x

Gambar oleh jodeng dari Pixabay

Iklan

Indŕato Sumantoro

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 12 Juli 2020

Senin, 24 April 2023 19:14 WIB

Apa Makna Satu Abad Aspal Buton Bagi Bangsa Indonesia?

Apa makna 1 abad aspal Buton bagi bangsa Indonesia? Maknanya adalah perjuangan masih belum selesai untuk mewujudkan hilirisasi aspal Buton. 1 abad hanyalah angka-angka semata. Mengacu kepada puisi karangan Chairil Anwar, marilah kita gaungkan semboyan: ”Aku ingin hidup 1000 tahun lagi untuk mewujudkan hilirisasi aspal Buton”. Karena apabila hilirisasi aspal Buton sudah terwujud, insya Allah, pasti negara Republik Indonesia akan adil, makmur, dan sejahtera. Ini bukan hanya sekedar mimpi atau visi. Tetapi ini adalah keyakinan teguh dari seorang anak bangsa.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Aspal Buton adalah aspal alam yang terdapat di pulau Buton, Sulawesi Tenggara. Pada tahun 1924, aspal Buton untuk pertama kalinya ditemukan oleh seorang Geolog Belanda yang bernama W.H. Hetzel. Oleh karena itu, pada tahun depan, tahun 2024, usia aspal Buton akan genap 100 tahun, atau 1 abad. Apa sejatinya arti 1 abad aspal Buton ini untuk bangsa Indonesia? Pertanyaan ini perlu ditanyakan, karena di usia aspal Buton yang sudah hampir mencapai 1 abad sekarang ini, mirisnya hilirisasi aspal Buton masih belum juga terwujud.

Mengapa hilirisasi aspal Buton ini sangat penting untuk bangsa Indonesia?. Hilirisasi aspal Buton adalah sangat penting bagi bangsa Indonesia, karena hilrisasi aspal Buton adalah salah satu program pemerintah untuk menyejahterakan seluruh rakyat Indonesia. Program hilirisasi ini sudah dicanangkan oleh pemerintah sejak tahun 2010. Tetapi rasanya aneh, tidak masuk akal, dan tidak bisa dipercaya sama sekali, kalau hilirisasi aspal Buton di usianya yang 1 abad pada tahun 2024 nanti, masih belum juga terwujud.

Mengapa hilirisasi aspal Buton masih belum juga bisa terwujud di usianya yang sudah hampir 1 abad? Mungkin semua rakyat Indonesia pasti sudah tahu apa jawabnya. Karena Indonesia sudah jatuh terperosok sangat dalam di jurang zona nyaman aspal impor. Mungkin kalau pemerintah memiliki pendapat lain, mohon untuk dijelaskan kepada rakyat. Indonesia sudah mengimpor aspal lebih dari 43 tahun. Pada saat ini Indonesia mengimpor aspal kurang lebih sebesar 1,5 juta ton per tahun. Atau senilai US$ 900 juta per tahun. Mungkin di dunia ini tidak ada satupun bisnis yang paling menguntungkan selain dari bisnis impor aspal. Sudah berapa banyak total keuntungan bersih yang telah diperoleh para importir aspal sejak 43 tahun yang lalu? Mungkin inilah satu-satunya bisnis yang tidak pernah akan merugi sepanjang masa.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Mengutip berita dari cnbcindonesia.com tanggal 27 September 2022, kekesalan pak Jokowi terungkap usai meninjau Pabrik Aspal PT Wika Bitumen di Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara. Pak Jokowi mengaku tak habis pikir, pabrik aspal yang dikunjunginya tidak pernah berproduksi sebagaimana mestinya. Pak Jokowi menjelaskan: “Problem adalah kita malah impor aspal sampai kurang lebih 1,5 juta ton per tahun. Di sini produksi malah tidak dijalankan. Kita malah justru impor aspal terus”.

Jadi sekarang sudah jelas dan terang bahwa hilirisasi aspal Buton masih belum bisa terwujud di usianya yang hampir 1 abad sekarang ini adalah karena kebergantungan Indonesia terhadap aspal impor sudah sangat besar sekali. Khususnya kebergantungan yang terkait dengan fenomena zona nyaman. Sudah terbiasa berada di dalam zona nyaman akan membuat kita menjadi seorang pengecut yang takut mencoba segala sesuatu yang baru. Takut akan kegagalan, takut akan berkurangnya keuntungan, takut akan tantangan dan kelelahan, takut bertanggung jawab terhadap kewajibannya, dan takut segalanya tidak akan berjalan sesuai dengan ekspektasinya. Semuanya serba takut. Mungkin takut juga akan melihat negara Republik Indonesia yang adil, makmur, dan sejahtera.

