x

Iklan

Rutan Demak

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 30 September 2022

Sabtu, 3 Juni 2023 16:04 WIB

Karutan Demak Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila dengan TemaGotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global

Dalam upaya menggelorakan nilai-nilai Pancasila di Rutan Demak, Karutan Demak, Riski Burhannudin, pimpin langsung upacara Hari Lahir Pancasila bertempat di Lapangan Rutan, Kamis (01/06/2023). Adapun tema upacara Hari Lahir Pancasila kali yaitu Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Demak- Dalam upaya menggelorakan nilai-nilai Pancasila di Rutan Demak, Karutan Demak, Riski Burhannudin, pimpin langsung upacara Hari Lahir Pancasila bertempat di Lapangan Rutan, Kamis (01/06/2023). Adapun tema upacara Hari Lahir Pancasila kali yaitu Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global.

Kegiatan upacara Hari Lahir Pancasila ini di ikuti oleh semua petugas dan warga binaan pemasyarakatan Rutan Demak. Upacara diawali dengan pengibaran bendera merah putih, pembacaan teks Pembukaan UUD 1945, pembacaan teks Pancasila, amanat Inspektur upacara, dan diakhiri dengan Do’a.

Dalam amanatnya, Karutan Demak menekankan pentingnya memupuk sikap toleransi dalam kehidupan sehari-hari sebagai cermin dari semangat Pancasila. Ia mengatakan bahwa Pancasila sebagai dasar negara Indonesia mengajarkan kita untuk menghormati perbedaan dan bekerja sama sebagai satu kesatuan yang beragam.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

"Kita hidup dalam masyarakat yang beragam, baik dari segi suku, agama, budaya, dan latar belakang lainnya. Oleh karena itu, penting bagi WBP untuk menjunjung tinggi nilai toleransi dan menghormati perbedaan agar kalian dapat hidup dalam harmoni dan saling mendukung," ujar Riski Burhannudin dengan tegas.

Karutan Demak juga menyoroti pentingnya peran Rutan Demak sebagai tempat pembinaan dan pemulihan bagi warga binaan. Ia menyampaikan bahwa di dalam Rutan Demak, toleransi antar sesama harus menjadi pondasi utama dalam interaksi sehari-hari.

Selain itu, Karutan Demak juga mengajak seluruh petugas dan WBP untuk terus berupaya menjaga keharmonisan dan menghindari konflik yang bisa merusak suasana di dalam Rutan Demak. Ia meminta agar setiap individu mengedepankan sikap saling menghormati, menghargai, dan membantu satu sama lain.

Rutan Demak berharap implementasi nilai-nilai pancasila terus dilakukan oleh warga binaan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya semangat toleransi yang dapat ditanamkan dalam diri setiap individu.

Ikuti tulisan menarik Rutan Demak lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler