x

Iklan

Slamet Samsoerizal

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 30 Maret 2022

Rabu, 19 April 2023 15:56 WIB

Monumen Neolitik Kuno:  Stonehenge di Salisbury,  Masih Menyimpan Misteri

Monumen neolitik kuno:  Stonehenge yang terletak di Dataran Salisbury di Inggris, merupakan salah satu misteri terbesar dalam arkeologi. Lingkaran batu  yang kondang itu dibangun dengan tujuan apa dan siapa yang membangunnya. Sebagian besar arkeolog sepakat, bahwa Stonehenge setidaknya menandai pergantian musim. Ini dikarenakan,  penampakan bebatuan tertentu tampak sejajar sempurna dengan matahari pada titik balik matahari dan ekuinoks.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

 

Selama bertahun-tahun, para arkeolog telah menyelidiki kemungkinan tujuan dari monumen neolitik yang dikenal sebagai Stonehenge. Sementara kemampuannya untuk menandai musim dipahami dengan baik, beberapa ahli berpendapat bahwa Stonehenge bisa menjadi semacam kalender matahari kuno.

 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sebuah studi baru menentang hipotesis ini. Ilmuwan menyatakan,  bahwa itu tidak tahan terhadap pengawasan dalam kaitannya dengan bukti astronomi atau sejarah.

 

Pada tahun 2022, sekelompok ilmuwan mengambil tampilan archaeoastronomy yang mengesankan ini selangkah lebih maju dan berpendapat bahwa Stonehenge sebenarnya adalah kalender 365 hari. Idenya adalah bahwa 30 sarsen lintels (balok salib) di tepi luar monumen mewakili 30 hari setiap bulan, dan dengan penambahan lima struktur di Trilithon Horseshoe (terletak di tengah) bersama dengan empat "batu stasiun". ” (untuk tahun kabisat), menyelesaikan kalender 365 hari yang sangat modern.

 

Gagasan ini akan mengubah pemahaman historis kita tentang kapan manusia merancang kalender matahari, sebuah penemuan yang sering dikaitkan dengan orang Mesir kuno, daripada mengandalkan kalender berbasis bulan yang tidak akurat.

 

Menurut Darren Orf  dalam laman Popular Mechanic,  tidak semua arkeolog yakin akan keakuratan penanggalan monumen kuno tersebut. Sebuah studi baru yang diterbitkan dalam jurnal Antiquity berpendapat bahwa teori Stonehenge sebagai kalender matahari didasarkan pada "serangkaian interpretasi paksa dari koneksi astronomi monumen, serta pada numerologi yang dapat diperdebatkan dan analogi yang tidak didukung."

 

Juan Antonio Belmonte dari Universitas Spanyol La Laguna dan Giulio Magli dari Universitas Politeknik Milan membantah teori ini dalam tiga poin utama. Pertama adalah astronomi dasar. Sederhananya, arsitek neolitik Stonehenge tidak akan memiliki cara untuk secara tepat memperhitungkan perubahan halus dalam posisi harian matahari (yang mencapai sepersepuluh derajat) menggunakan batu besar. Meskipun monumen tersebut memang mencerminkan ketertarikan pada siklus matahari, Belmonte dan Magli berpendapat bahwa monumen tersebut kemungkinan besar akan melabuhkan peristiwa bulan daripada menghitung hari secara eksplisit.

 

Kedua, dari aspek umum arkeologi yang dikenal sebagai "numerologi", yang merupakan kemampuan untuk menemukan angka-angka penting dari sumber-sumber kuno jika Anda melihat cukup keras. Sementara ambang sarsen, bersama dengan batu tambahan yang terletak di bagian dalam Stonehenge, secara teoritis dapat bertambah hingga 365 hari, tidak ada indikasi di dalam monumen itu sendiri bahwa mereka menghitung 12 bulan dalam setahun.

 

"Dalam hal ini, 'nomor kunci' dari dugaan kalender, 12, tidak dapat dikenali di mana pun," rilis siaran pers dari Universitas Politeknik Milan. Teori ini juga lemah dari apa yang disebut 'efek seleksi', sebuah prosedur di mana hanya unsur-unsur yang mendukung interpretasi yang diinginkan yang diekstraksi dari catatan material.

 

Ketiga,  sejarah sederhana, karena orang Mesir bahkan tidak mulai memperhitungkan hari kabisat hingga 2.000 tahun setelah Stonehenge. Ini menyiratkan bahwa arsitek Stonehenge perlu mengerjakan detail ini untuk diri mereka sendiri sambil juga mempelajari kalender matahari Mesir, yang tidak didukung oleh bukti arkeologis.

 

Sifat dan tujuan sebenarnya dari Stonehenge tetap menjadi misteri, tetapi para arkeolog dapat cukup percaya diri mencoret hal-hal yang jelas tidak dimiliki oleh monumen yang menarik ini. ***

Ikuti tulisan menarik Slamet Samsoerizal lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB

Terkini

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB