x

image: RSUD - Read-post

Iklan

Bachtiar R. Pudya

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 30 Mei 2023

Kamis, 1 Juni 2023 07:39 WIB

Tip Mengatasi Kecemasan Berlebihan dengan Cara Menyejukkan Hati

Perkembangan perilaku keseharian seseorang di era serba digital dan modern ini. Seringkali menjadikan seseorang menjadi stress dan mudah cemas, hingga cenderung menjadi depresi. Sehingga berperilaku buruk, yang merugikan dirinya sendiri maupun orang lain. Untuk itu diperlukan cara jitu untuk mengatasi kecemasan berlebihan dan mampu menyejukkan hati

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Perasaan cemas atau kekhawatiran yang berlebihan akan sesuatu, merupakan hal yang cukup wajar dan kodrati sebagai manusia. Namun jika  rasa cemas yang berlebihan tersebut dibiarkan, dapat menyebabkan gangguan konsentrasi, yang akan berimbas dengan kinerjanya. Nah, yang paling utama adalah bagaimana menyikapi kecemasan berlebihan dengan cara yang membawa  kesejukkan hati.

 

Perkembangan di era serba modern ini, mau tidak mau juga berdampak pada perilaku keseharian seseorang. Banyak orang yang akhirnya menjadi stress dan mudah cemas, hingga cenderung menjadi depresi. Sehingga berperilaku buruk, yang merugikan dirinya sendiri dan orang lain. Untuk itu diperlukan cara mengatasi kecemasan berlebihan dan mampu menyejukkan hati, sebagaimana berikut:

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

1. Kenalilah Allah

Cara pertama untuk mengatasi kecemasan berlebihan adalah mengenal Allah, dengan terus bersyukur dan bertakwa. Dengan memahami kekuatan Nya yang tertinggi dan kemampuan  Nya untuk mengendalikan seluruh alam semesta juga segala yang ada di dalamnya, akan memberikan rasa ketenangan. Sebab, Allah, Sang Pencipta langit dan bumi yang tidak akan pernah lelah serta memiliki kekuasaan  penuh untuk menghidupkan orang mati juga atas semua hal di jagad  raya ini.

Ketenangan tersebut lah yang akan menimbulkan rasa bahagia, sehingga mampu meredakan bentuk kecemasan yang berlebihan dalam diri seseorang. Oleh sebab itu, lepaskanlah kecemasan yang ada di hati dan biarkan Allah SWT yang berkarya.  Sebab rencana Allah merupakan yang terbaik untuk seluruh umat manusia.

2. Segerakan Beribadah

Selanjutnya untuk mengatasi kecemasan berlebihan adalah segerakan waktu untuk beribadah dan jangan menunda-nunda. Kedisiplinan dan ikhlas menjalani rutinitas saat beribadah akan memberikan kesejukan dan kenyamanan di hati, yang akan menghilangkan rasa cemas yang berlebihan. Selain itu juga akan membantu kebugaran fisik seseorang, sebagaimana saran para medis.

3. Perbanyaklah Doa dan Bersyukur

Suasana hati seseorang sangat mudah berubah-ubah, terkadang merasa sedih, senang , marah dan lain sebagainya. Bahkan mendadak menjadi bentuk ketakutan atau rasa cemas yang berlebihan, sehingga menyebabkan stress atau gangguan psikologis lainnya. Tentunya, setiap orang ingin segera terlepas dari perasaan cemas atau kekhawatiran yang berlebihan tersebut.

Nah, sebagai umat beriman , sudah sepantasnya untuk menggantungkan hidupnya kepada Allah.  Demikian juga ketika rasa cemas dan takut tersebut muncul. Membaca doa dan bersyukur akan mampu menghilangkan rasa cemas dan takut yang berlebihan serta berharap ketenangan hati dari Allah.

4. Tetap Berpikir Positif Untuk Hilangkan Kecemasan

Selalu berpikir positif akan banyak manfaatnya guna meningkatkan kesehatan fisik dan mental, yang secara tidak langsung menghilangkan kecemasan. Untuk itu perlunya membangun komunitas dan komunikasi positif dengan orang lain dan lingkungan sekitar. Sehingga memberikan energi  atau aura yang baik untuk menjaga rasa percaya diri.

Hadir dalam kegiatan pengajian atau pun majelis juga akan membawa energi positif untuk meningkatkan keimanan seseorang. Selain itu dalam komunitas positif, akan semakin mendekatkan diri kepada Allah. Untuk selalu tetap rendah hati dan bertaqwa kepada Allah, agar terlepas dari kecemasan yang berlebihan.

5. Istirahat Yang Cukup

Aktivitas yang berlebihan tanpa istirahat yang cukup, akan menimbulkan masalah baru berkaitan dengan emosi. Sebab tubuh sangat membutuhkan istirahat yang cukup, setelah beragam aktivitas fisik maupun non-fisik yang dilakukannya. Sehingga emosi sebagai penyebab awal timbulnya stress dan perasaan cemas yang berlebihan. Maka dari itu, manfaatkan waktu untuk tidur dan istirahat yang cukup,  apalagi saat mengalami kecemasan.

 

Nah, demikianlah tips untuk mengatasi kecemasan berlebihan dengan cara yang menyejukkan hati. Meskipun perasaan cemas atau kekhawatiran tersebut hal yang lumrah sebagai bagian dari kodrat manusia. Namun langkah antisipasi rasa cemas tersebut tetap diperlukan. Sehingga seseorang tersebut tetap dapat menjalankan aktivitas kesehariannya dengan konsentrasi yang terjaga.  Semoga menginspirasi dan bermanfaat

Ikuti tulisan menarik Bachtiar R. Pudya lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler