Gelar Asesmen Berbasis Proyek di SMKN 7 Jember Ciptakan Dampak Positif bagi Siswa

Jumat, 7 Juni 2024 01:09 WIB
Bagikan Artikel Ini
img-content0
img-content
Iklan
Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

SMKN 7 Jember dengan bangga mempersembahkan Gelar Asesmen Berbasis Proyek, sebuah terobosan inovatif dalam dunia pendidikan yang dirancang untuk mengukur pemahaman siswa secara komprehensif dan mendalam. Gelar Asesmen Berbasis Proyek di SMKN 7 Jember menantang siswa untuk menerapkan pengetahuan dan keterampilan dalam menyelesaikan proyek-proyek kreatif.

SMKN 7 Jember terus berinovasi dalam meningkatkan kualitas pembelajarannya. Salah satunya adalah penyelenggaraan gelar asesmen berbasis proyek yang unik dan menarik. Asesmen ini dirancang untuk mengukur pemahaman siswa secara komprehensif dan mendalam, dengan memanfaatkan proyek-proyek kreatif dan relevan dengan kehidupan nyata.

Berbeda dengan asesmen tradisional yang berfokus pada tes tertulis, asesmen berbasis proyek mendorong siswa untuk menerapkan pengetahuan dan keterampilan mereka dalam menyelesaikan masalah. Asesmen berbasis proyek ini sangat efektif meningkatkan rasa tanggung jawab dan kreatifitas siswa. Proyek yang dijadwalkan dalam kurun waktu tertentu ini mendorong siswa untuk menerapkan pengetahuan dan keterampilan mereka dalam menyelesaikan masalah dan menciptakan solusi yang inovatif. Seperti yang dilakukan oleh Siti Mawadati sebagai guru bahasa Indonesia. Dia memberikan tugas proyek berupa penampilan drama yang berasal dari sebuah cerpen perjuangan. “Saya tidak menyangka kreatifitas anak-anak begitu beragam. Mulai dari proses bimbingan pemahaman cerpen dan penyusunan naskah drama anak-anak sangat antusias”, ujarnya.

Siswa SMKN 7 Jember Menampilkan Drama Perjuangan

Kreatifitas siswa juga nampak pada proyek PJOK. Vivi Foni, guru mata pelajaran tersebut mengatakan bahwa pada materi beladiri peserta didiknya memilih pencak silat sebagai materi proyek. Setelah siswa mengikuti pembelajaran tentang gerakan dasar silat, mereka berkelompok menciptakan gerakan regu kreatif.

Siswa SMKN 7 Jember menciptakan gerakan kreatif pencak silat beregu

Asesmen seperti ini memungkinkan siswa untuk mengeksplorasi minat dan bakat mereka, bekerja sama dengan tim, dan mengembangkan berbagai keterampilan penting, seperti keterampilan berpikir kritis, keterampilan komunikasi, keterampilan berkolaborasi, keterampilan kreatif, dan keterampilan memecahkan masalah. Semua keterampilan ini akan sangat bermanfaat kelak ketika mereka terjun ke dunia kerja dan dalam kehidupan bermasyarakat.

Gelar asesmen berbasis proyek di SMKN 7 Jember telah menghasilkan berbagai dampak positif bagi para siswanya, di antaranya meningkatkan kreatifitas siswa, kemampuan berkolaborasi, dan juga meningkatkan rasa percaya diri mereka. Asesmen ini menunjukkan bagaimana pendidikan dapat menjadi lebih menarik, menantang, dan bermanfaat bagi para siswa.

Bagikan Artikel Ini
img-content
Pipiet Palestin Amurwani

Penulis Indonesiana

0 Pengikut

Baca Juga











Artikel Terpopuler











Terpopuler di Peristiwa

img-content
img-content
img-content
Lihat semua