x

Tutor, Relawan Pendidik, Penulis Amatir\xd \x40dessisurya26

Iklan

Dessya

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 10 Agustus 2022

Kamis, 4 Mei 2023 07:08 WIB

Gebyar Nusantara, Tumbuhkan Rasa Nasionalisme Siswa HSKS

Sekolah memiliki peran penting untuk memperkokoh karakter siswa. Banyak hal bisa dilakukan para pendidik untuk menumbuhkan rasa nasionalisme siswa-siswanya. Menurut Abbe Baurel, “nasionalisme erat kaitannya dengan rasa cinta kepada daerah dan bahasa oleh perorangan atau sekelompok orang.” Dalam pendapat Abbe tersebut dapat dipahami bahwa untuk menumbuhkan rasa nasionalisme atau cinta tanah air setiap siswa wajib mengenal dahulu daerah dan bahasa negaranya.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

 

Pendidikan itu bukan bikin siswa tahu sedikit tentang banyak hal

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sekolah memiliki peran penting untuk memperkokoh karakter siswa. Banyak hal bisa dilakukan para pendidik untuk menumbuhkan rasa nasionalisme siswa-siswanya. Menurut Abbe Baurel,“Nasionalisme erat kaitannya dengan rasa cinta kepada daerah dan bahasa oleh perorangan atau sekelompok orang.” Dalam pendapat Abbe tersebut dapat dipahami bahwa untuk menumbuhkan rasa nasionalisme atau cinta tanah air setiap siswa wajib mengenal dahulu daerah dan bahasa negaranya.

Lalu, bagaimana cara memperkenalkan daerah dan bahasa di Indonesia kepada siswa? Indonesia memiliki aneka ragam suku bangsa yang terbentang dari sabang sampai maroke. Untuk memperkenalkannya bisa menggunakan beberapa cara.

Sebagai contoh di salah satu sekolah, sebut saja di Homeschooling Kak Seto diadakan kegiatan DL Gathering  yang memiliki tema Gebyar Nusantara. Dalam kegiatan ini semua siswa dan guru diwajibkan memakai pakaian adat dari daerah yang dipilih. Setelah itu, semua siswa dibagi menjadi lima kelompok. Setiap kelompok diberikan visi untuk berkeliling ke lima pulau di Indonesia secara bergantian.

Tempat kelima pulau adalah ruang kelas yang di sulap menjadi pulau. Di dalam pulau tersebut terdapat gambar peta berukuran besar sesuai bentuk pulaunya, makanan khas, gambar-gambar, permainan tradisional, tarian, dan diiringi musik sesuai khas pulaunya masing-masing. Di akhir acara semua siswa diberikan kuis. Kuis ini berisi pertanyaan lima pulau yang ada di Indonesia. Kegiatan berjalan lancar dan semua siswa sangat antusias mengikutinya.

Dengan demikian kegiatan di Homeschooling Kak Seto ini dapat disimpulkan bahwa, untuk menumbuhkan rasa nasionalisme atau cinta tanah air pada diri siswa tertuang pada tiga hal, yaitu: pertama, memperkenalkan keanekaragaman suku bangsa di Indonesia melalui kegiatan DL Gathering yang bertemakan Gebyar Nusantara.

Kedua, semua siswa terjun langsung dan merasakan berada di lima pulau Indonesia, dan ketiga, memberikan pengalaman berharga pada siswa dan semua siswa akan mengingatnya. Ketiga hal ini akan menumbuhkan rasa nasionalisme atau cinta tanah air di dalam benak para siswa.

Di antara banyaknya budaya luar yang hilir mudik masuk ke Indonesia semoga tidak mengikis budaya Indonesia di rumahnya sendiri. Jangan biarkan siswa lebih mengenal budaya luar dan kurang mengetahui budayanya sendiri. Dengan begitu kreativitas guru maupun pihak sekolah dapat dipercaya mampu memperkenalkan budaya negara Indonesia dalam bentuk kegiatan-kegiatan yang menarik, sehingga rasa cinta tanah air tumbuh secara pelan-pelan pada diri semua siswa dan mereka dapat menghargai budayanya sendiri.

Hal ini sesuai dengan pernyataan berikut“Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai budayanya dan Homeschooling Kak Seto sebagai sekolah yang ramah anak  sudah mampu menciptakan kegiatan yang kreatif tersebut.

Ikuti tulisan menarik Dessya lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu