x

Iklan

Bachtiar R. Pudya

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 30 Mei 2023

Jumat, 2 Juni 2023 10:13 WIB

Cara Mudah dan Cepat Membuat File Zip untuk Pemula

Untuk mengantisipasi keterbatasan ruang penyimpanan data, maka diperlukan cara yang mudah dan cepat agar filenya terkompres sehingga menjadi lebih praktis dan hemat. Selain efektif dalam penggunaan ruang penyimpanan data, juga dapat menghemat waktu ketika akan melakukan pemindahan maupun pengiriman data atau file tersebut.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

File yang terlalu besar sering menjadi kendala dalam ruang penyimpanan data. Maka,  diperlukan cara yang mudah dan cepat sangat dibutuhkan untuk membuat file zip agar datanya terkompres sehingga menjadi lebih praktis dan hemat. Dengan demikian selain keefektifan penggunaan ruang penyimpanan data, juga dapat menghemat waktu ketika akan melakukan pemindahan maupun pengiriman data tersebut.

Kompresi Data Terbaik

Saat ini untuk mengkompresi data yang popular dan terbaik menggunakan file zip. Selain mampu mengkompres beberapa file sekaligus dalam 1 pengarsipan data, juga dapat melindungi kualitas file tersebut. Maka, beberapa cara membuat file zip yang cepat dan mudah untuk pemula dengan memperhatikan hal sebagaimana berikut ini:

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

1.File Zip Tanpa Password

cara membuat file zip yang pertama dapat dilakukan tanpa menggunakan aplikasi tambahan, sehingga tidak perlu menggunakan password yang terkadang cukup merepotkan. Tetapi jika pengguna ingin menggunakan aplikasi tambahan juga tidak menjadi persoalan. Beberapa langkah yang perlu dilakukan memilih atau dengan memblok data yang akan diubah ke format zip. Lalu klik kanan, pilih send to, lanjutkan pilih compressed zipped folder. Dan tunggu selama beberapa saat, maka proses format pun selesai

 

2.File Zip Dengan Password

Pada dasarnya cara membuat file zip dengan password mirip dengan yang tanpa password. Penggunan hanya cukup menggantikan saja format file yang hendak di kompresnya. Beberapa langkah mudah untuk membuat file zip dengan password dapat dilakukan sebagaimana berikut:

  • Pilih atau dengan memblok data yang akan di format zip. Lalu klik kanan, pilih WinRAR, lanjutkan pilih add to archive.
  • Ketik name-file, lalu pilih format zip, selanjutnya pilih set-password
  • Kemudian ketik password dan lakukan sekali lagi untuk verifikasinya, lalu klik OK. Dan klik OK sekali lagi, tunggu beberapa saat hingga proses selesai

 

3.Situs ezyZIP

Mengkompres data  ke dalam file zip dapat dilakukan secara online melalui situs www.ezyzip.com. Keuntungan menggunakan situs ezyZIP ini, prosesnya cukup mudah dan sederhana, sehingga pengguna tidak perlu repot menginstal aplikasi. Tetapi yang utama dibutuhkan penggunaannya adalah koneksi jaringan internet yang stabil. Beberapa langkah untuk memformat zip dengan situs ezyZIP, antara lain:

  • Terlebih dahulu kumpulkan semua file ke  dalam 1 folder data, untuk memudahkan proses upload.
  • Selanjutnya kunjungi situs ezyZIP di www.ezyzip.com.
  •  Lalu klik tombol pada browse, untuk mencari data atau folder yang akan diubah ke format zip.
  • Setelah file yang hendak dikompres ditemukan file, langkah selanjutnya klik open, lalu klik zip file dan tunggu beberapa saat untuk proses pengompresan nya
  • Setelah proses pengompresan selesai, lalu klik save as zip file. Kemudian unduh hasilnya ke dalam perangkat komputer atau laptop.

 

4.Aplikasi WinRAR

Tidak selamanya perangkat komputer atau laptop akan terus terhubung dengan jaringan internet. Tentunya akan cukup merepotkan, ketika akan mengkompres data ke dalam file zip, tanpa jaringan internet. Maka, dengan memanfaatkan aplikasi WinRAR, pengompresan dapat juga dilakukan secara offline, sebagaimana cara berikut:

  • Buka aplikasi WinRAR, jika belum punya unduh dan install terlebih dulu.
  • Kumpulkan semua file yang akan dikompresi ke dalam 1 folder terlebih dahulu.
  • Setelah selesai pengumpulan file  tersebut, lalu klik sebelah kanan folder tersebut dan klik Add to Archive.
  • Ketika layar baru sudah muncul, ubah format file tersebut menjadi zip,dengan klik OK
  • Tunggu beberapa saat hingga proses pengompresan selesai.

 

5.Perangkat Android

Kemajuan teknologi juga membawa kemudahan dalam mengkompres file tanpa harus kerepotan saat menggunakan perangkat komputer atau laptop. Apalagi saat ini dengan smartphone android juga sudah dibekali kemampuan untuk dapat membuat file zip. Dengan memanfaat file manager yang menjadi bawaan smartphone android tersebut.

Namun, sayangnya tidak semua android memiliki fitur tersebut. Tetapi dengan bantuan pihak ketiga, pembuatan fie zip pun dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. Untungnya beberapa aplikasi untuk smartphone android yang digunakan tersebut dapat diunduh di google play store, seperti; Root Browser, Es File Explorer dan Rar.

 

Nah, demikian cara yang cepat dan mudah membuat file zip untuk pemula. Bahkan dengan format zip ini, beberapa file dapat dikompres ke dalam 1 penyimpanan data saja. Sehingga dapat menghemat ruang penyimpanan data, sekaligus mempercepat waktu ketika akan memindahkan ataupun mengirim data, ke disk lainnya. Semoga menginspirasi dan bermanfaat

Ikuti tulisan menarik Bachtiar R. Pudya lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB

Terkini

Sengketa?

Oleh: sucahyo adi swasono

35 menit lalu

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB