Sistem Pengendalian Manajemen PT Sido Muncul Melalui Implementasi Audit Internal

Senin, 5 Juni 2023 14:23 WIB
Bagikan Artikel Ini
img-content0
img-content
Iklan
Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Artikel ini tentang bagaimana Sistem Pengendalian Manajemen yang dilakukan oleh PT Sido Muncul

Mutiara Pertiwi Widodo – 201011201671

Prodi S1 Akuntansi Universitas Pamulang

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sebelum mengetahui bagaimana Sistem Pengendalian Manajemen yang dilakukan PT Sido Muncul, kita harus memahami apa itu Sistem Pengendalian Manajemen.

Pengertian Sistem Pengendalian Manajemen

Sistem Pengendalian Manajemen adalah sebuah sistem dalam menentukan strategi yang nantinya akan diterapkan di perusahaan dan sebagai upaya untuk mencapai tujuan perusahaan melalui fungsi pengendalian setiap aktivitas yang terjadi.

Salah satu cara agar perusahaan berjalan sebagaimana mestinya dan mencapai tujuan organisasi yaitu dengan dilakukannya Pengendalian Internal seperti Audit Internal, yang dimana Audit Internal akan membantu manajemen mencapai kinerja yang baik dengan memperkenalkan pendekatan yang sistematis untuk mengevaluasi dan meningkatkan efektivitas pengendalian intern serta memberikan catatan atas kekurangan yang ditemukan selama melakukan evaluasi.

PT Industri Jamu Dan Farmasi Sido Muncul Tbk atau yang lebih dikenal dengan PT Sido Muncul adalah perusahaan yang bergerak dibidang industri jamu dan farmasi. PT Sido Muncul merupakan produsen jamu dan obat herbal modern dengan pangsa pasar terbesar di Indonesia.

Lantas bagaimanakah Sistem Pengendalian Manajemen yang dilakukan PT Sido Muncul untuk mempertahankan pangsa pasarnya melalui pengimplementasian Audit Internal?

Berikut adalah tugas dan tanggungjawab yang harus dilakukan Unit Audit Internal untuk keberlangsungan PT Sido Muncul :

  1. Membuat rencana audit tahunan berdasarkan risiko, rencana dan kebutuhan staf tahunan serta anggaran Unit Audit Internal untuk disetujui oleh Direktur Utama dan Komite Audit.
  2. Menilai kecukupan, menguji, dan mengevaluasi mekanisme pengendalian internal dan sistem manajemen risiko sesuai kebijakan perusahaan.
  3. Menilai efektivitas dan efisiensi dari prosedur pengendalian yang dijalankan di bidang keuangan, akuntansi, operasional, sumber daya manusia, pemasaran, dan teknologi informasi dan kegiatan lainnya.
  4. Memberikan saran perbaikan dan informasi yang objektif tentang kegiatan yang diperiksa pada semua tingkat manajemen.
  5. Unit Audit Internal bertanggung jawab untuk menyampaikan laporan atas aktivitas dan temuan audit kepada Direktur Utama dan Dewan Komisaris melalui Komite Audit.
  6. Memantau, menganalisis, dan melaporkan pelaksanaan tindak lanjut perbaikan yang telah disarankan.
  7. Unit Audit Internal bekerja sama dengan Komite Audit agar Komite Audit dapat menjalankan perannya sesuai dengan peraturan yang berlaku.
  8. Menyusun program untuk mengevaluasi mutu kegiatan audit internal.
  9. Melakukan pemeriksaan khusus apabila diperlukan.
  10. Unit Audit Internal bertanggung jawab untuk menjalankan penugasan yang bersifat ad-hoc yang diberikan oleh Direktur Utama atau Komite Audit sepanjang tidak mengandung benturan kepentingan.
  11. Kepala Audit Internal harus melakukan penilaian kecakapan, pemahaman dan pengetahuan staf audit sehubungan dengan pekerjaan audit yang akan dilakukan.

Berikut kegiatan Unit Audit Internal yang telah dilakukan PT Sido Muncul pada tahun 2022 :

  1. Melaksanakan Rencana Audit Internal tahunan.
  2. Melakukan kajian atas efektivitas sistem pengendalian internal, sistem manajemen risiko dan praktik tata kelola perusahaan, serta melakukan evaluasi atas efisiensi dan efektivitas operasional Perseroan.
  3. Menyampaikan dan mendiskusikan laporan audit internal kepada Komite Audit, Direksi dan manajemen senior.
  4. Memantau dan memastikan tindakan perbaikan telah dilaksanakan secara benar dan tepat waktu oleh manajemen.

 

sumber : www.sidomuncul.co.id

Bagikan Artikel Ini
img-content
Mutiara Pertiwi

Penulis Indonesiana

0 Pengikut

Baca Juga











Artikel Terpopuler











Terpopuler di Peristiwa

img-content
img-content
Lihat semua