x

Iklan

Syarifudin

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 April 2019

Senin, 5 Juni 2023 07:59 WIB

Untuk yang Bertanya, Kenapa Menyantuni Anak Yatim dan Kaum Jompo?

Melalui program YAtim BInaan dan JOMpo BInaan, Taman Bacaan Lentera Pustaka di Bogor selalu santuni anak-anak yatim dan kaum jompo, termasuk beasiswa 4 anak. Apa sih manfaatnya?

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Melalui program Yatim BInaan (YABI) dan JOMpo BInaan (JOMBI), Taman bacaan Masyarakat (TBM) Lentera Pustaka di kaki Gunung Salak Bogor mentradisikan menyantuni anak-anak yatim dan kaum jompo. Minimal sebulan sekal dan dipimpin langsung Pendiri TBM Lentera Pustaka, Syarifudin Yunus, taman bacaan ini menggelar pengajian bulanan untuk mengaji, berdoa bersama, dan memberi sedekah untuk 14 anak yatim, 10 jompo, dan 1 janda yang menjadi binaan TBM Lentera Pustaka.

 

Seperti yang dilakukan pada Sabtu (3/6/2023) sore, pengajian yatim dan jompo binaan digelar sebagai bentuk kepedulian sosial taman bacaan kepada masyarakat yang membutuhkan bantuan, di samping memberi nasihat kebaikan sebagai pengganti ”sosok ayah” dari anak-anak yatim. Dana santunan yang disalurkan selama ini berasal dari sedekah Pendiri TBM Lentera Pustaka sendiri bersama 3-4 kawan baiknya secara rutin tiap bulan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

“Sejak TBM Lentera Pustaka berdiri di tahun 2017, Program Yatim Binaan dan Jompo Binaan sudah kami jalankan. Sekitar 2-3 juta per bulan santunan selalu diberikan, di samping ada 4 anak yatim yang kini dibeasiswai. Intinya, agar anak-anak yatim tidak ada yag putus sekolah dan sedikit mengurangi beban kaum jompo” ujar Syarifudin Yunus, Pendiri TBM Lentera Pustaka saat pengajian bulanan di Bogor.

 

Selain menjadi tempat membaca dan aktivitas literasi, TBM Lentera Pustaka menyadari pentingnya untuk membantu anak-anak yatim dan kaum jompo sebagai tanggung jawab sosial. Anak yatim adalah sosok yang harus dikasihi, dipelihara dan diperhatikan seperti ditegaskan, “Mereka bertanya kepadamu tentang anak yatim, katakan lah “Memperbaiki keadaan mereka adalah baik,” (QS. Al-Baqarah [2]: 220).

 

Dalam banyak literatur, menyantuni anak yatim pasti memiliki keutamaaan, di antaranya: 1) mendapatkan pertolongan dari Allah SWT, 2) terhindar dari siksaan di akhirat, 3) berkesempatan menjadi teman Rasulullah di surga, 4) sebagai amal untuk bekal di akhirat, 5) terhindar dari golongan pendusta agama, 6) dilembutkan hatinya, 7) menolak balaatau bahaya, dan 8) mendapatkan kebaikan yang berlimpah. Maka percaya tidak percaya, berkah dan berbagai kemudahan selalu dialami TBM Lentera Pustaka. Mulai dari sponsor CSR koprorasi setiap tahunnya yang menanggung biaya operasional taman bacaan, bantuan revitalisasi kebun baca, motor pustaka , sepeda baca, dan donasi buku serta lembaga/komunitas yang berbakti sosial di taman bacaan. Inilah hakikat taman bacaan menjadi ladang amal semua orang.

 

Memang, menyantuni anak yatim  bukan amalan yang bersifat wajib. Tapi hukum menyantuni dan mengasihi anak-anak yatim adalah fardhu kifayah. Amalan yang harus ada pada setiap orang yang mampu. Untuk menghadirkan senyum dan perhatian kepada anak-anak yatim yang tidak lagi mendapat belaian kasih sayang dari seorang ayah.

 

Maka jangan abaikan kekuatan doa anak-anak yatim dan kaum jompo. Bila ingin sehat, dimudahkan rezeki, dan lancar segala urusan cukup santuni anak-aanka yatim dan kaum jompo sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Ketika dilakukan dengan istikomah, buktikan sendiri saja berkah dan khasiatnya. Karena TBM Lentera Pustaka sudah mengalami dan menjalaninya melalui program Yatim Binaan dan Jompo BInaan. Salam literasi. #TBMLenteraPustaka #YatimBinaan #JompoBinaan

 

Ikuti tulisan menarik Syarifudin lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler