Saatnya Kaum Perempuan Mengenal Diri Lebih Dekat

Sabtu, 8 Juni 2024 14:16 WIB
Bagikan Artikel Ini
img-content0
img-content
Iklan
img-content
Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Jika individu memandang bahwa ia memiliki kemampuan mengatasi masalah, yang akan terbentuk adalah self concept yang baik atau positif. Demikian sebaliknya. Ini semua tentang self concept alias konsep diri.

Memabangun Pengetahuan dan Pemahaman tentang Self Concept

Apakah kamu pernah mendengar istilah self concept atau konsep diri? Ulasan artikel ini akan membahas betapa pentingnya mengenal dan membangun self concept, bagi perempuan. Self concept (konsep diri) diartikan sebagai, cara dan sikap seorang individu dalam memandang dirinya sendiri, yang mencakup aspek fisik dan psikis. Misalnya, terkait dengn karakteristiknya sebagai seorang individu itu sendiri, bagaimana tingkah laku dan perbuatannya, kemampuan dan kekuatan yang dimiliki, kelemahan juga kegagalan yang ada pada diri sendiri.

Sementara itu, beberapa ahli juga memberikan pandangannya terkait self concept yng cukup menarik seperti :

  1. Menurut Budi Anna Keliat, bahwa yang dimaksud dengan self concept yaitu cara pandang individu dalam memandang dirinya sendiri, baik secara utuh, fisikal, intelektual, emosional, spiritual, maupun sosial.
  2. Menurut Gail Wiscarz Stuart dan Sandra J. Sundeen, bahwa yang dimaksud self concept yaitu segala pikiran, keyakinan, dan kepercayaan yang diketahui oleh individu terhadap dirinya sendiri dan itu memengaruhi hubungan dirinya dengan individu lain.

Ada  hal yang cukup menarik dan penting mengenai self concept. Jika individu memandang, bahwa ia memiliki kemampuan dalam mengatasi masalah yang dihadapinya, maka yang akan terbentuk adalah self concept yang baik atau positif. Sebaliknya, jika individu menganggap bahwa dirinya tidak mampu atau dalam artian pesimis sebelum mencoba, kegagalan, juga hal buruk lain pada dirinya, maka, yang akan terbentuk adalah self concept negatif pada individu tersebut.

Mengutip dalam ulasan artikel yang dimuat dalam Verry Well Mind. Secara sederhana, konsep diri adalah citra diri yang individu miliki tentang dirinya sendiri. Tentu, self concept yang perlu dibangun dan dimiliki oleh setiap individu, termasuk perempun adalah konsep diri positif. Namun yang menjadi pertanyaan kita bersama adalah, “Apakah para perempuan sudah memiliki pengetahun untuk mengenal dan membangun self concept positif dalam dirinya?”

Juga pertanyaan tentang, “Bagaimana dampak yang terjadi jika ternyata perempuan tidak bisa membangun dan mengetahui self concept yang dimiliki?”

Juga pertanyaan terkait, “Mengapa sebegitu pentingnya bagi perempuan memiliki self concept positif?”

Melalui pemahaman yang tepat terkait self concept bagi perempuan, maka akan mendorong para perempuan untuk mencapai potensi terbaik yang mereka miliki, pemberian kontribusi dalam dalam membangun asa-asa yang mulia, dan menjadi kunci dalam membangun peradaban yang bermartabat.  Peran penting yang dimiliki oleh perempun yang juga sebagai pembina, pendidik tunas muda, dan tiang sebuah negara sudah barangkali menjadi jawaban mutlak kenapa perempuan harus dan perlu memiliki self concept positif.

Bisa dibayangkan, bagaimana perempuan yang memegang perannya sebagai seorang pembina, pendidik, dan tiang sebuah negara sama sekali acuh, tidak peduli, dan memiliki self concept yang rendah, kurang, atau buruk atas dirinya sendiri? Beberapa hal yang akan terjadi adalah:

  1. Merugikan diri sendiri, generasi yang dilahirkannya, bahkan orang-orang disekitar ia berada.
  2. Tidak mampu memimpin dirinya sendiri juga orang lain.
  3. Mudah terlibat konflik, baik konflik personal, sosial, bahkan aspek yang lebih luas.
  4. Memiliki rasa ketidakpercayaaan diri dan harga diri yang rendah.
  5. Memiliki motivasi dan semangat yang limited.
  6. Kesulitan untuk menjadi manusia utuh yang bertumbuh, dst.

Self concept bagi perempuan seperti apa yang perlu dibangun? Self concept pada dasarnya akan selalu berkembang, seiring dengan banyaknya pengetahuan yang diperoleh, seringnya interaksi dan hubungan yang dibangun dengan individu lain, juga pengalaman dan makna yang diberikan dalam kehidupan. Self concept, bisa saja berubah, maka penting untuk senantiasa ikut terlibat aktif dalam meninjau dan mengevaluasi, apakah perubahan tersebut sesuai, relevan, dan masih bisa dipertahankan.

Beberapa hal yang bisa para perempuan lakukan dalam membangun self concept, di antaranya dengan mempertimbangkan dan mempertahankan 3 komponen penting di dalamnya yang mencakup:

1. Citra diri positif tentang identitasnya sebagai perempuan

Artinya, perempuan perlu memiliki dan membangun pengetahuan juga terkait penerimaan secara mendalam terhadap diri sendiri sebagai perempuan. Melalui segala kelebihan, kekurangan, peran, dan potensi yang dimiliki secara positif. Lebih menghargai nilai dan kemampuan yang telah dimiliki dan mendayagunakannya secara maksimal. Mencintai diri dan memiliki tujuan juga aspirasi yang jelas. Memiliki kepercayaan atas kemampuan diri sendiri. Berani menjadi berbeda dan menjadi diri sendiri. Paling penting yaitu, memiliki rasa ingin terus belajar dan berkembang. Demikianlah, maka akan terbentuk dan terbangun citra diri yang positif tentang identitas sebagai seorang perempuan. Perempuan yang mengenal dirinya sendiri, yang mampu merajut asanya dengan kuat, dan menjadi bagian dari perempuan hebat yang berperan dalam membangun peradaban.

2. Membangun harga diri yang kuat dan stabil

Artinya, dengan memiliki dan membangun harga diri yang kuat dan stabil, maka akan mampu mendorong pada peningkatan motivasi, rasa percaya diri, dan satu langkah lebih maju dalam mencapai tujuan para perempuan hebat. Membangun harga diri yang kuat dan stabil bagi perempuan juga dapat dilakukan melalui cara kemampuan para perempuan dalam menerima dan mencintai diri mereka sendiri.

Kemampuan para perempuan dalam merawat diri, mencakup aspek fisik, kesehatan, dan mental secara sehat dan penuh rasa syukur juga bahagia. Kemampuan para perempuan dalam membangun dan menciptakan hubungan/koneksi/jaringan yang positif dan mendukung.Bagaimana ciri dari lingkungan/hubungan/koneksi yang positif dan mendukung itu? Ketika seseorang bisa bertumbuh, berkembang, dan memiliki value yang di hargai.

3. Memiliki motivasi intrinsik dan keinginan kuat untuk berprestasi

Motivasi yang berasal dari intrinsik individu akan jauh lebih mengakar kuat dan sulit lepas. Sehingga, menjadikan para perempuan memiliki tujuan dan aspirasi yang jelas dalam hidup untuk terus bertumbuh, berkembang, dan berperan. Maka, dengan mengenal self concept positif bagi perempuan, akan terbuka banyak rajutan asa-asa mulia dari perempuan yang sampai pada tujuannya. Sebab, sebagai perempuan mereka adalah kunci peradaban yang tidak boleh diabaikan dan dibisukan suara dengan segenap potensi yang dimilikinya.

Jadilah, salah satu dan bagian dari perempuan yang berani mengambil peran dan perubahan dalam peradaban tersebut!

Bagikan Artikel Ini
img-content
Khasiatun Amaliyah

Penulis Indonesiana

0 Pengikut

Baca Juga











Artikel Terpopuler











Terpopuler di Peristiwa

img-content
img-content
img-content
img-content
Lihat semua