Masalah belum terwujudnya hilirisasi aspal Buton di usianya yang 1 abad adalah bukan karena masalah tehnis, tetapi sejatinya adalah karena masalah psikologis. Masalah mental bangsa yang telah tergerus dengan napsu keserakahan untuk memperkaya diri pribadinya sendiri. Mental pecundang yang ingin menang sendiri, tanpa mau peduli kepada nasib orang lain yang masa depannya suram, karena kesempatan untuk maju dan berkembang telah dirampas dengan paksa. Mungkin kalau kita kaitkan antara fenomena zona nyaman ini dengan fenomena korupsi hubungannya adalah sangat dekat dan erat.

Definisi korupsi adalah penyelewengan atau penyalahgunaan uang negara untuk keuntungan pribadi atau orang lain. Apabila impor aspal dianggap sebagai kondisi zona nyaman, maka siapakah yang paling diuntungkan? Tentu saja para importir aspal. Impor aspal boleh-boleh saja, asalkan tidak impor aspal untuk selama-lamanya. Hanya boleh dalam masa keadaan darurat dan mendesak saja. Tetapi pada saat ini, zona nyaman impor aspal telah menjadi sebuah bukti nyata sebagai penyebab utama mengapa sampai saat ini hilirisasi aspal Buton masih belum juga terwujud. Dan Indonesia pun masih harus terus menerus impor aspal sampai batas waktu yang tidak terbatas dan ditentukan. Apakah ini tidak gila?

Pak Jokowi tahu itu bahwa impor aspal adalah faktor penyebab utama mengapa hilirisasi aspal Buton masih belum juga terwujud di usianya yang hampir 1 abad. Oleh karena itu, pak Jokowi memutuskan dengan tegas untuk stop impor aspal pada tahun 2024. Pak Jokowi mengharapkan apabila impor aspal distop pada tahun 2024, maka hilirisasi aspal Buton akan terwujud. Ini merupakan visi yang sangat luar biasa jenius dari pak Jokowi. Memang benar, kalau aspal impor sudah distop, maka hilirisasi aspal Buton pasti akan terwujud. Tetapi pemikiran ini secara tehnis sama sekali tidak realistis. Ini merupakan solusi psikologis yang bingung dan putus asa.

Untuk melawan aspal impor, satu-satunya cara adalah dengan membangun hilirisasi aspal Buton. Tidak ada cara lain. Apabila sampai saat ini hilirisasi aspal Buton masih belum terwujud, itu berarti fenomena zona nyaman impor aspal adalah benar adanya, dan tidak terbantahkan. Apakah visi pak Jokowi akan stop impor aspal pada tahun 2024, tanpa adanya upaya-upaya untuk membangun hilirisasi aspal Buton merupakan sebuah drama untuk memberikan harapan palsu kepada rakyat Indonesia?. Marilah kita lihat realitanya di tahun 2024.

Apa makna 1 abad aspal Buton bagi bangsa Indonesia? Hilirisasi aspal Buton yang seharusnya menjadi “Sang Penyelamat” sebagai upaya kebangkitan dari keterpurukan ekonomi Indonesia, ternyata masih tenggelam dalam ketidak berdayaan melawan aspal impor. Dan sebaliknya aspal impor semakin berjaya dan berada di atas angin atas kandasnya cita-cita untuk mewujudkan hilirisasi aspal Buton di usianya yang 1 abad. Lalu aspal Buton ini sekarang mau dibawa kemana pak Jokowi? Rakyat menunggu keputusan pak Jokowi selanjutnya.

Apa makna 1 abad aspal Buton bagi bangsa Indonesia? Maknanya adalah perjuangan masih belum selesai untuk mewujudkan hilirisasi aspal Buton. 1 abad hanyalah angka-angka semata. Mengacu kepada puisi karangan Chairil Anwar, marilah kita gaungkan semboyan: ”Aku ingin hidup 1000 tahun lagi untuk mewujudkan hilirisasi aspal Buton”. Karena apabila hilirisasi aspal Buton sudah terwujud, insya Allah, pasti negara Republik Indonesia akan adil, makmur, dan sejahtera. Ini bukan hanya sekedar mimpi atau visi. Tetapi ini adalah keyakinan teguh dari seorang anak bangsa.  

 

Ikuti tulisan menarik Indŕato Sumantoro lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB

Terkini

Sengketa?

Oleh: sucahyo adi swasono

6 jam lalu

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB