x

Iklan

Syarifudin

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 April 2019

Selasa, 6 Juni 2023 09:15 WIB

Perlakukan Diri Sendiri dengan Cara Terbaik, Kenapa Harus Minder?

Banyak orang tidak percaya diri dan minder, kenapa? Mulailah untuk memperlakukan diri sendiri dengan cara terbaik

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Pernahkah Anda merasa rendah diri? Selalu tidak percaya diri. Merasa punya banyak kekurangan. Hingga merasa tidak selevel dengan orang lain. Akhirnya merasa minder, dirasuki rasa kurang berharga. Dari dulu hingga sekarang, masih saja low self-esteem. Terkendala secara psikologis.

 

Ujungnya, rasa tidak percaya diri bersemayam jadi mind set. Memvonis diri sendiri tidak sebanding. Pesimis lagi kurang menghargai diri sendiri. Wajar, siapapun yang merasa rendah diri akhirnya hidup dalam lingkaran keterpurukan. Lalu, menarik diri dari sosialisasi diri. Akibat gagal memperlakukan diri sendiri denagn cara yang baik.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

Faktanya, banyak orang mampu memuji dan menghormati orang lain. Tapi sayang, gagal untuk memuji diri sendiri. Gagal menghargai dirinya sendiri. Hingga lupa, bahwa dirinya sudah bersikap dan bertindak yang terbaik. Sudah melakukan apapun dengan benar. Hidup dengan cara-cara halal. Berbuat baik, tidak bergibah. Bahkan selali bertindak untuk tidak merugikan orang lain. Selalu menjaga diri tetap berada di jalan Allah SWT. Maka seharusnya, tidak ada alasan untuk merasa rendah diri. Kenapa harus minder bila sudah berperilaku baik?

 

Seperti yang dilakukan anak-anak TBM Lentera Pustaka di kaki Gunung Salak Bogor. Anak-anak yang tadinya tidak punya akses bacaan, kini rajin membaca buku. Tadinya mereka tidak berani untuk tampil ke panggung. Kini berani menari, bersenam-ria, bahkan membaca buku di taman bacaan. Anak-anak yang kini berani tampil percaya diri, sambil menjauhkan sikap rendah diri. Anak-anak yang ada di taman bacaan tidak hanya membaca buku. Tapi lebih dari itu, menjadi anak-anak yang mau belajar dan berani membuang jauh-jauh rasa tidak percaya diri. Berani tampil dan menghibur orang lain sebagai erbuatan baik. Sekaligus belajar tentang bagaimana memperlakukan diri sendiri dengan cara yang terbaik?

 

Maka perlakukan dirimu dengan cara yang terbaik. Karena setiap manusia adalah makhluk yang paling sempurna diciptakan Allah SWT. Bila belum mampu melakukan sesuatu, maka kita bisa belajar dan terus ikhtiar. Sama sekali tidak ada alasan untuk rendah diri, di mana pun dan kapan pun.

 

Apapun alasannya, mulailah dari sekarang. Untuk selalu menghargai diri sendiri. Buang jauh-jauh rasa rendah diri. Hindari merasa minder di manapun. Mulailah untuk memperlakukan diri sendiri dengan cara terbaik. Letakkan rasa percaya diri pada tempat yang seharusnya. Jangan takut melakukan yang baik, apalagi tidak merugikan lain.

 

Apapun yang baik dari diri kita letakkan pada tempat yang tepat. Tetaplah jadi pribadi yang lebih baik di waktu tersisa. Sambil terus ikhtiar untuk memperlakukan diri sendiri dengan cara terbaik. Karena  kalau bukan kita, siapa lagi? Salam literasi

 

Ikuti tulisan menarik Syarifudin lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu