaji bersama secara bersuara untuk khataman Al Quran. Seru banget dan menggairahkan.

 

  1. Berbagi Takjilan Setiap Hari Sabtu

Saat hari Sabtu sebagai hari khataman Al Quran, TBM Lentera Pustaka selalu menyediakan takjilan untuk setiap anak bahkan orang tuanya yang mengantar. Minimal 70 bungkus takjil disiapkan yang dipesan dari warung-warung rumahan sekitar taman bacaan. Selain untuk melatih “antre” saat mengambil takjil, kegiatan ini juga sebagai mengajarkan pentingnya sedekah di bulan puasa. Mau berbagi kepada sesama walau hanya takjilan sekaligus untuk mengundang komunitas atau korporasi berbakti sosial di taman bacaan. Terbayangkan, senyum ceria anak-anak taman bacaan saat mengantre takjil dan membawa pulang ke rumah jelang waktu maghrib. Maklum di kampung yang kurang mampu, bisa jadi ada anak yang memang tidak punya makanan untuk berbuka puasa. Maka taman bacaan pun menebarkan senyum anak-anak dengan berbagi takjilan. Seru banget bisa berbagi takjilan di bulan puasa.

 

  1. Buka Puasa Bersama Wali Baca dan Relawan

Berkegiatan di taman bacaan makin seru seperti di TBM Lentera Pustaka yang selalu menggelar buka puasa bersama para wali baca dan relawan di Rooftop Baca bger-view Gunung Salak Bogor. Setiap Sabtu sore diadakan bukber wali baca dan relawan. Tujuannya untuk silaturahim, di samping berdiskusi tentang program tamann bacaan.Cara ini terbukti efektif untuk “mengkonsolidasikan atau koordinasi” berbagai aktivitas taman bacaan ke depan. Di samping untuk memperkuat kekompakan dan ikatan batin “orang-orang baik” yang mengabdi di taman bacaan. Seru deh pokoknya, bisa bukber wali baca dan relawan taman bacaan.

 

Makin seru “NgabubuRead – Ramadan Ceria” di TBM Lentera Pustaka karena geliat taman bacaan di bulan puasa selalu dipublikasikan. Dan hasilnya, alhamdulillah dan patut disyukuri TBM Lentera Pustaka. Selama bulan puasa tahun 2023 ini, TBM Lentera Pustaka mampu 1) menyalurkan zakat mal ke pihak yang berhak mencapai Rp. 14,5 juta, 2) memperolah donasi buku dan kurma dari orang-orang baik terus mengalir, 3) menggelar buka puasa bersama yang dibiayai Bank Sinarmas sebagai sponsor CSR korporasi, dan 4) memperoleh hibah motor Pustaka dari Pustaka Bergerak Indonesia (PBI) yang didukung oleh Ditjen Kebudayaan Kemdikbud RI, Dana Indonesiana dan LPDP senilai Rp. 25 juta. Semuanya jadi bukti, ada berkah di taman bacaan selama bulan puasa. Maka, nikmat Tuhan mana lagi yang kamu dustakan?

 

Insya Allah, setelah lebaran nanti, TBM Lentera Pustaka pun menggelar “Halal Bihalal Idul Fitri 1444 H” untuk saling bermaafan atas dosa dan kesalahan yang pernah terjadi selama di taman bacaan. Mengajarkan akhlak baik untuk berani memaafkan dan meminta maaf. Dan berkah di taman bacaan pun terus berlanjut. Insya Allah setelah lebaran nanti, TBM Lentera Pustaka pun akan membuka kafe literasi bernama “Kopi Lentera” sebagai kafe atau tempat ningkrong berkonsep literasi. Minum kopi dan makan sambil ditemani buku-buku bacaan di Rooftop Baca TBM Lentera Pustaka dengan view Gunung Salak. Kafe literasi ini nantinya akan menjadi “cara mencari uang” untuk membiayai transport wali baca dan relawan atas kiprah sosialnya di taman bacaan. Insya Allah, semoga Allah SWT ridho atas niat dan renacan baik TBM Lentera Pustaka ini.

 

Gimana, seru kan punya aktivitas NgabubuRead di taman bacaan selama bulan puasa. Untuk tahu lebih lanjut, apa saja aktivitas taman bacaan di bulan puasasilajan kunjungi website: tbmlenterapustaka.com - https://tbmlenterapustaka.com/majalah-taman-baca/buka-puasa-bersama-di-tbm-lentera-pustaka-bank-sinarmas-kokohkan-semangat-literasi-anak/ atau https://tbmlenterapustaka.com/

 

Sejatinya, taman bacaan memang bukan hanya tempat membaca atau mendatangkan “tamu” semata. Tapi lebih dari itu, sebagai sentra pembelajaran akhlak dan adab anak-anak usia sekolah. Salam literasi #NgabubuRead #RamadanCeriaDiTBM #TamanBacaan #TBMLenteraPustaka

Ikuti tulisan menarik Syarifudin lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler