x

Ilustrasi Lukisan Mona Lisa. Gambar oleh wikiimages dari Pixabay.com\x3e

Iklan

Slamet Samsoerizal

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 30 Maret 2022

Selasa, 9 Mei 2023 18:14 WIB

Misteri Jembatan di Balik Lukisan Mona Lisa, Ternyata Ini

Lukisan Monalisa karya Leonardo da Vinchi selalu menarik kolektor dan peneliti seni. Berbagai sudut kajian dikemukakan, mulai dari siapa sosok sebenarnya Mona Lisa hingga jembatan yang melatarbelakangi lukisan Monalisa berpose.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Setiap detail lukisan Mona Lisa karya Leonardo da Vinci telah mengalami penelitian dari berbagai sisi, termasuk misteri jembatan di balik Monalisa berpose. Banyak dari kajian itu telah menimbulkan lebih banyak pertanyaan daripada jawaban tentang identitas sebenarnya yang terungkap dalam lukisan awal abad ke-16.

Mengutip dari laman Popular Mechanics, seorang sejarawan Italia Silvano Vinceti yakin dia telah memecahkan salah satu misteri terbesar dari lukisan terkenal itu: lokasi jembatan di latar belakang.

Berbicara pada konferensi media di Asosiasi Pers Asing di Roma, Vinceti menyoroti kota Laterina, dengan mengatakan bahwa jembatan yang tidak diketahui itu sebenarnya adalah jembatan Romito di Laterina. "Bentuk khas sungai Arno di sepanjang bentangan wilayah itu sesuai dengan apa yang digambarkan Leonardo dalam lanskap di sebelah kiri wanita yang digambarkan dalam lukisan terkenal itu," kata Romito.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pengumuman itu datang dengan pasti dari Vinceti, mengatakan bahwa Romito "tidak diragukan lagi" adalah jembatan dari lukisan yang sekarang tergantung di Louvre di Paris.

Tetapi lebih dari aliran Arno, Vinceti memiliki alat bantu visual lain untuk menemani teorinya, yang menempatkan jembatan Ponte Buriano, hanya beberapa mil dari Romito, dalam cuaca dingin seperti yang diyakini sebelumnya sebagai jembatan resmi Mona Lisa.

Teori tentang jembatan Ponte Bobbio, jauh di utara area yang dimaksud, kini menempati posisi ketiga yang jauh dalam teori jembatan Mona Lisa.

Klaim Vinceti didukung dengan penyelidikan terhadap Romito, yang terkait erat dengan penggambaran sebenarnya dalam lukisan itu. Jembatan Mona Lisa memiliki empat lengkungan, yang menurut Vinceti kemungkinan besar adalah kasus Romito, meskipun hanya satu lengkungan yang tersisa dari jembatan yang hancur.

Mendasarkan perhitungannya dari lengkungan yang bertahan dan menggunakan drone untuk mengukur rentang dan fondasi, dia menduga empat lengkungan adalah pasangan yang ideal untuk rentang tersebut. Ponte Buriano memiliki enam lengkungan dan Ponte Bobbio lebih banyak lagi.

Dia menambahkan bahwa dokumen dalam arsip negara Florence menunjukkan jembatan itu sebagai rute aktif yang menghubungkan Arezzo, Fiesole, dan Florence antara 1501 dan 1503, tahun yang sama da Vinci tinggal di wilayah Fiesole dan sekitar waktu dia diyakini telah melukis karya itu, menurut kepada Penjaga.

Berita itu disambut dengan kegembiraan dari orang-orang di kota berpenduduk sekitar 3.500 jiwa itu, menurut Simona Neri, walikota Laterina.

Namun di ujung jalan di Buriano, warga mungkin tidak menerima temuan itu dengan baik. Kota ini telah memasarkan dirinya kepada wisatawan sebagai rumah dari jembatan Mona Lisa, dengan banyak tanda di sekitar area tersebut. Setidaknya itu adalah perjalanan singkat antara dua kota saingan. ***

 

Ikuti tulisan menarik Slamet Samsoerizal lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler