x

Iklan

Bambang Udoyono

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 3 Maret 2022

Senin, 1 Mei 2023 06:38 WIB

Tugas Pemimpin

Seorang pemimpin memiliki banyak tugas. Apakah tugas terpentingnya? Sila ikuti terus.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Apakah tugas pemimpin? Banyak sekali.  Demikian mungkin Anda menjawab. Benar sekali.   Memang banyak sekali tugas seorang pemimpin. Memang berat tugasnya.  Itulah sebabnya gajinya lebih tinggi daripada anak buahnya.  Meskipun demikian ada sebuah tugas maha penting yang harus dia laksanakan kalau ingin kepemimpinanya berhasil.  Apakah itu?

Mari kita simak kata Mutiara dari seorang cendekiawan Barat.

Before you are a leader, success is all about growing yourself. When you become a leader, success is all about growing others. (Jack Welch)

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sebelum kamu menjadi seorang pemimpin sukses adalah mengembangkan dirimu.  Sesudah kamu menjadi seorang pemimpin, sukses adalah mengembangkan orang lain.

 

Tepat sekali kata kata Jack Welch ini.  Tugas seorang pemimpin adalah mengembangkan anak buahnya.   Siapakah anak buahnya?

 

Tergantung di mana dia memimpin.  Kalau dia seorang kepala keluarga maka anak buahnya adalah istri dan anak anaknya. Kalau dia seorang kepala rt anak buahnya semua warga rtnya. Demikian seterusnya sampai ke level kepala negara.

 

Mari kita luaskan pandangan kita.  Lihatlah betapa banyaknya bidang yang membutuhkan kepemimpinan yang memiliki visi seperti itu.  Tidak hanya bidang formal saja di pemerintahan.  Di bidang sosial, ekonomi, budaya dan literasi, masyarakat Indonesia membutuhkan banyak sekali pimpinan yang memiliki visi mengembangkan liyan.

 

Kalau Anda seorang yang setiap hari bekerja memberi pencerahan kepada masyarakat dengan pengajian, bertujuan menciptakan masyarakat yang relijius, bermoral dan adil.  Maka Anda adalah seorang pemimpin. Meskipun Anda tidak memiliki mobil dinas, rumah dinas dan gaji tetap.  Dengan kata lain Anda seorang pemimpin informal.

 

Jika Anda rajin bekerja mengembangkan kemampuan literasi masyarakat dengan berbagai pelatihan, ceramah, diskusi dll, maka Anda seorang pemimpin informal di bidang literasi.  Demikian seterusnya.   Banyak sekali bidang di mana Anda bisa menjadi pemimpin.  Indonesia masih membutuhkan banyak sekali pemimpin informal.  Banyak sekali ladang amal untuk Anda terjuni. 

 

Memperbaiki ahlak masyarakat.  Memberi penerahan agar masyarakat memiliki adab dalam memakai media sosial. Memberi tahu agar masyarakat bisa mengantri dengan tertib. Memberi pencerahan agar masyarakat tidak terjerumus dalam klenik. 

 

Tidak hanya masyarakat awam saja yang membutuhkan pencerahan dan pengembangan.  Orang yang memiliki kewenangan lalu menyalahgunakan juga membutuhkannya.  Orang yang tenggelam dalam kemakmuran lalu lupa kepada Tuhannya juga membutuhkan pencerahan. Justru mencerahkan mereka sangat tidak mudah. Kendalanya selain ego yang kuat juga posisi dalam kekuasaan dan kemakmuran.  Orang yang memiliki salah satu atau keduanya cenderung memandang rendah kepada orang lain yang dinilai tidak setara kekayaan dan kekuasaannya.

 

Kalau sudah memandang rendah maka segala omongan dan tulisan akan ditolak. Mereka memiliki kecenderungan menilai siapa yang omong atau menulis. Bukan apa substansi omongan dan tulisannya.

 

Sungguh benar dan nyata gambaran tentang Fir’aun di dalam Al Qur’an. Sesungguhnya sampai detik ini banyak sekali Fir’aun kecil.  Mentalitasnya sama persis dengan gambaran Fir’aun di dalam Al Qur’an.

 

Itu baru sebagian kecil dari bidang yang bisa Anda terjuni.  Monggo pilih salah satu bidang. Tentu saja Anda harus mengembangkan diri terus menerus agar layak menjadi pemimpin, meskipun informal.  Bagaimana caranya? Secara singkat dengan banyak sekali membaca. Belajar dari dialog dan diskusi dengan para cendekiawan jangan dilewatkan. Sekarang bisa kita lakukan dengan bantuan internet.   

Ikuti tulisan menarik Bambang Udoyono lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu