Mengapa Literasi Kian Penting di Era Kini dan Masa Depan?

Jumat, 31 Mei 2024 14:08 WIB
Bagikan Artikel Ini
img-content0
img-content
Iklan
Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Tanpa literasi, generasi muda mengalami kesulitan dalam mengakses pengetahuan dan informasi. Tingatkan literasi, tingkatkan kualitas hidup membaca!

Literasi adalah kemampuan membaca, menulis, memahami dan menggunakan informasi secara efektif. Kemampuan ini memungkinkan kita untuk mengakses, memahami, dan menggunakan informasi secara efektif, yang sangat bermanfaat dalam berbagai aspek kehidupan. Meningkatkan kemampuan literasi memerlukan waktu dan usaha, namun manfaatnya tidak terukur. Selain itu, peningkatan kemampuan literasi bermanfaat tidak hanya individu, tetapi juga bagi masyarakat secara keseluruhan.

Setiap hari, kita dibombardir dengan informasi dari berbagai sumber, mulai dari media sosial, situs berita, dan platform online lainnya. Namun, di tengah lautan informasi yang luas ini, tidak semua informasi akurat dan relevan. Banyak berita hoax, informasi palsu, dan konten negatif yang beredar. Tanpa literasi yang baik, kita dapat dengan mudah tersesat dan terpengaruh oleh informasi yang salah. Masyarakat yang memiliki tingkat literasi tinggi umumnya lebih progresif, demokratis dan sejahtera. Literasi ibarat kunci yang membuka pintu peluang baru dalam hidup. Di era digital yang setiap harinya selalu berkembang pesat, sejumlah informasi dapat diperoleh dengan mudah melalui internet dan media sosial. Meskipun hal ini mempunyai beberapa manfaat, hal ini juga menimbulkan beberapa tantangan. Kita perlu memiliki kemampuan untuk memilah dan memilih informasi yang akurat, terpercaya, dan relevan. Kemampuan ini hanya dapat diperoleh melalui literasi.

 

Mengapa Literasi Kian Penting di Era Kini dan Masa Depan?

  1. Persaingan global yang semakin ketat: Di era globalisasi, persaingan di berbagai bidang semakin ketat. Untuk bertahan di dunia yang kompetitif ini, kita memerlukan keterampilan dan pengetahuan yang tepat. Kemampuan ini hanya dapat diperoleh melalui menukis dan membaca.
  2. Akses terhadap kekayaan informasi, Di era digital, imformasi banyak tersedia dan sangat mudah diakses melalui internet dan media sosial. Mesikpun mempunyai banyak manfaat, hal ini juga menghadirkan tantangan. Oleh karena itu, Anda harus bisa memilih informasi yang akurat, dapat dipercaya dam tentunya relevan. Kemampuan ini hanya dapat diperoleh melalui literasi.
  3. Membangun jaringan dan komunitas literasi, memungkinkan Anda membangun jaringan dan komunitas dengan orang-orang yang memiliki minat yang sama, baik secara online maupun offline. Hal ini dapat membantu kita menemukan teman baru, dan peluang baru.
  4. Komunikasi efektif, Keterampilan membaca dan menulis membantu kita berkomunikasi menjadi lebih efektif, baik secara lisan maupun tertulis. Hal ini penting dalam kehidupan sehari-hari, dunia kerja, dan interaksi sosial.
  5. Masa Depan Cerah, Literasi menjadi landasan untuk membangun generasi cerdas, kritis, dan kreatif yang siap menghadapi tantangan masa depan. Literasi menjadi kunci untuk membuka pintu menuju masa depan yang lebih baik. Namun saat ini Indonesia sedang menghadapi krisis literasi. Banyak anak muda yang lebih memilih menghabiskan waktunya dengan bermain gadget dibandingkan membaca buku.

 

Kenapa generasi muda malas membaca buku?

  1. Mahalnya harga buku, Mahalnya harga buku menjadi salah satu kendala generasi muda dalam membeli dan membaca buku.
  2. Rendahnya budaya literasi, maka perlu dilaksanakan kegiatan membaca bersama di semua sekolah agar generasi muda tidak mengabaikan membaca di kemudian hari.
  3. Sulitnya mencari suasana yang nyaman dan membaca di tempat yang bising menyebabkan sulit berkonsentrasi dan kehilangan motivasi dalam kegiatan membaca. Maka dari itu, Anda memerlukan tempat yang nyaman untuk meningkatkan semangat membaca buku.

 

Manfaat membaca buku:

  • Meningkatkan kemampuan berpikir kritis, Membaca buku akan membantu Anda menganalisis dan membuat keputusan yang lebih akurat.
  • Memperluas pengetahuan dan wawasan, Membaca buku memungkinkan Anda mempelajari hal-hal baru dan memperluas pengetahauan.
  • Meningkatkan kemampuan berimajinasi, Membaca buku membantu meningkatkan imajinasi dan kreativitas.
  • Menghilangkan stres, membaca buku akan membantu Anda melupakan masalah dan membuat hidup Anda menjadi tenang dan damai.

Hal-hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan minat membaca generasi muda:

  • Membuat program literasi, Pemerintah, sekolah dan komunitas perlu bekerja sama untuk menciptakan program literasi yang dapat membangkitkan minat membaca generasi muda.
  • Mempermudah akses buku dan membangun taman baca di setiap lingkungan agar generasi muda tertarik membaca dan sekaligus bersantai.
  • Memanfaatkan teknologi, Teknologi dapat digunakan alat untuk meningkatkan minat membaca generasi muda, misalnya melalui akses e-book dan audio book.

 

Dengan meningkatkan literasi, kita dapat menjadi generasi yang cerdas, kritis dan juga kreatif. Tanpa literasi, generasi muda mengalami kesulitan dalam mengakses pengetahuan dan informasi. Hal ini dapat membatasi wawasan, kesulitan dalam belajar dan membuat Anda tidak siap dalam menghadapi dunia kerja. Kita perlu terus belajar, meningkatkan kemampuan literasi, dan memanfaatkan teknologi bersama-sama untuk membangun budaya literasi di Indonesia.

Mari kita jadikan Indonesia sebagai negara yang gemar membaca!

Membaca buku tidaklah membosankan. Kini kita bisa mengakses melalui e-book, jadi tidak ada alasan lagi untuk bermalas-malsan membaca buku fisik. Ingatlah bahwa membaca buku memiliki banyak manfaat. Tingatkan literasi, tingkatkan kualitas hidup membaca!

                                                                                  

Bagikan Artikel Ini
img-content
Marcelina Putri Widayanto

Penulis Indonesiana

0 Pengikut

Baca Juga











Artikel Terpopuler











Terpopuler di Peristiwa

img-content
img-content
img-content
img-content
Lihat semua