x

Iklan

Winda Lina

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 10 Februari 2023

Rabu, 24 Mei 2023 06:01 WIB

UM Pontianak hadirkan Narasumber dari Spanyol dalam Visiting Professor


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Universitas Muhammadiyah Pontianak melalui Kantor Urusan Internasional menggelar Visiting Professor bagi Fakultas Teknik. Program yang diselenggarakan pada Jumat, 19 Mei 2023 ini diikuti oleh Mahasiswa Program studi Teknik Mesin, Sistem Informasi dan Teknik Informatika UM Pontianak. Visiting Professor kali ini menghadirkan Professor Rodrigo Martínez-Béjar yang berasal dari University of Murcia, Spanyol. Kegiatan yang berdurasi dua jam ini menghasilkan banyak khasanah pengetahuan baru bagi mahasiswa. Program yang dibuka langsung oleh Rektor UM Pontianak, Dr. Doddy Irawan,S.T, M.Eng menyatakan apresiasi yang luar biasa atas kedatangan Prof. Martinez ke UM Pontianak.

“Beliau memiliki expertise di bidang kecerdasaan buatan. Hari ini beliau akan berbagi tentang pengalaman dan besar harapan saya agar mahasiswa yang hadir mendapatkan manfaat yang besar dari Professor sekaligus dapat berdiskusi langsung dengan beliau.” kata rektor.

Prof Martinez Béjar dalam kuliah yang dimoderatori oleh Izhan Fakhruzie, S.T, M.Sc menyampaikan bahwa kecerdasaan buatan memiliki beberapa fitur yaitu kemampuan memproses bahasa alami, kemampuan berfikir, kemampuan belajar dan kemampuan bertindak sesuai dengan lingkungan sekitar. Banyak orang khawatir akan kemampuan kecerdasaan buatan yang akan menggantikan pekerjaan manusia.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

“Kita tidak perlu khawatir karena memang akan banyak pekerjaan yang hilang digantikan dengan kecerdasaan buatan. Di saat yg sama pekerjaan baru juga akan banyak muncul karena kecerdasaan buatan ini,” ungkap beliau. Seperti era ebelumnya, terciptanya komputer, internet dan teknologi lainnya, manusia juga banyak kehilangan pekerjaan akan tetapi disaat bersamaan pekerjaan baru akan muncul justru karena hadirnya teknologi tersebut.

Program yang mengangkat tema Implementation of Advanced intelligent systems in productive sectors ini memberikan pencerahan baru bagi mahasiswa dan Dosen yang hadir. Dalam kesempatan terpisah, Ufi Ruhama’, Kepala Kantor Urusan Internasional UM Pontianak berharap Fakultas Teknik nantinya dapat berkolaborasi lebih lanjut dalam program lainnya terutama dalam Kerjasama riset sehingga ada kesinambungan setelah diadakan Visiting Professor dari University of Murcia, Spanyol ini.

Ikuti tulisan menarik Winda Lina lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB