x

Iklan

Rutan Demak

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 30 September 2022

Kamis, 11 Mei 2023 09:24 WIB

Rutan Demak Tingkatkan Pembinaan, Bekali Warga Binaan dengan Pelatihan Kerajinan

Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Demak Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah mengambil inisiatif dalam memberikan bekal kepada narapidana (warga binaan pemasyarakatan / WBP) di masa yang akan datang. Rutan Demak tidak hanya memberikan pembinaan keagamaan, tetapi juga membekali WBP dengan pembinaan kemandirian agar mereka bisa mandiri setelah keluar dari Rutan.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

DEMAK- Rabu (03/05/2023), Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Demak Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah mengambil inisiatif dalam memberikan bekal kepada narapidana (warga binaan pemasyarakatan / WBP) di masa yang akan datang. Rutan Demak tidak hanya memberikan pembinaan keagamaan, tetapi juga membekali WBP dengan pembinaan kemandirian agar mereka bisa mandiri setelah keluar dari Rutan.

Pembinaan kemandirian yang diberikan kepada WBP mencakup pelatihan keterampilan seperti membuat kerajinan bunga, membuat keset, dan pelatihan potong rambut. Selain itu, para WBP juga diberikan pelatihan keterampilan yang berkaitan dengan bisnis, seperti pemasaran, manajemen keuangan, dan pengembangan produk. Tujuan dari pembinaan ini adalah agar para WBP memiliki keterampilan yang memadai untuk membangun bisnis atau usaha mereka sendiri setelah keluar dari Rutan.

Kegiatan-kegiatan kerajinan di Rutan Demak memanfaatkan dari bahan-bahan bekas. WBP diberi pengetahuan keterampilan tentang pengolahan limbah plastik dan limbang kain untuk dijadikan barang yang bisa mempunyai nilai jual.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Menurut Kepala Rutan Demak Riski Burhannudin mengatakan, program ini bertujuan untuk memberikan bekal yang lebih lengkap dan bermanfaat bagi WBP.

“Dengan dibekali pembinaan kemandirian, para WBP dapat lebih siap untuk menghadapi tantangan di luar Rutan dan tidak bergantung pada bantuan sosial atau keluarga mereka”, ujar Riski Burhanndin.

“Selain itu, pembinaan kemandirian ini mengajarkan kepada WBP untuk lebih memanfaatkan barang bekas untuk dijadikan barang yang lebih bermanfaat lagi”, tambahnya.

Perlu diketahui, produk hasil pembinaan kemandirian yang dilakukan Rutan Demak seperti Bunga Hias, Keset, Miniatur Kendaraan dan sebagainya. Rutan Demak berharap program ini dapat membantu mempersiapkan WBP untuk kembali ke masyarakat dan menjadi anggota masyarakat yang produktif dan mandiri.

Ikuti tulisan menarik Rutan Demak lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler