x

Iklan

Farkhah Rifa

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 30 Mei 2024

Jumat, 31 Mei 2024 14:09 WIB

Mengenal Kurikulum Merdeka 2024

kurikulum merdeka ini adalah Program pengembangan kurikulum pendidikan yang dirancang dan diimplementasikan di Indonesia, Kurikulum merdeka adalah kurikulum yang peserta didik dapat memilih mata pelajaran sesuai minat dan kemampuannya.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Pada saat ini Kurikulum 2013 sudah terganti oleh kurikulum merdekaa dimana kurikulum merdeka ini adalah Program pengembangan kurikulum pendidikan yang dirancang dan diimplementasikan di Indonesia . Kurikulum merdeka adalah kurikulum yang peserta didik dapat memilih mata pelajaran sesuai minat dan kemampuannya. Dapat dikatakan bahwa kurikulum cenderung mengutamakan pembelajaran di dalam kurikulum.

Selain mengambil mata pelajaran IPA, mahasiswa juga dapat mengambil mata pelajaran interdisipliner seperti IPS, dan sebaliknya. Dengan cara ini, siswa dapat memperdalam konsepnya dan meningkatkan keterampilannya. Selain itu, guru mempunyai kebebasan untuk menciptakan pembelajaran berkualitas tinggi yang mempertimbangkan kebutuhan siswa dan lingkungan belajar.Terutama sejalan dengan konteks yang muncul untuk memulihkan pembelajaran pasca pandemi.sehingga kurikulum merdeka ini memberikan waktu yang cukup bagi siswa untuk memperdalam konsep dan memperkuat keterampilannya.

 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 Terdapat data Asesmen nasional tahun 2021-2023 ini sudah menunjukan dampak positif untuk penerapan kurikulum merdeka. Pada awalnya Kurikulum Merdeka ini sudah diterapkan di 3.000 sekolah , lalu pada tahun 2022 sudah berkembang menjadi 140.000 sekolah , tetapi masing-masing sekolah ini harus menjalankan Implementasi Kurikulum Merdeka terlebih dahulu sesuai dengan tingkatan kesiapannya sekolah tersebut . nah terkait hal ini , Pemerintah sudah bisa menetapkan Kurikulum merdeka ini secara nasional agar memberikan kepastian arah kebijakan pendidikan pada saat ini.

Kurikulum sudah resmi menjadi Kurikulum Merdeka yang sudah ditetapkan pada 26 Maret 2024, adapun sekolah yang belum beralih menetapkan Kurikulum Merdeka di sekolah paling lambat pada tahun ajaran 2026/2027 dan khusus sekolah di wilayah daerah Tertinggal, Terdepan dan Terluar (3T) paling lambat pada tahun ajaran 2027/2028. Kurikulum Merdeka resmi ditetapkan sebagai kurikulum nasional mulai tahun ajaran baru 2024/2025. Namun, implementasinya tetap bergantung pada kesiapan satuan pendidikan di jenjang pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, hingga pendidikan menengah. Ada masa transisi hingga maksimal tiga tahun ke depan.dapat dikutip dari laman Kemendikbud, terdapat 309.149 sekolah yang sudah terdaftar dan angka ini meliputi 80% sekolah diindonesia yang mengimplementasikan kurikulum merdeka Hingga 2023

 

Rabu, 27 Maret 2023 telah tayang melalui Youtube KEMENDIKBUD RI " Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran". Pada tayangan tersebut telah disampaikan oleh laporan kepala badan Standar, Kurikulum dan Asesmen Nasional, Anindito telah menerbitkan peraturan Mendikbudristek No.12 Tahun 2024 Tentang Kurikulum PAUD , Jenjang Pendidikan Dasar , Jenjang Pendidikan Menengah guna Memberikan fleksibilitas dan fokus pada konten esensial untuk mengembangkan kemampuan siswa sebagai pembelajar sepanjang hayat yang berkarakter Pancasila.Kurikulum mandiri memuat kerangka dan struktur dasar kurikulum. Struktur kurikulum meliputi intra-kurikulum dan ko-kurikulum. Kegiatan Ekstrakurikuler Minimal merupakan proyek untuk meningkatkan visibilitas Pancasila.

Prinsip utama kurikulum Merdeka adalah berpusat pada siswa, dengan penekanan pada perkembangan anak secara holistik dan penekanan pada pengembangan kemampuan dan karakter siswa. Kurikulum Merdeka memudahkan guru untuk bersikap berpusat pada siswa, seperti fokus pada materi yang diperlukan, dan guru tidak perlu terburu-buru saat mengajar karena materi setiap mata pelajaran lebih sedikit.Kurikulum ini memuat pembelajaran intrakurikuler yang beragam di mana konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi. Guru memiliki keleluasaan untuk memilih berbagai perangkat ajar sehingga pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat peserta didik.

Kurikulum Merdeka memiliki 3 Program diantaranya yang pertama Mengembangkan soft skill membantu Peserta didik untuk mengembangkan pemikiran kritis, kreativitas, komunikasi, dan kepemimpinan guna Bertujuan untuk menciptakan lulusan yang mampu beradaptasi terhadap perubahan dan berkembang. Kedua Pembelajaran Berbasis Proyek ,Siswa berpartisipasi dalam proyek nyata.pada Hal ini dirancang untuk membantu siswa memperoleh keterampilan praktis yang secara langsung dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.Dan terakhir Fleksibilitas dan Kemandirian ,jadi Siswa memilih jalur belajar sesuai minatnya, berharap hal ini dapat membantu seluruh mahasiswa mewujudkan potensi maksimalnya dan menghasilkan lulusan yang lebih beragam dan kompetitif.

Keunggulan Kurikulum Merdeka Bagi Sekolah ketika menerapkan kurikulum baru tersebut.Pada dasarnya, ada beberapa manfaat yang dapat diperoleh sekolah dengan memperkenalkan pembelajaran mandiri. Sekolah mempunyai hak untuk mengembangkan, mengelola dan memutuskan sistem pembelajaran yang sesuai dengan karakteristiknya.sekolah menerima dukungan pemerintah dalam menerapkan kurikulum ini.Sekolah dapat mengukur sendiri tingkat kesiapannya dalam menerapkan kurikulum ini.

Adapun Contoh Penerapan Kurikulum Merdeka ,saat ini Setiap sekolah mempunyai kewenangan untuk menentukan kurikulumnya sendiri berdasarkan kebutuhan dan karakteristik siswanya. Contoh metode pembelajaran yang dapat diterapkan adalah penggunaan media video. Media video lebih menarik karena merangsang minat siswa dalam memahami konsep pendidikan yang sangat kompleks seperti matematika dan sains. Siswa lebih mudah memahami representasi visual dibandingkan buku teks. Selain menggunakan media pembelajaran interaktif, kurikulum baru ini juga dapat diterapkan melalui permainan edukatif yang mendorong siswa berpikir kreatif dan berkolaborasi.

Ikuti tulisan menarik Farkhah Rifa lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler