x

Iklan

JON DONI

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 7 Juni 2023

Rabu, 7 Juni 2023 20:25 WIB

Banyak Parpol Gentar Ketika Kaesang Dicalonkan untuk Pemilihan Walikota

Ribuan baliho Puan ditebar di seantero pelosok di seluruh Indonesia. Bahkan katanya ini instruksi dari pengurus pusat partai kepada seluruh pengurusnya di daerah. Saat itu Ganjar Pranowo tidak dianggap, walau setiap jejak pendapat mengindikasikan keunggulannya dibanding bacapres lainnya. Tetapi realitas politik ternyata tidak seperti yang diinginkan oleh sementara elit PDIP. Puan Maharani tidak laku. Sehingga elit PDIP mesti menelan kenyataan pahit ini. Pada hari Kartini 21 April 2023 lalu terpaksa mereka mengumumkan Ganjar Pranowo sebagai bacapresnya, walau ini de-facto mengikuti jalan yang telah ditempuh oleh PSI terlebih dulu.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Bakala calon legislatif (Bacaleg) dari Partai Solidaritas Indonesia, Prima Utama Immanuel, dari Daerah Pemilihan (Dapil) 5 Jakarta (Duren Sawit, Jatinegara dan Kramat Jati) bingung dengan ketakutan para elite politik terkait pencalonan Kaesang sebagai Walikota.

Anehnya, selama ini PSI-lah yang menjadi batu penjuru perpolitikan di Indonesia. Pertama, soal pencalonan Ganjar Pranowo sebagai bacapres. Semua tahu persis bahwa tahun lalu (Oktober 2022) saat PSI mengumumkan hasil polling Rembuk Rakyat, PDIP masih getol-getolnya mempromosikan Puan Maharani.

Ribuan baliho Puan Maharani ditebar di seantero pelosok di seluruh Indonesia. Bahkan katanya ini instruksi dari pengurus pusat partai kepada seluruh pengurusnya di daerah. Saat itu Ganjar Pranowo tidak dianggap, walau setiap jejak pendapat mengindikasikan keunggulannya dibanding bacapres lainnya.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Tetapi realitas politik ternyata tidak seperti yang diinginkan oleh sementara elit PDIP. Puan Maharani tidak laku. Sehingga elit PDIP mesti menelan kenyataan pahit ini. Pada hari Kartini 21 April 2023 lalu terpaksa mereka mengumumkan Ganjar Pranowo sebagai bacapresnya, walau ini de-facto mengikuti jalan yang telah ditempuh oleh PSI terlebih dulu.

Tapi rupanya PDIP gengsi untuk mengakui kenyataan historis ini. Dengan alasan PSI telah mencalonkan kandidat yang bukan kader partainya, PDIP dengan sengaja tidak mengakui PSI saat perhelatan Ganjar selanjutnya.

Padahal saat itu PSI sekedar mengumumkan kehendak rakyat yang tertampung dalam Rembuk Rakyat. Hasilnya bukan kehendak elit PSI, tapi begitulah suara rakyat yang terpotret dalam hasil (jajak pendapat) Rembuk Rakyat wakti itu, apa boleh buat.

Lalu PSI dengan santainya mempromosikan kampanye baru, "Tegak Lurus Bersama Pak Jokowi". Kampanye ini rupanya menarik minat masyarakat. Ramai diperbincangkan publik, bahkan diikuti banyak kalangan.

Banyak pengamat politik menilai ini tawaran kampanye politik yang cerdas dan cerdik dari PSI. "Tegak Lurus Bersama Pak Jokowi" adalah respon cerdik yang bisa menjawab kekosongan relung politik Indonesia.

Relung kosong itu adalah mereka yang setuju dengan kandidatnya (Ganjar Pranowo) tapi enggan dengan parpolnya (PDIP). Mengingat reputasinya begitu jelek. Mereka jengkel dengan keangkuhan PDIP yang mau mengooptasi kandidat capres RI sebagai propertinya yang eksklusif. Siapa mau jadi relawan mesti daftar ke PDIP. Sebuah gestur politik yang sama sekali tidak simpatik di mata para pendukung Ganjar non-PDIP.

"Tegak Lurus Bersama Pak Jokowi" adalah perimbangan kekuatan politik non-partisan.

Selain itu adanya "keretakan" hubungan Jokowi dengan PDIP telah tercium juga oleh publik. Sabotase PDIP terhadap event Piala Dunia U20 yang bakal menjadi salah satu tonggak keberhasilan Jokowi berskala internasional jadi penyebabnya. Event berskala dunia yang telah dipersiapkan lama sekali itu dijegal PDIP secara mendadak. Olah raga jadi korban politisasi. Untunglah Jokowi tidak bikin front untuk melawan PDIP, suasana jadi tenang kembali. Walau tak dipungkiri Gibran masih sakit hati atas perlakukan PDIP terhadap bapaknya.

Saat mendaftarkan bacalegnya di Solo, Gibran Rakabuming Raka yang walikota itu menyambut kedatangan rombongan PSI di KPU Solo. Heboh. Gibran pun dipanggil ke kantor pusat PDIP di Jakarta. Singkatnya ia "diingatkan" bahwa dirinya adalah kader yang artinya juga sebagai "petugas partai" PDIP. Gibran santai saja. Walaupun ia lalu diberi tanggung jawab untuk memenangkan Ganjar. Tak jadi soal.

Kemudian kemarin PSI memasang baliho Kaesang Pangerep (adik Gibran) di Depok, dengan copywriting yang singkat tapi dianggap "mengancam" status-quo PKS, "PSI Menang, Walikota Kaesang". Maka wajarlah kalau PKS sampai meradang, selama hampir dua dekade mereka  menjadikan Depok sebagai "kantor pusat' PKS. Walau akibatnya Depok jadi semakin semrawut, macet dan beraroma sampah.

Ternyata yang sewot bukan hanya PKS. PDIP pun ikutan mengeluarkan pernyataannya yang aneh, kalau seorang anggota keluarga jadi anggota PDIP maka anggota keluarga lainnya pun mesti di PDIP-kan, kalau tidak bakal kena pecat seperti yang dialami pejabat (Bupati) di Maluku.

Tapi Kaesang malah menjawab pertanyaan wartawan bahwa fotonya yang untuk baliho di Depok itu ia sendirilah yang kirim ke PSI. Bahkan bilang juga bakalan all-out di sana. Nah lho!

Jadi sebenarnya ada apa dengan PDIP ya, friksi terus dengan PSI, sepertinya kok gentar sekali dengan setiap aksi politik PSI? PDIP yang selalu bereaksi terhadap aksi politik PSI. Sampai kader PDIP di Depok memerlukan untuk menyindir baliho "Tegak Lurus Bersama Pak Jokowi".

Ikuti tulisan menarik JON DONI lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler