x

Iklan

Heru

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 28 Mei 2024

Rabu, 29 Mei 2024 21:50 WIB

Kurang Tidur Dapat Mempengaruhi Kesehatan Anda

Dalam masyarakat kita yang sibuk, kurang tidur mungkin tampak seperti hal yang lumrah. Anda juga mungkin tahu bagaimana rasanya kurang tidur atau kualitas tidur yang baik.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Dalam masyarakat kita yang sibuk, kurang tidur mungkin tampak seperti hal yang lumrah. Anda juga mungkin tahu bagaimana rasanya kurang tidur atau kualitas tidur yang baik. Anda mungkin merasa pusing atau mengantuk sepanjang hari berikutnya, dan Anda mungkin lebih mudah tersinggung dari yang biasanya. Akan tapi ini juga bukan satu-satunya dampak kurang tidur terhadap kesehatan Anda. 

Bagaimana Kurang Tidur Dapat Mempengaruhi Kesehatan Anda?

Tidur ini adalah salah satu hal yang sangat penting sekali untuk hampir semua sistem di tubuh Anda, mulai dari sistem kekebalan hingga fungsi otak Anda. Berikut juga adalah beberapa dampak kurang tidur terhadap Anda, terutama ketika sangat sering kesulitan untuk mendapatkan tidur yang cukup.

Sakit Kepala dan Migrain

Penelitian menunjukkan kurang tidur dapat menyebabkan sakit kepala, termasuk sakit kepala tegang dan sakit kepala cluster. Kurang tidur juga dapat memicu migrain atau meningkatkan intensitasnya.

Nyeri Sendi

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Kurang tidur dapat meningkatkan kemungkinan mengalami nyeri sendi. Dan kurang tidur juga dapat meningkatkan nyeri artritis. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa kurang tidur dapat meningkatkan peradangan di tubuh. Peradangan juga adalah faktor kunci nyeri yang berhubungan dengan arthritis.

Peningkatan Sensitivitas Nyeri

Anda mungkin sensitif terhadap rasa sakit setelah kurang tidur. Penelitian meminta partisipan untuk menjalani 24 jam tanpa tidur. Setelah itu, peneliti menguji toleransi rasa sakit partisipan. Hasilnya ini menunjukkan kurang tidur ini dapat menurunkan ambang nyeri dan meningkatkan sensitivitas nyeri.

Risiko Penyakit Jantung Lebih Tinggi

Kurang tidur ini sendiir telah sangat sering dikaitkan dengan risiko penyakit jantung yang lebih tinggi, termasuk risiko serangan jantung atau stroke di masa depan. Hal yang satu ini juga mungkin terjadi karena kurang tidur dikaitkan dengan faktor lain yang meningkatkan risiko penyakit jantung, seperti:

- Tekanan darah tinggi.

- Tingkat kortisol yang lebih tinggi, hormon stres.

- Diabetes.

Tekanan Darah Tinggi

Jika Anda kurang tidur, maka Anda mungkin juga memiliki risiko yang jauh lebih tinggi untuk terkena tekanan darah tinggi. Hal ini mungkin terjadi karena ketika Anda kurang tidur, sistem saraf simpatik Anda menjadi lebih aktif. Pada saat lebih aktif, tekanan darah dan detak jantung Anda ini meningkat.

Gangguan Fungsi Sistem Kekebalan Tubuh

Tidur ini berperan dalam kemampuan sistem kekebalan tubuh untuk berfungsi dengan baik. Kurang tidur dapat membuat tubuh lebih sulit melawan infeksi. Dan kurang tidur mungkin berperan dalam risiko terkena kondisi autoimun. Penyakit autoimun ini menyebabkan sistem kekebalan tubuh rusak dan mulai menyerang dirinya. Peneliti juga yakin kurang tidur bisa dikaitkan dengan penyakit seperti:

- Artritis reumatoid.

- Spondilitis ankilosa.

- Lupus.

Peningkatan Risiko Penyakit Ginjal

Kurang tidur ini sendiri dapat berkontribusi terhadap risiko terkena penyakit ginjal kronis yang juga sangat berbahaya untuk tubuh. Ginjal membantu menyaring bahan limbah dan cairan ekstra dari darah Anda. Namun jika ginjal berhenti bekerja sebagaimana mestinya, Anda bisa terkena penyakit ginjal kronis. Kurang tidur dan kualitas tidur yang buruk ini juga meningkatkan risiko penyakit ginjal.

Resistensi Insulin dan Risiko Diabetes Lebih Tinggi

Tidur membantu tubuh Anda menjaga keseimbangan kadar glukosa darah (gula darah). Kurang tidur ini sendiri dapat mengganggu keseimbangan dan menyebabkan resistensi insulin. Dan karena tidur berdampak pada gula darah, kurang tidur ini dapat meningkatkan risiko terkena diabetes tipe 2. Jika Anda sudah menderita diabetes, kurang tidur juga dapat membuat gejalanya lebih sulit dikendalikan.

Meningkatnya Rasa Lapar

Jika Anda tiba-tiba merasa lapar sepanjang waktunya, maka mungkin ini saat yang memperhatikan jadwal tidur Anda. Jika Anda kurang tidur, hal ini dapat menyebabkan rasa lapar meningkat. Kurang tidur ini sendiri juga membuat Anda cenderung lebih tertarik pada makanan berkalori tinggi yaitu:

- Manis.

- Asin.

- Bertepung.

Meski lezat, camilan ini tidak memberi Anda energi. Akibatnya, Anda akan lebih cepat merasa lapar.

Pertambahan Berat Badan

Tidak sepenuhnya jelas bagaimana kurang tidur dapat berkontribusi terhadap berat badan. Namun peneliti ini percaya kurang tidur menjadi faktor kenaikan berat badan. Dan itu membuat penurunan berat badan menjadi sulit. Ini karena kurang tidur menurunkan kadar leptin. Leptin adalah hormon yang membantu merasa kenyang. Selain itu, kurang tidur ini bisa membuat menginginkan jauh lebih banyak camilan yang berkalori tinggi ini. Hal satu ini dapat menyebabkan penambahan berat badan.

Peningkatan risiko depresi berat 

Kurang tidur adalah salah satu yang dapat meningkatkan risiko depresi berat. Depresi berat sendiri juga adalah sebuah kondisi kesehatan mental serius yang bisa menimbulkan gejala seperti berikut:

- Merasa sedih, hampa, atau sedih hampir sepanjang waktu.

- Kehilangan minat pada aktivitas yang Anda sukai.

- Merasa bersalah atau tidak berharga.

- Makan jauh lebih banyak atau lebih sedikit dari yang biasanya.

- Tidur lebih atau kurang dari biasanya.

- Sebuah penelitian mengamati risiko depresi pada remaja ketika mereka tidur 6 jam atau kurang setiap malam. Para peneliti menemukan hal ini meningkatkan risiko depresi setidaknya 25%.

Demikian ulasan tentang Kurang Tidur seperti yang dilansir alexistogel , semoga bermanfaat 

Ikuti tulisan menarik Heru lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler