Mahasiswa Universitas Jambi Melakukan Pemberdayaan Masyarakat di Sungai Anak, Desa Selat, Batanghari

Rabu, 12 Juni 2024 08:17 WIB
Bagikan Artikel Ini
img-content0
img-content
Iklan
Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Mahasiswa Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Jambi angkatan 2022 khususnya kelas 4C melakukan pemberdayaan masyarakat dengan dibimbing oleh Bapak La Ode Reskiaddin, S.KM., M.P.H. Kegiatan ini merupakan salah satu pemenuhan nilai mata kuliah Praktik Pemberdayaan KAT.

Pemberdayaan adalah proses mengembangkan, memandirikan, dan memperkuat tawar posisi masyarakat lapisan bawah terhadap kekuatan- kekuatan penekan di segala bidang dan sektor kehidupan. Tujuan pemberdayaan masyarakat adalah memampukan dan memandirikan masyarakat terutama dari kemiskinan dan keterbelakangan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pemberdayaan masyarakat dapat dipahami sebagai proses pembangunan di mana masyarakat berinisiatif untuk memulai proses kegiatan sosial untuk memperbaiki situasi dan kondisi diri sendiri.

Contoh pemberdayaan yang dilakukan yaitu coklat tempe yang dilakukan di Desa Selat RT.11, Kecamatan Pemayung, Kabupaten Batanghari, Provinsi Jambi, merupakan salah satu lokasi dimana kelompok wanita tani (KWT) Anggrek bergerak dalam bidang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Coklat tempe adalah olahan coklat yang di dalam nya ditambahkan butiran - butiran tempe yang telah digoreng untuk menambah variasi makanan tersebut. Bahan yang diperlukan cukup mudah untuk didapatkan yaitu coklat batang dan juga tempe yang telah digoreng.

Cara pengolahan

1. Potong tempe menjadi beberapa bagian kecil.Goreng tempe hingga kering lalu angkat dan tiriskan.

2. Lelehkan cokelat batang kemudian masukan potongan tempe yang sudah digoreng aduk hingga rata.

3. Masukan coklat tempe ke dalam cetakan dan dinginkan hingga kering

Manfaat Dari Coklat Tempe

1. Kaya Antioksidan: Mengandung flavonoid yang membantu melawan radikal bebas dan mengurangi risiko penyakit kronis.

2. Meningkatkan Kesehatan Jantung: Dapat meningkatkan aliran darah dan menurunkan tekanan darah, mengurangi risiko penyakit jantung.

3. Meningkatkan Fungsi Otak: Mengandung stimulan alami seperti kafein dan theobromine yang dapat meningkatkan fungsi kognitif.

4. Menurunkan Risiko Diabetes: Dapat meningkatkan sensitivitas insulin, yang membantu dalam mengontrol kadar gula darah.

5. Meningkatkan Mood: Memicu pelepasan endorfin yang dapat membantu meningkatkan suasana hati dan mengurangi stres.

Kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa ilmu Kesehatan masyarakat ini yaitu Pemberdayaan masyarakat, bentuk kegiatannya mengajarkan masyarakat melakukan pengelolaan atau pemasaran di media sosial, seperti Shopee, Facebook, Instagram dan lain-lain. Ada pun tujuan dari kegiatan ini untuk meningkatkan penjualan dan pemasaran coklat tempe ini, supaya dikenal lebih jauh di media sosial.

 

Bagikan Artikel Ini

Baca Juga











Artikel Terpopuler