Katering Haji 2024: Jemaah Puas dengan Menu ala Indonesia yang Lebih Baik

Rabu, 12 Juni 2024 21:58 WIB
Bagikan Artikel Ini
img-content0
img-content
Iklan
Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Banyak jemaah haji Indonesia yang memberikan ulasan positif tentang kualitas makanan yang mereka terima. Tahun ini Kementerian Agama RI memang melakukan sejumlah perubahan signifikan yang disambut baik oleh para jemaah.

Di tengah persiapan puncak ibadah haji 2024, banyak jemaah haji Indonesia yang memberikan ulasan positif tentang kualitas makanan yang mereka terima. Hal ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, di mana makanan katering kerap menjadi sorotan negatif. Tahun ini, Kementerian Agama (Kemenag) RI melakukan sejumlah perubahan signifikan yang disambut baik oleh para jemaah.

List Menu Makanan Katering Haji

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Prof. Dr. Hj. Evi Muafiah, M.Ag., Rektor IAIN Ponorogo sekaligus petugas Haji tahun ini, menjelaskan bahwa banyak jemaah merasa makanan yang disediakan tahun ini lebih baik. "Menurut pengakuan para jemaah, kualitas makanan tahun ini lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya. Beras yang digunakan adalah beras Indonesia, sehingga rasanya seperti makanan di rumah," ujar Evi Muafiah​​.

Menu yang Menyenangkan Jemaah

Selain kualitas beras, menu yang disajikan juga sangat bervariasi dan sesuai dengan selera Indonesia. "Menu yang disediakan sangat bervariasi, ada sambel terong, teri kacang, sayur, sambel goreng kentang, dan berbagai olahan ikan. Meskipun ada beberapa sayur yang mungkin sedikit berbeda, namun secara keseluruhan rasanya sangat Indonesia," tambahnya​​.

Kepuasan jemaah terlihat dari beragamnya tanggapan positif. "Banyak jemaah puas dengan porsi dan menu makanan. Meskipun ada kebosanan karena menu berputar dalam satu minggu, tetapi dari sisi rasa sudah sesuai dengan selera Indonesia," ungkap Evi Muafiah​​.

Pengawasan dan Pemilihan Katering yang Ketat

Kualitas makanan yang lebih baik ini tidak lepas dari pengawasan ketat yang dilakukan oleh Kemenag. "Pemilihan catering dan pengawasan dilakukan oleh Kemenag dengan bantuan irjen. Kriteria yang harus dipenuhi termasuk penggunaan beras ala Indonesia dan kehadiran chef serta beberapa pekerja dari Indonesia untuk memastikan rasa makanan," kata Evi Muafiah​.

Pengawasan ini mencakup segala aspek, mulai dari kualitas bahan makanan hingga proses memasak dan distribusi. "Irjen dan seluruh bawahannya datang untuk melakukan pengawasan langsung terhadap kualitas makanan, selain pengawasan terhadap hotel dan fasilitas lainnya," tuturnya.

Distribusi Makanan yang Tepat Waktu dan Teratur

Jadwal distribusi makanan diatur dengan baik untuk memastikan jemaah mendapatkan makanan tepat waktu dan dalam kondisi baik. "Untuk sarapan, makanan mulai didistribusikan pukul 05.00, makan siang pukul 11.00, dan makan malam pukul 17.00. Tidak ada kendala dalam distribusi, selalu tepat waktu dan dalam keadaan panas," kata Evi Muafiah​​.

Dia menambahkan, "Makanan didistribusikan ke setiap grup oleh koordinator grup, sehingga jemaah menerima makanan dalam keadaan masih panas. Bagi lansia, ada menu khusus seperti bubur yang lebih lembut dan tidak pedas," ujar dia lebih lanjut​.

Evi Muafiah juga menyebutkan bahwa ada sistem pengecekan dan monitoring yang ketat untuk memastikan kualitas makanan tetap terjaga. "Jika ada kendala seperti nasi yang kurang matang, segera kami tangani dan perbaiki. Sistem komplain juga tersedia bagi jemaah yang merasa ada ketidaksesuaian dalam kualitas makanan," kata dia.​​.

Masa Depan Katering Haji

Dengan peningkatan kualitas dan variasi makanan yang disediakan, diharapkan pelayanan katering bagi jemaah haji akan terus meningkat di masa mendatang. "Kami berharap ke depan pelayanan katering akan semakin baik, sehingga jemaah haji dapat menjalankan ibadah dengan nyaman dan fokus tanpa khawatir tentang makanan," tutur Evi Muafiah.

Dengan segala upaya yang dilakukan oleh Kemenag dan seluruh petugas haji, diharapkan pengalaman ibadah haji tahun ini menjadi lebih baik dan berkesan bagi semua jemaah.

Bagikan Artikel Ini

Baca Juga











Artikel Terpopuler