x

Iklan

Syarifudin

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 April 2019

Kamis, 27 April 2023 07:43 WIB

Baru Usai Lebaran, kok, Sudah Mudah Mengutuk Pagi?

Baru kelar lebaran, kok sudah mudah mengutuk pagi. Nikmati saja apa yang adda, syukuri yang dipunya. Agar semuanya jadi lebih mudah

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Lebaran baru saja kelar. Hawanya saja masih terasa. Energinya pun masih merasuk ke diri. Rohnya masih ada ada di jiwa-jiwa yang fitrah. Untuk menunduk dan muhasabah diri. Agar menjadi pribadi yang lebih baik seusai lebaran. Tapi, kenapa masih ada orang-orang yang gampang mengutuk pagi bahkan membencinya?

Jangan pernah mengutuk pagi. Jangan mudah membenci pagi. Jangan memarahi hujan yang turun. Apalagi membenci dan menghujat orang lain atas sebab apapun. Karena kita, bisa kjadi tidak tahu banyak apa yang terjadi. Hanya tahu sedikit saja, yang mungkin terlalu subjektif. Maka tidak ada kebenaran yang sifatnya subjektif. Objektivitas di atas segalanya. Objektif yang berkenan di hati nurani dan akal sehat.

Jadi, jangan pernah mengutuk pagi. Karena kutukan, hujatan, dan kebencian tidak akan pernah menyelesaikan masalah. Tidak akan pernah membuat pegi kesulitan yang mendera diri. Cukup diam dan berdoalah kepada Allah SWT. Agar semuanya baik-baik-baik saja. The show must go on.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Kecewa dan sedih itu lumrah terjadi. Kesal dan marah pun sangat manusiawi. Seperti hujan dan panas pun pasti terjadi setiap hari. Maka jangan pernah mengutuk pagi, jangan mencaci hujan dan panas. Hingga terlontar ucapan atau tulisan kotor di media sosial. “Sialan, panas banget hari ini. Gue jadi malas ke mana-mana”, jangan pernah mengutuk panas mentari. Tetaplah tenang dan menerima realitas. Tanpa perlu menyesali apalagi membahas keburukan orang lain. Berkata-kata buruk dan negatif itu tercela dan dilarang. Sikap bijak itulah hikmah terpenting momen lebaran, bila paham.

Pagi itu hadir bukan untuk dikutuk. Tapi disyukuri karena bertabur rahmat-Nya. Hadirnya sinar matahari selalu memberi harapan kepada siapapun. Saat pagi hadir di depan mata, di situlah ada kesempatan berharga. Untuk bersyukur dan meniatkan berkata dan berbuat yang baik. Mumpung masih diberi kesempatan bernapas, berpikir, menikmati pagi apapun keadaannya.

Jangan pernah mengutuk pagi, jangan membenci hujan. Suasanan yang pasti hadir dalam kehidupan. Karena masih ada jutaan orang yang merindukannya. Masih ada orang-orang yang menanti kehadirannya. Tanpa peduli, ada yang membenci atau mencintainya. Karena semua yang datang untuk manusia, adalah anugerah dan karunia-Nya. Tidak mungkin bisa dibantah atau diperdebatkan. Nikmati saja yang ada, syukuri yang dipunya. Agar segala urusan dimudahkan, sehingga bisa lebih bermanfaat untuk orang lain.

Pagi bukan hukuman, hujan pun bukan penjara. Hanya pagi dan hujan yang tidak mengenal pangkat, jabatan, harta atau status sosial. Kaya miskin pasti menemui pagi. Sebagai bukti, bahwa manusia hakikatnya sama di hadapan Ilahi Rabbi. Hanya iman dan takwa yang membedakannya. Karena pagi, selalu mengajarkan siapapun. Untuk lebih berani "introspeksi diri" bukan "mengoreksi keadaan atau orang lain"Salam literasi! #TamanBacaan #PegiatLiterasi #TBMLenteraPustaka

 

Ikuti tulisan menarik Syarifudin lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler