x

Limbah Sayuran. Foto: Subekti/Tempo

Iklan

Adienda Afiansyah

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 8 Juni 2023

Kamis, 8 Juni 2023 13:37 WIB

Mengubah Limbah Dapur Menjadi Sumber Energi Biohidrogen

Permasalahan sampah organik yang tidak termanfaatkan serta pemakaian bahan bakar fosil di Indonesia yang sudah digunakan sejak dahulu menyebabkan kian langkanya persediaan bahan bakar. Untuk itu diperlukan langkah alternatif mengatasi kelangkaan bahan bakar fosil di Indonesia. Salah satu solusi yang dapat digunakan adalah biohidrogen.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Sebagai suatu kebutuhan, kita memerlukan sumber energi untuk bertahan hidup. Bahkan tanpa kita sadari, mungkin kita telah menggunakan energi lebih banyak dari yang diperkirakan. Dimulai dari kipas angin yang selalu menyala setiap hari, mengecas laptop serta smartphone, hingga kendaraan yang digunakan sehari-hari. Tapi, sadarkah kamu bahwa sebagian besar sumber energi yang kita gunakan berasal dari bahan bakar fosil yang jumlahnya sudah terbatas bahkan data menunjukkan produksi minyak dan gas semakin menurun dari tahun ke tahun hingga 2019. Begitu miris bukan? 

Di samping kebutuhan bahan bakar fosil sebagai energi harian, sampah dapur yang kita gunakan pun menjadi kebutuhan pengeluaran harian. Seiring dengan pertumbuhan populasi manusia, jumlah sampah yang dihasilkan juga semakin meningkat. Bahkan menurut databoks.katadata, negara Indonesia menduduki peringkat ke-2 setelah Arab Saudi dengan jumlah limbah dapur sekitar 300 kg per orang per tahun. Ini merupakan suatu pencapaian yang kurang baik sehingga kita perlu kurangi. Bahkan sebagai perbandingan, negara maju seperti Indonesia dapat menghasilkan 100 hingga 170 kg limbah dapur per kapita per tahun, artinya dua kali lebih banyak dari negara berkembang.

Coba kita bayangkan di 10 tahun mendatang, apabila limbah dapur dibiarkan dan terus menumpuk, maka akan mengakibatkan dampak buruk yang berkelanjutan, seperti bau yang tidak sedap, berpotensi menyebarnya penyakit, bahkan menjadi penyebab dalam meningkatnya suhu sehingga timbul pemanasan global. Di samping itu, penggunaan bahan bakar fosil yang digunakan terus menerus untuk bahan bakar minyak bagi kendaraan, mesin pertanian, dan alat industri lainnya pada suatu saat nanti akan habis. Oleh karenanya dibutuhkan suatu alat dan alternatif dalam mengelola hal ini, salah satunya dengan energi terbarukan yaitu biohidrogen. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sebagai alternatif dalam mewujudkan harapan baru untuk hidup keberlanjutan, tidak bergantung pada fosil dan memanfaatkan limbah dapur, biohidrogen menjadi salah satu alternatifnya. Biohidrogen merupakan sumber energi terbarukan yang dapat dihasilkan dari limbah organik. Hasil akhir dari produksi biohidrogen adalah gas hidrogen yang ketika digunakan sebagai bahan bakar tidak akan menghasilkan gas berbahaya, melainkan uap air.  Bahan utama dari biohidrogen ini menggunakan limbah dapur. Limbah dapur memiliki makromolekul yang tinggi sehingga dapat digunakan substrat dalam proses fermentasi dan berpotensi menghasilkan hidrogen yang lebih banyak. 

Prinsip yang digunakan dari biohidrogen ini adalah fermentasi yang melibatkan bakteri anaerob fakultatif dan anaerob obligat. Lalu alat yang digunakan dalam produksi hidrogen ini dapat dilakukan oleh masyarakat karena mudah dilakukan seperti gambar 2 di bawah. Adapun langkah yang dapat dilakukan untuk menerapkan konsep biohidrogen ini diantaranya memilah sampah dapur, lakukan pemecahan sampah dapur menjadi bagian yang lebih kecil, tambahkan kotoran sapi untuk membantu proses fermentasi, lalu lakukan tahap pemurnian dalam tabung fermentor dan sisa ampas  limbah dapat digunakan sebagai pupuk kompos.

Keunggulan dari biohidrogen ini selain menghasilkan hanya uap air saja, tetapi dapat digunakan dalam bidang industri seperti pembuatan pupuk, minyak goreng, makanan, dan bahan bakar. Selain itu manfaat yang dapat digunakan sebagai proses penghilangan sulfur pada bahan bakar yang bersumber dari fosil seperti bensin, minyak tanah, avtur, solar dan sebagainya.

Keunggulan diatas dapat menambah keingintahuan kita dalam rangka mencari alternatif lain untuk mengganti bahan bakar fosil yang kita gunakan dalam sehari hari dengan menggunakan biohidrogen. Solusi ini diambil karena bahan biohidrogen sendiri berasal dari sampah organik rumah tangga yang jumlahnya sangat banyak dan jika dibiarkan akan menimbulkan bencana. Jika sampah ini digunakan dalam pembuatan biohidrogen maka akan menghasilkan manfaat banyak dan dapat bermanfaat sehingga kehidupan dimasa yang akan datang dapat lebih berkelanjutan.

Referensi

Fadlil, F., Rochim B.C.,Wiratni B. (2019). Eksplorasi Produksi Biohidrogen dari Fraksi Organik Sampah Rumah Tangga dengan Penambahan Zat Aditif N,P dan K. 8(2), 1–9.

Fadlil, F., Cahyono, R. B., & Budhijanto, W. (2020). Eksplorasi Produksi Biohidrogen dari Fraksi Organik Sampah Rumah Tangga dengan Penambahan Zat Aditif N, P dan K. JURNAL KONVERSI, 8(2), 9.

Lidwina, Andrea. (2020). Total Limbah Makanan yang Dihasilkan Setiap Orang per Tahun. [Online] diakses dari: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/10/23/indonesia-hasilkan-limbah-makanan-kedua-terbanyak-di-dunia.

Panjaitan, B. S., Lestari, L., Setiawan, R. P. A., dan Tambunan, A. H. (2021). Potensi Produksi Biohidrogen Dari Limbah Biomassa Pada Proses Pencernaan Anaerobik. Agrointek : Jurnal Teknologi Industri Pertanian, 15(4), 1149–1158. https://doi.org/10.21107/agrointek.v15i4.12480.

Tarigan, et al. (2022). Pengaruh Perlakuan pH terhadap Produksi Biohidrogen dari POME dengan Pendekatan Statistik. Jurnal Keteknikan Pertanian, 10(3) hlm 319-327.

Yani, S., Nurjannah, N., Muhlis, M. (2022). Produksi Biohidrogen dari Sampah Organik Kulit Pisang dengan cara Fermentasi Anaerob dengan Peninjauan Analisa Ekonomi Sederhana. Journal of Chemical Process Engineering with Reviewing Simple Economic Analysis 7(1).

Ikuti tulisan menarik Adienda Afiansyah lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu