x

Penghargaan Pulitzer

Iklan

Slamet Samsoerizal

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 30 Maret 2022

Jumat, 19 Mei 2023 15:55 WIB

Inilah Dua Buku Fiksi Peraih  Hadiah Pulitzer  2023

Hadiah Pulitzer atau Pulitzer Pize tahun ini diberikan kepada dua novelis. Barbara Kingsolver lewat novelnya Demon Copperhead dan Hernan Diaz melalui novel  Trust.  

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

 

Daftar pemenang Hadiah Pulitzer terbaru dirilis minggu ini. Untuk pertama kalinya dalam sejarah penghargaan selama 105 tahun, penghargaan untuk fFiksi diberikan kepada dua novel, demikian catatan kolumnis Kiersten Hickman dalam lewat rd.com.

Kedua novel ini dianggap sebagai karya sastra fiksi sejarah. Meskipun keduanya sangat berbeda dalam hal pokok bahasan dan latar. Kedua novel tersebut menggambarkan aspek-aspek penting dari sejarah Amerika Serikat yang menarik untuk diselami.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Tidak mengherankan apabila panitia Hadiah Pulitzer tidak bisa tidak menganggap kedua buku fiksi terbaik tahun 2023 ini.

 

Apa Hadiah Pulitzer dan mengapa itu penting?

Sejak putaran pertama penghargaan pada tahun 1917, Penghargaan Pulitzer diberikan oleh Universitas Columbia untuk pencapaian tinggi dalam menulis—khususnya jurnalisme dan seni—di Amerika Serikat. Kategorinya meliputi jurnalisme, sastra, dan komposisi musik. Hadiah ini dinamai Joseph Pulitzer, penerbit surat kabar terkenal dari akhir tahun 1800-an, yang menetapkan ketentuan untuk hadiah khusus ini dalam surat wasiatnya.

 

Apa yang memenangkan Hadiah Pulitzer untuk Fiksi pada tahun 2023?  Tahun ini, tidak seperti biasanya yang hanya mmberikan hanya kepada satu novel, Penghargaan Pulitzer untuk Fiksi kali ini diberikan kepada dua novel sekaligus. Berikut kedua novel tersebut.

 

  • Demon Copperhead oleh Barbara Kingsolver
  • Trust oleh Hernan Diaz

 

Demon Copperhead meminjam alur ceritanya dari karya terkenal Charles Dicken, David Copperfield, mengungkapkan kisah seorang anak yatim piatu bernama Damon melalui pencobaannya tentang pengasuhan, pekerja anak, sekolah terlantar, kesuksesan atletik, kecanduan, cinta yang membawa malapetaka, dan kerugian yang menghancurkan,  diatur dalam pegunungan Appalachia selatan. Buku tersebut diterbitkan oleh Harper.

 

Sementara novel Trust mengikuti kisah memikat suami dan istri Benjamin dan Helen Rask, pasangan kaya dari tahun 1920-an yang menyaksikan hari-hari prestise dan kekayaan mereka berakhir selama resesi.

 

Novel ini menganalisis narasi yang bersaing dari novel populer lainnya saat ini, dan memikat pembaca dengan liku-liku, membuat pembaca mencari kebenaran tentang apa yang dianggap fakta dan apa itu fiksi. Buku yang diterbitkan oleh Riverhead Books ini bahkan terpilih sebagai salah satu buku favorit mantan Presiden Barack Obama di tahun 2022. ***

 

 

 

Ikuti tulisan menarik Slamet Samsoerizal lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler