Mengenal Ilmu Perbandingan Agama dan Para Tokohnya

Kamis, 11 Mei 2023 16:45 WIB
Bagikan Artikel Ini
img-content0
img-content
Iklan
Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Perbandingan agama acap kali distigma sebagai bentuk mempertandingkan agama-agama yang ada di dunia. Namun, yang sebenarnya terjadi adalah proses memahami aspek-aspek agama, seperti keyakinan, praktik ibadah, teks suci, dan nilai-nilai moral, dan berbagai tradisi agama di seluruh dunia. Hadirnya ilmu perbandingan agama bermaksud untuk memperdalam pemahaman terhadap keberagaman agama-agama yang ada di dunia, baik yang diakui maupun yang belum diungkap kepada publik.

Perbandingan Agama merupakan salah satu disiplin ilmu yang mempelajari ajaran agama. Dalam ilmu ini, para pemikir menganalisis berbagai ajaran agama, baik dari segi doktrin maupun praktik keagamaan. Hadirnya ilmu perbandingan agama bermaksud untuk memperdalam pemahaman terhadap keberagaman agama-agama yang ada di dunia, baik yang diakui maupun yang belum diungkap kepada publik.

Ilmu Perbandingan agama acap kali distigma sebagai bentuk mempertandingkan agama-agama yang ada di dunia. Namun, yang sebenarnya terjadi adalah proses memahami aspek-aspek agama, seperti keyakinan, praktik ibadah, teks suci, dan nilai-nilai moral, dan berbagai tradisi agama di seluruh dunia. Dalam konteks keberagaman agama yang semakin kompleks, perbandingan agama hadir untuk membangun toleransi dan menciptakan saling pengertian (mutual understanding) antarumat beragama.

Para Tokoh

Tidak sedikit para tokoh yang kemudian hadir melakukan studi perbandingan agama yang tersebar di berbagai penjuru dunia. Beberapa yang terkenal diantaranya adalah Ali Ibn Hazm, Al-Syahrastani, Huston Smith, Fritjof Schuon, Ninian Smart, Karen Armstrong, dan Mircea Eliade. Mereka adalah tokoh-tokoh penting yang telah memberikan kontribusi besar dalam mengembangkan ilmu perbandingan agama.

Misalnya, Ali Ibn Hazm (994-1064), merupakan ilmuwan Muslim yang pertama kali terjun dalam ilmu perbandingan agama. Ia diikenal karena pendekatannya yang kritis dan pemikirannya yang mandiri. Bukunya, Al-Fasl fi Al-Milal wa al-Ahwa wa al-Wanihal, merupakan karya monumental yang mencakup berbagai aspek agama, sekte, dan aliran dalam Islam.

Ada juga pemikir Islam dari Persia yang juga menekuni bidang perbandingan agama, Muhammad Abdul Karim al-Syahrastani (1071-1143), cendekiawan terkemuka dalam sejarah intelektual Islam. Karyanya, Al-Milal wan al-Nihal, mengkaji tentang bagaimana seorang Muslim di masa lalu mengenalkan sitematika perbandingan historis kepercayaan (agama). Kontribusinya dalam bidang teologi, filsafat, dan hukum Islam memiliki pengaruh yang signifikan dalam perkembangan pemikiran Islam.

Huston Smith (1919-2016), dikenal sebagai salah satu tokoh perbandingan agama. Smith, telah menulis banyak buku tentang agama dan ilmu perbandingan agama, termasuk "The World's Religions". Pendekatannya yang berakar pada empati, penghargaan, dan pengalaman langsung, sangat berpengaruh. Smith percaya bahwa meskipun terdapat perbedaan-perbedaan eksternal, agama-agama memiliki esensi inti yang sama dan menawarkan jalan menuju pengalaman transenden dan pertumbuhan spiritual.

Sementara itu, Fritjof Schuon (1907-1998) eorang filsuf dan mistikus yang juga memberikan kontribusi besar dalam perbandingan agama. Dia menulis banyak buku tentang filsafat, agama, dan mistisisme, telah banyak mempengaruhi pemikiran para akademisi dan pemuka agama. Bukunya, “Understanding Islam" (1963), mengkaji ajaran-ajaran dan dimensi metafisika Islam, membahas topik seperti sifat Tuhan, peran Nabi Muhammad, dan hubungan antara individu dengan Yang Ilahi.

Ninian Smart (1927-2001), akademisi asal Inggris yang dikenal sebagai tokoh penting perbandingan agama. Dia mengembangkan konsep "dimensi agama" yang telah menjadi dasar bagi banyak studi perbandingan agama. Salah satu karyanya, "The World's Religions" (1989) memberikan pengantar utama mengenai agama-agama dunia, menyajikan wawasan tentang keyakinan, praktik, dan perkembangan sejarahnya.

Karen Armstrong (1944-present), seorang penulis yang telah menulis banyak buku tentang agama dan sejarah, termasuk buku terkenalnya yang berjudul "A History of God". Dalam buku berpengaruh ini, Armstrong menyelidiki konsep Tuhan dalam berbagai tradisi agama dan melacak perkembangan gagasan tentang Tuhan sepanjang sejarah.

Mircea Eliade (1907-1986) seorang sejarawan dan filsuf yang juga memberikan kontribusi besar dalam perbandingan agama. Menulis banyak buku tentang sejarah agama, mitologi, dan simbolisme, yang telah banyak mempengaruhi pemikiran. Buku "The Sacred and the Profane, The Nature of Religion", Eliade mempelajari perbedaan antara yang sakral dan yang profan dalam berbagai kebudayaan dan menggali sifat dasar agama sebagai pengalaman transenden.

Pertandingan Agama

Dalam perbandingan agama, para ahli membandingkan dan menganalisis berbagai ajaran agama, baik dari segi doktrin maupun praktik keagamaan. Tujuannya adalah untuk mencari kesamaan antara ajaran agama, atau dalam istilah lain disebut kalimatun sawa serta memperdalam pemahaman terhadap keberagaman agama-agama. Jadi tidak benar jika sementara ini ada yang menuduh perbandingan agama menyamakan semua agama.

Sebagai informasi, dalam proses perbandingan agama, biasanya akan mempertimbangkan banyak aspek, seperti sejarah, filosofi, teologi, praktik keagamaan, dan nilai-nilai yang menjadi pedoman dalam masing-masing agama. Dengan memahami hal-hal ini, kita akan memahami agama-agama lain dengan cara yang bijaksana, tidak menggurui, dengan harapan tercipta kerjasama antarumat beragama yang kualitatif.

Perlu dicatat oleh kita semua, bahwa perbandingan agama bukanlah untuk menunjukkan mana agama yang paling benar, paling direstui, atau bahkan paling dekat dengan Tuhan. Bagi saya, setiap agama memiliki keunikan dan keindahan tersendiri, serta menghadirkan manfaat yang berbeda-beda bagi pemeluknya. Oleh karena itu, bagi kita yang berada di luar agama atau outsider, sudah semestinya menghargai keberagaman agama tanpa melakukan klaim kebenaran.

Misi kebijaksanaan  

Dalam konteks globalisasi dan perubahan sosial yang semakin cepat, perbandingan agama diperlukan untuk memperdalam pemahaman terhadap keberagaman agama yang ada di dunia. Melalui perbandingan agama, kita dapat memahami dan menghargai keberagaman agama, serta membangun kerjasama antarumat beragama yang lebih baik. Syaratnya, tidak merasa paling benar atau paling masuk surga.

Hadirnya perbandingan agama adalah untuk memperdalam pemahaman terhadap ajaran dan praktik keagamaan yang ada di dunia, dengan tujuan membangun toleransi dan saling pengertian antarumat beragama. Melalui perbandingan agama, kita akan memahami keunikan dan kesamaan antara ajaran-ajaran agama, serta memperdalam pemahaman terhadap keberagaman agama.

Melalui perbandingan agama, kita dapat mempelajari nilai-nilai yang diyakini oleh masing-masing agama, serta memahami bagaimana ajaran agama tersebut dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan memahami hal tersebut, tampaknya orang yang beragama sangat mungkin bisa membangun pemahaman yang lebih toleran terhadap perbedaan ajaran agama, nilai dan implementasinya yang akan kita temukan di lingkungan terdekat.

Selain itu, perbandingan agama akan membantu umat beragama memahami kontribusi agama dalam masyarakat, serta bagaimana agama dapat memengaruhi kebijakan publik dan politik. Dalam konteks ini, perbandingan agama akan mendukung kita memahami bagaimana agama dapat berkontribusi dalam membangun masyarakat yang harmonis, toleran dan saling mendukung.

Hemat saya, meskipun masih ada stigma terhadap perbandingan agama, namun, satu hal yang disepakati adalah bahwa tujuan besarnya yaitu membangun kebijaksanaan antarumat beragama. Karena itu, dengan memahami keberagaman agama dan membangun toleransi serta saling pengertian antarumat beragama, kita dapat hidup bersama dengan damai dan menghargai perbedaan.

Bagikan Artikel Ini
img-content
Wahyu Tanoto

Penulis yang menyukai kopi hitam dan jadah goreng, namun ngapak.

0 Pengikut

Baca Juga











Artikel Terpopuler











Terpopuler di Peristiwa

img-content
img-content
img-content
img-content
Lihat semua