x

Ilustrasi foto dalam artikel memaknai gagal sebagai jalan baru menuju keberhasilan.

Iklan

Khasiatun Amaliyah

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 30 April 2023

Senin, 1 Mei 2023 06:54 WIB

Mencoba Sekali Lagi untuk Kesekian Kali

Pilihan yang sulit ketika melihat realita berkata, "Sudah berhenti saja" tapi ambisi dan semangat malas redup meski celah terancam ditutup. Memanfaatkan sekecil apa saja kesempatan yang Tuhan berikan adalah cara terbaik untuk mengatakan bahwa kita masih ada dan akan kembali berusaha. Bukan masalah keras kepala, tapi ini mimpi dan pilihan yang telah dipilih. Bukankah lebih salah lagi, bila mana kita tidak dan enggan berjuang sekali lagi hanya karena alasan-alasan yang sebenarnya masih bisa dicari jalan keluarnya. Tanpa harus mematikan impian, kita akan mencobanya sekali lagi.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

"We all have the same opportunity, although it doesn't always go smoothly. The thing to do is to keep working on it in the best ways and never give up."

 

Kutipan di atas akan menjadi pembahasan paling hangat untuk para pejuang hebat. Kita sepakat bahwa kesempatan itu milik siapa saja yang menginginkan kesempatan itu ada. Meskipun, tidak selalu saat kesempatan yang kita ambil, akan memberikan jalan yang stabil. Ada juga sebuah masa di mana saat kesempatan itu ada dan kita menyadarinya, tapi jalan untuk bisa memanfaatkan kesempatan secara optimal justru begitu terjal.  Penuh tikungan, belokan, berlika-liku, bahkan konsekuensi lain yang harus mau diterima. Kalau dipikir-pikir bisa membuat kita terus mempertimbangkan ulang, ambil atau lepas kesempatan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pilihannya hanya dua. Tetap ambil kesempatan yang ada dan tersisa itu, atau biarkan kesempatan itu lewat dengan harapan akan ada kesempatan berikutnya di depan sana.  Bahkan saat kita tidak memilih satu di antara dua pilihan yang ada, kita ternyata diarahkan pada opsi pilihan kedua. Meskipun nantinya entah, kembali membiarkan kesempatan hilang atau langsung mengambilnya. Kita tetap memperoleh pilihan meskipun enggan memilih.

Kesempatan tidak selalu hal yang besar, membuat kita terlihat dan dilihat, atau bersinar dengan terang benderang. Sesederhana, kesempatan itu bisa membuat kita jauh lebih baik. Selangkah lebih maju dan lebih baik dari diri kita yang sebelumnya, berada di belakang. Selangkah lebih maju, dengan pilihan "Ya, saya akan mencoba dan berusaha."

Meskipun saat dipikirkan lebih serius lagi, pasti akan muncul pertanyaan, "Apa saya bisa?" dan sederet pertanyaan lainnya. Pertanyaan yang membuat kita kembali mempertimbangkan pilihan. Sampai kita berpikir, "Ini akan susah, ribet." Berhenti dan kembali mencari yang dirasa kapabilitas kita seimbang dan sesuai terhadap kesempatan yang datang.

Somehow, setiap kesempatan layak diperjuangkan dan dianggap ada kehadirannya. Meskipun kesempatan itu hanya sedikit, buatlah diri tertantang dan berikan upaya terbaik. Segala bentuk kesempatan yang ada adalah salah satu bentuk dari rizki dari Yang Maha Memiliki rizki. Memanfaatkan kesempatan itu sendiri adalah cara kita belajar bersyukur dan berterima kasih dengan sederhana namun penuh makna, andai kita mau sedikit memaknainya lebih dalam.

Jadi, sekecil apapun kesempatan itu, pastikan itu tidak dibiarkan terlewat. Merawat impian dari kesempatan yang Tuhan berikan, berjuang sekali lagi meskipun sudah sekian kali juga gagal itu kita rasakan. Tidak ada salahnya, hari ini kita mengusahakan sekali lagi dan lagi.

Ikuti tulisan menarik Khasiatun Amaliyah lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu