Ace-Liam Nana Sam Ankrah Balita yang Meraih Guinness World Record sebagai Seniman Termuda

Senin, 10 Juni 2024 07:56 WIB
Bagikan Artikel Ini
img-content0
img-content
Iklan
Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Pelukis abstrak pemula ini belum genap berusia 2 tahun. Usianya baru memasuki 517 hari atau 1 tahun 152 hari. Namun, prestasinya mencengangkan.

Vincent van Gogh berusia 27 tahun saat pertama kali memegang kuas. Edward Hopper baru menjadi seniman yang sukses setelah berusia lebih dari 40 tahun. Sementara seniman rakyat Nenek Musa baru mulai melukis pemandangan kehidupan pedesaan yang memukau setelah berusia 70-an.

Seniman Ghana, Ace-Liam Nana Sam Ankrah, sebaliknya, menjual lukisannya saat ia berusia 1 tahun 152 hari. Hal tersebut membuatnya mendapatkan Rekor Dunia : Guinness World Records sebagai seniman pria termuda di dunia.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Menurut ibunya, Chantelle, ketertarikan Ankrah pada seni lukis dimulai saat ia baru mulai merangkak. Seperti yang dia katakan kepada situs web Guinness World Records, dia meletakkan cat dan selembar kanvas di lantai untuk menyibukkan putranya sementara dia mengerjakan komisi. Sebagai seorang seniman, Chantelle juga mengelola sebuah bar koktail dan kelas melukis di ibu kota Ghana, Accra.

Setelah melihat komposisi abstrak yang dibuat Ankrah sendiri, Chantelle memiliki ide untuk menghubungi Guinness World Records. Untuk memenuhi syarat untuk mendapatkan rekor seniman pria termuda, Ankrah pertama-tama harus memamerkan dan menjual karyanya, jadi Chantelle mengatur pameran di Museum Sains dan Teknologi di Accra pada Januari 2024. Setelah menjual sembilan dari 10 karya yang dipamerkan, Ankrah secara resmi diakui sebagai pemegang rekor baru.

"Lukisan abstraknya terinspirasi dari dunia di sekelilingnya," kata Chantelle kepada Guiness World Records, "warna, bentuk, tekstur, dan suasana hatinya. Setiap lukisannya merupakan ekspresi dari rasa ingin tahu dan kegembiraannya dalam menemukan hal-hal baru."

Melansir dari laman mentalfloss.com, dia menekankan bahwa Ankrah membuat karyanya secara mandiri, hanya memintanya untuk membuka botol-botol cat dan membersihkannya setelah selesai, yang dia tandai dengan ungkapan bangga, "Mama selesai."

Meskipun Ankrah mungkin merupakan seniman pria termuda di dunia, ia bukanlah seniman termuda di dunia. Kehormatan tersebut diberikan kepada pemegang rekor seniman wanita termuda di dunia, Arushi Bhatnagar dari India, yang mengadakan pameran pertamanya dan menjual lukisan pertamanya pada tahun 2003 (dengan harga 5.000 rupee, atau sekitar $ 107 pada saat itu), ketika ia berusia belum 1 tahun, alias baru 344 hari. ***

 

Bagikan Artikel Ini

Baca Juga











Artikel Terpopuler











Terpopuler di Peristiwa

img-content
Lihat semua