x

Citraan Ikan Dunkleosteus Terrelli, Wikipedia

Iklan

Slamet Samsoerizal

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 30 Maret 2022

Minggu, 16 April 2023 17:24 WIB

Ikan Raksasa Purba Dunkleosteus:  Mulut Perenang Raksasa Dengan Tubuh Mungil

Ada masalah bagi para peneliti yang mencoba mengidentifikasi ukuran ikan lapis baja purba dari periode Devonian akhir yang hidup sekitar 382-358 juta tahun yang lalu). Hanya bagian lapis baja di sekitar kepala mereka yang diawetkan dalam fosil. Dua analisis dikemukakan ilmuwan berikut ini.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

 

Para ilmuwan telah mencoba menilai ukuran spesies seperti yang ada di genus Dunkleosteus dari makhluk bawah air besar berdasarkan ukuran mulut dan rahangnya. Bagian tubuh lainnya, yang terdiri dari tulang rawan, tidak bertahan selama ribuan tahun. Analisis data baru dari studi sebelumnya menunjukkan bahwa dimensi ikan prasejarah ini tidak dapat dinilai berdasarkan ukuran hiu modern, yang merupakan salah satu metode yang telah digunakan untuk mencoba dan mengisi kekosongan dalam pengetahuan ilmiah.

 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

"Perkiraan panjang 5 - 10 meter atau setara dengan 16,4 - 32,8 kaki," kata mahasiswa Pascasarjana Paleontologi Russell Engelman dari Case Western Reserve University di Ohio. "Tapi sepertinya tidak ada yang memeriksa metode ini secara statistik atau menguji apakah mereka menghasilkan hasil yang dapat diandalkan atau masuk akal di artrodires."

 

David Nield merilis dalam laman ScienceAlert menyatakan bahwa melihat kembali data dari empat fosil Dunkleosteus dan ratusan spesies ikan hidup, khususnya dalam hal hubungan antara pengukuran mulut bagian dalam dan luar dan ukuran keseluruhan, Engelman menemukan bahwa perkiraan sebelumnya mungkin tidak tepat.

 

Jika ikan prasejarah sebesar yang diperkirakan sebelumnya, ia akan memiliki tubuh yang sangat memanjang dibandingkan dengan kepalanya. Dengan proporsi yang bahkan lebih besar daripada belut modern, misalnya. Terlebih lagi, ukuran insang yang diperhitungkan mungkin terlalu kecil bagi ikan untuk bernapas dengan baik.

 

Dikutip dari jurnal PeerJ Life & Environment,  kemungkinan besar spesies Dunkleosteus benar-benar memiliki tubuh yang lebih pendek dibandingkan dengan mulut mereka yang menganga, menurut penelitian baru, dengan proporsi antara ukuran kepala dan ukuran tubuh yang tidak sesuai dengan apa yang kita lihat pada hiu saat ini.

 

"Dunkleosteus sering diasumsikan berfungsi seperti hiu putih besar, tetapi saat kita belajar lebih banyak tentang ikan ini, mungkin lebih akurat untuk mendeskripsikannya sebagai campuran hiu, kerapu, viperfish, tuna, dan piraiba," kata Engelman.

 

Melihat ikan purba yang lebih kecil yang kita miliki fosilnya, biologi ikan seukuran Dunkleosteus, dan perbedaan yang kita ketahui antara spesies zaman modern dan prasejarah, perkiraan sebelumnya dalam hal panjang keseluruhan mungkin perlu dibelah dua. Demikian simpul Engelman.

 

Dalam analisis kedua,  yang menguji metodenya sendiri yang baru dirancang untuk memperkirakan ukuran tubuh, Engelman menyarankan bahwa Dunkleosteus terbesar hanya tumbuh sekitar 4 meter, atau 13 kaki panjangnya.

 

Memahami seberapa besar binatang bawah air ini sangat penting untuk memahami seperti apa kehidupan jutaan tahun yang lalu itu; ukuran ikan memengaruhi segalanya, mulai dari habitatnya hingga evolusinya hingga ikan lain yang dimakannya.

 

"Ukuran mulut mungkin merupakan faktor terbesar dalam menentukan mangsa terbesar yang bisa dimakan ikan," kata Engelman, yang memperkirakan Dunkleosteus dewasa mungkin bisa menggigit 22,9 kilogram daging dalam sekali kunyahan. ***

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Ikuti tulisan menarik Slamet Samsoerizal lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu