Menyelami Keindahan Paludarium: Menggabungkan Akuarium dan Terrarium dalam Satu Ekosistem

Sabtu, 1 Juni 2024 06:42 WIB
Bagikan Artikel Ini
img-content0
img-content
Iklan
img-content
Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Paludarium bisa menjadi sarana estetika hiasan ruangan dan relaksaksi karena menghadirkan suasana asri dan indah ke dalam ruangan. Selain itu bisa menjaid sarana edukasi mengenalkan ekosistem darat dengan air serta melatih pembuatnya untuk bersabar, akurat, tekun, dan kreatif.

Dalam dunia penghobi alam, Paludarium merupakan salah satu pilihan menarik yang memadukan elemen air dan darat dalam satu ekosistem yang harmonis. Istilah Paludarium berasal dari gabungan kata dalam bahasa Latin palus yang berarti rawa, dan arium yang berarti wadah. Media Penggabungan unsur air, darat, dan udara di dalam suatu wadah atau ruang tertutup ditambah dari komponen biotik dan abiotik cocok untuk seni interior pemanis sudut rumah atau perkantoran.

Paludarium tidak hanya menjadi hobi namun biasanya dibuat murni untuk tujuan dekoratif, seperti dekorasi rumah. Namun, beberapa orang menggunakannya untuk tujuan ilmiah, untuk mempercepat reproduksi hewan, atau untuk mendorong pertumbuhan tanaman dalam akuarium, seperti vegetasi akuarium. Adapun Tepi sungai, rawa, pantai, dan hutan hujan tropis adalah beberapa contoh tema lingkungan. Tema-tema ini dibuat dengan cara yang hanya sedikit mirip dengan aslinya dikarenakan terlalu banyak detail.

Paludarium

Paludarium biasanya hanya diisi sebagian dengan air-kira-kira setengah hingga 25% dari total volume wadah yang digunakan. Sehingga, beragam makhluk air dan darat yang dapat tinggal. Adapun komponen dalam paludarium adalah Aquarium dan Terarium. untuk bagian Aquarium (Air) bisa di isi dengan tanaman air, ikan, dan jenis hewan amphipi sedangkan untuk bagian Terarium (darat) menggunakan media tanah dan tanaman atau tumbuhan.

Dalam menghubungkan transisi antara air dan darat dapat diberi bentuk bentang alam dalam ukuran mini atau tebing. Dalam pembuatannya dapat di kreasikan sesuai kreativitas bisa berupa potongan air terjun, lembah, atau sungai. 

Peralatan yang digunakan untuk membuat paludarium bervariasi tergantung pada kebutuhan, keinginan, dan kreativitas pembuatnya. Untuk Pemula bisa dengan mudah membuat paludarium dengan menyiapkan bahan-bahan dan alatnya terlebih dahulu. Tangki Kaca/Aquarium berukuran sedang, Tanaman air dan tanaman darat, Subrat atau media tanam, kerikil, pasir, Drifwood atau kayu apung, dan pelengkap bisa ditambahkan ikan hias. Sebelum ke tahap pelaksanaan, poin yang tidak kalah penting adalah merencanakan dan mendesain tema, bisa dengan mencari-cari sumber referensi keindahan alam yang asli.

Teknik menyusun Paludarium, bisa diawali dengan membuat tebing pemisah daratan dan air, lalu membuat bagian akuatik dengan menambahkan kirikil, pasir, dan drifwood untuk mempercantik, selanjutnya siapkan media tanam berupa tanah humus hitam yang kaya bahan organik dan unsur hara untuk di tempelkan di diding kaca menyatu dengan bagian batu-batu besar yang menjadi tebing tersebut, setelah semua tersusun beri tanaman atau tumbuhan berupa lumut di bagian tanah sesuai kriteria kebutuhan air pada tanaman tersebut. jika dibutuhkan banyak air maka ditempatkan di bagian bawah atau dekat bagian air. Tahapan terakhir setelah semua komponen tersusun beri air secara perlahan menggunakan kain/tisu supaya komponen yang telah dibuat tidak rusak.

Manfaat Positif bagi penikmat Paludarium adalah sebagai sarana estetika hiasan ruangan, sarana relaksaksi dengan menghadirkan suasana asri dan indah dalam ruangan,dan sarana edukasi mengenalkan ekosistem darat dengan air serta melatih pembuatnya untuk bersabar, akurat, tekun, dan kreatif.

Dengan berbagai manfaat tersebut, paludarium tidak hanya memperkaya estetika ruangan, membawa keindahan alam, tetapi juga menawarkan pengalaman yang menenangkan dan mendidik. Bagi para penggemar, paludarium adalah cara yang sempurna untuk menggabungkan hobi dengan seni dan ilmu pengetahuan. Mari kita mulai petualangan menarik ini dan nikmati keajaiban alam yang dapat kita ciptakan sendiri di dalam paludarium kita.

 

Bagikan Artikel Ini
img-content
Farida Azzahra

Penulis Indonesiana

0 Pengikut

Baca Juga











Artikel Terpopuler