x

Iklan

Afifah Azqiyah

Mahasiswi UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
Bergabung Sejak: 27 Maret 2023

Selasa, 23 Mei 2023 07:21 WIB

Strategi Pengembangan MSDI

Artikel ini dibuat untuk memenuhi tugas UTS mata kuliah Manajemen Sumber Daya Insani dengan Dosen Pengampu Dr.H.Syaeful Bahri, S.Ag M.M CHCM

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Strategi pengembangan SDM merupakan suatu perencanaan mengenai cara bagaimana kualitas  SDM mampu berkembang ke arah yang lebih baik dan meningkat kemampuan kerjanya. Karena SDM merupakan unsur yang paling penting di dalam sebuah perusahaan.

Sumber Daya Insani (SDI) mempunyai peran yang sangat penting terutama pada jalannya sistem dalam upaya mencapai sasaran yang telah ditetapkan. Sumber daya insani merupakan asset organisasi yang sangat penting sehingga peran dan fungsinya tidak dapat digantikan oleh sumber daya yang lainnya. Oleh karenanya pengembangan sumber daya insani sangat dibutuhkan.

Sumber daya insani harus memiliki kompetensi yang mencakup 4 unsur, diantaranya:

a. Knowledge atau pengetahuan yang didapat seseorang dari proses edukasi maupun informasi sesuai bidang tugasnya.

b. Skill atau keterampilan/kemampuan seseorang dalam menjalankan tugasnya sesuai bidang tugasnya.

c. Attitude atau sikap kerja seseorang yang dalam menjalankan tugasnya sesuai dengan norma/kode etik yang ditetapkan sesuai bidang tugasnya,

d. Spiritually yakni kesadaran atas keterbatasan kemampuan dan ketergantungan diri.

 

Strategi sumber daya insani merupakan rencana jangka panjang atau rencana masa depan sebagai upaya untuk mempersiapkan karyawan agar dapat bergerak dan berperan dalam perusahaan sesuai dengan perkembangan dan perubahan suatu perusahaan. 

Dalam menentukan strategi pengembangan SDM tentunya diperlukan persiapan yang matang sehingga dapat menghasilkan insan yang berkualitas dalam membantu perkembangan perusahaan. Berikut beberapa strategi pengembangan SDM yang  dapat dilakukan oleh perusahaan:

  1. Memberi kesempatan kepada karyawan untuk menyalurkan ide dan gagasan
    Karena di dalam suatu perusahaan, karyawan juga berkontribusi dalam mengembangkan perusahaan atau sebagai roda penggerak suatu perusahaan. Sehingga ide dan gagasan dari setiap karyawan juga perlu didengarkan dan dipertimbangkan.
  2. Memberi penghargaan
    Disini memberikan penghargaan kepada karyawan bertujuan untuk membuat karyawan lainnya agar termotivasi untuk dapat menjadi lebih baik. Hal tersebut nantinya akan memberikan kontribusi besar terhadap perusahaan dalam mengembangkan perusahaan.
  3. Mengadakan pelatihan
    Ada beberapa jenis pelatihan dan pengembangan SDM yang dapat dilakukan. Diantaranya adalah skill training, retraining atau pelatihan ulang, cross functional training, team training, dan creativity training.

 

 

Ikuti tulisan menarik Afifah Azqiyah lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler