x

ilustr: Wolipop

Iklan

Ruang Dakwah Medis Indonesia

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 15 Maret 2023

Sabtu, 20 Mei 2023 10:06 WIB

Makanan yang Berbahaya Bagi Tubuh Jika Dipanaskan Ulang

Setiap makanan memiliki masa kadaluwarsa-nya. Banyak kalangan memanaskan kembali masakan untuk memperpanjang batas waktu itu. Tapi, tahukah anda ada jenis-jenis makanan dan masakan yang justru berbahaya bagi tubuh jika dipanaskan uleng?

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Tubuh manusia bisa bertahan hidup karena konsumsi gizi yang baik setiap hari. Perkembangan tubuh manusia banyak dipengaruhi oleh banyak hal, salah satunya adalah asupan nutrisi gizi yang baik. Banyak sekali sumber makanan menjadi asupan gizi yang baik untuk tubuh manusia.

Sumber nutrisi yang baik untuk tubuh manusia, antara lain, berasal dari: karbohidrat, protein, mineral, vitamin, lemak, kalsium dll. Dari seluruh indikator nutrisi harus sesuai takaran dalam tubuh. Kadar nutrisi yang berlebihan ataupun kekurangan akan menyebabkan masalah kesehatan dalam tubuh. Setiap makanan memiliki kadar expired dalam batas tertentu, dan membusuk sesudah melewati batas waktu. Banyak kalangan memanaskan kembali masakan untuk memperpanjang batas waktu itu.

Tujuan dilakukan pemanasan kembali supaya tidak terjadi pembusukan sehingga masih bisa dikonsumsi. Tetapi ada makanan yang bisa berbahaya apabila dipanaskan kembali. Jenis makanan tersebut, antara lain, telur, bayam, lobak, jamur, ayam, dan terong.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dalam studi penelitian gizi yang terbaru disebutkan bahwa telur tidak boleh dipanaskan kembali karena akan menyebabkan racun dan menimbulkan masalah pada saluran pencernaan. Sedang bayam bisa berbahaya karena zat besi dan nitrat  akan berubah jadi zat karsinogenik jika dipanaskan kelmabli. Zat tersebut bisa beresiko menjadi kanker.

Lobak tidak boleh dipanaskan kembali karena bisa mengubah zat nitrat menjadi zat karsinogenik yang beracun bagi tubuh manusia. Kemudian jamur akan menjadi masalah bagi saluran pencernaan serta kesehatan pada jantung jika dipanaskan ulang. Ada pun makanan berbahan ayam tidak boleh dipanaskan kembali karena akan menyebabkan masalah pada saluran pencernaan seperti kembung dan maag.

Penelitian yang dilakukan Womens Health bahwa menyatakan menggoreng terong bisa berbahaya bagi tubuh karena akan merusak tekstur terong. Hal itu juga akan membuat lemak yang ada pada minyak melekat pada sayuran.

Dosen Spesialis Medikal Bedah Prima Trisna Aji menyampaikan bahwa menurut Presiden A Nutrious Of Life Bahwa terong yang digoreng akan mengandung lemak jenuh. Menggoreng sayuran akan berpotensi beresiko kanker apabila dikonsumsi secara terus menerus. Cara pengolahan terbaik dalam pengolahan sayuran adalah dengan direbus dan ditumis. 

Ikuti tulisan menarik Ruang Dakwah Medis Indonesia lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler