x

Iklan

Syarifudin

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 April 2019

Rabu, 3 Mei 2023 12:51 WIB

Bila Ingin Terang Nyalakan Lampu Sendiri, Jangan Padamkan Sinar Orang Lain

Bila Anda ingin terang nyalakan lampu sendiri, jangan padamkan sinar orang lain. Bila ingin maju, majulah tanpa menyingkirkan orang lain, oke?

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Bila Anda ingin terang, nyalakan lampu sendiri. Jangan padamkan lampu orang lain. Maka bila Anda ingin maju, majulah tanpa menyingkirkan orang lain. Bila Anda ingin naik dan tinggi, naiklah tanpa menjatuhkan orang lain. Sederhana kan.

 

Saat di ruang kelas, seorang guru pun membuat garis sepanjang 100 cm di papan tulis. Lalu sang guru bertanya, "Anak-anak, coba perpendek garis ini!" 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Anak ke-1 maju ke depan, ia menghapus 20 cm dari garis itu menjadi 80 cm. Anak ke-2 pun maju, ia melakukan hal yang sama. Garisnya dikurangi 20cm lagi, tinggal 60 cm. Dan anak ke-3 maju ke depan, lalu mengurangi garis itu 20cm lagi. Sisanya tinggai 40cm. Hebatnya anak yang terakhir maju ke depan, lalu mengembalikan garis yang dihapus menjadi 100cm seperti semula. Dan ia membuat garis baru di bawahnya sepanjang 120 cm. Lebih panjang daripada garis yang pertama. 

 

Sang guru pun tersenyum. “Kamu memang bijak Nak, untuk membuat garis itu menjadi pendek, tidak perlu menghapusnya. Cukup membuat garis lain yang lebih panjang, maka garis pertama akan menjadi lebih pendek dengan sendirinya."

 

Begitulah kira-kira yang terjadi dalam hidup manusia. Bahwa untuk menjadi yang terbaik, tidak perlu menjatuhkan, menyingkirkan atau menjelekkan pihak lain. Maju tanpa menyingkirkan orang lain. Naik tanpa menjatuhkan orang lain.

 

Maka perbaiki niat, baguskan ikhtiar di mana pun dan untuk apapun. Jangan pernah bertekad untuk merendahkan orang lain. Apalagi menyikirkannay hanya untuk lebih maju darinya. Buang jauh-jauh rasa iri, dengki atau dendam yang merasuk di hati.

 

Momen Idul Fitri masih ada. Jadilah pemenang untuk diri sendiri tanpa perlu mengalahkan orang lain. Kemenangan hakiki itu bukan kebebasan. Jadilah lebih baik tanpa harus menjelekkan. Jadilah benar tanpa harus menyalahkan orang lain. Cukup melakukan kebaikan yang lebih baik secara konsisten. Biarkan waktu yang akan membuktikan semuanya.

 

Maka bila Anda ingin terang, nyalakan lampu Anda sendiri. Jangan padamkan lampu orang lain. Karena permata akan tetap bersinar meskipun terpendam dalam lumpur yang gelap pekat. Salam literasi!

 

Ikuti tulisan menarik Syarifudin lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler