Mengapa Anak Usia Sekolah Penting Diajari Menabung Sejak Dini?

Senin, 5 Juni 2023 19:48 WIB
Bagikan Artikel Ini
img-content0
img-content
Iklan
Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Di tengah pengaruh perilaku konsumtif dan era digital, anak-anak usia sekolah harus diajarkan pentingnya menabung sejak dini. Selain untuk melek finansial sekaligus edukasi mengelola keuangan untuk masa depan.

Di tengah pengaruh perilaku konsumtif dan era digital yang bikin kantong tipis, sangat penting anak-anak usia sekolah diajarkan menabung sejak dini. Dengan menabung, anak-anak menjadi lebih melek finansial. Bahkan menabung di bank bisa jadi solusi sebgaai tempat menyimpan uang, di samping tidak ada risiko hilang atau kemalingan. Anak-anak usia sekolah harus tahu keuntungan menabung di bank, seperti: 1) lebih aman dalam menyimapn uang, 2) bebas dalam bertransaksi, 3) lebih praktis dan simple, 4) dapat mengelola uang secara lebih terencana, 5) mendapatkan bunga, dan 6) mudah diambil untuk kebutuhan mendesak.

 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Maka sebagai bagian edukasi literasi finansial dan  tanggung jawab sosial, Bank Sinarmas menggelar edukasi tentang “Untungnya Menabung di Bank” ke anak-anak usia sekolah di Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Lentera Pustaka Bogor (4/6/2023). Tujuannya agar nantinya anak-anak usia sekolah dapat mengelola uang dengan lebih terencana. Kerena dengan menabung di bank, perencanaan keuangan bisa lebih terarah dan bermanfaat untuk kebutuhan di masa datang.

 

Di hadapan 50 anak dan orang tua, Syarifudin Yunus sebagai narasumber menjelaskan pentingnya menabung di bank sejak dini. Agar tidak perlu pusing mencari tempat menyimpan uang, di samping tidak ada risiko hilang atau kemalingan. Edukasi literasi finansial sejak dini, utamanya kepada anak-anak usia sekolah sekaligus memperkenalkan  fungsi bank untuk menabung. Karena itu, setiap anak di taman bacaan Lentera Pustaka dusah dilatih dan dibiasakan menabung via celengan.

 

Sebagai peraih penghargaan Anugerah CSR tahun 2022 dari IDX Channel untuk kategori “Sosial Development Initiatives” atas program “Peduli Gerakan Literasi dan Taman Bacaan”, Bank Sinarmas membuktikan komitmen dan kepedulian sosial terhadap gerakan literasi dan taman bacaan di Indonesia. Sejak tahun 2021, Bank Sinarmas telah membina TBM Lentera Pustaka sebagai laboratoriumm edukasi literasi finansial dan CSR (Corporate social Responsibility).

 

Melalui inisiatif dan dukungan CSR dari Bank Sinarmas, saat ini TBM Lentera Pustaka menjalankan 14 program literasi dari awalnya hanya 1 program saja, seperti  1) TABA (TAman BAcaan) dengan 130 anak pembaca aktif dari 3 desa (Sukaluyu, Tamansari, Sukajaya), 2) GEBERBURA (GErakan BERantas BUta aksaRA) dengan 9 warga belajar, 3) KEPRA (Kelas PRAsekolah) dengan 26 anak usia prasekolah, 4) YABI (YAtim BInaan) dengan 14 anak yatim yang disantuni dan 4 diantaranya dibeasiswai, 5) JOMBI (JOMpo BInaan) dengan 12 jompo usia lanjut, 6) TBM Ramah Difabel dengan 2 anak difabel, 7) Koperasi SImpan Pinjam dengan 28 kaum ibu agar terhindar dari jeratan rentenir dan utang berbunga tinggi, 8) DonBuk (Donasi Buku), 9) RABU (RAjin menaBUng), 10) LITDIG (LITerasi DIGital) untuk mengenalkan cara internet sehat, 11) LITFIN (LITerasi FINansial), 12) LIDAB (LIterasi ADAb),  13) MOBAKE (MOtor BAca KEliling), dan 14) Rooftop Baca. Tidak kurang 200 orang menjadi pengguna layanan TBM Lentera Pustaka setiap minggunya.

 

Ke depan, Bank Sinarmas berkomitmen untuk terus meningkatkan tanggung jawab sosial di gerakan literasi dan taman bacaan secara berkelanjutan. Agar kegiatan membaca buku di kalangan anak-anak tidak hilang sekalipun di era digital. Sebagai bank swasta nasional, Bank Sinarmas berkomitmen untuk selalu mendorong aktivitas literasi dan taman bacaan untuk bertumbuh, di samping memberikan edukasi literasi finansial untuk mengajarkan pentingnya menabung di bank. Salam literasi #BankSinarmas #TamanBacaan #TBMLenteraPustaka

Bagikan Artikel Ini

Baca Juga











Artikel Terpopuler











Terpopuler di Peristiwa

img-content
img-content
img-content
Lihat semua