Merasa Nyaman dengan Keheningan adalah Kekuatan Super

Rabu, 12 Juni 2024 09:25 WIB
Bagikan Artikel Ini
img-content0
img-content
Iklan
Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Di mana pun orang tinggal, tren yang mengkhawatirkan telah muncul—yakni rasa takut akan keheningan, atau yang oleh beberapa orang disebut sebagai sedatephobia.

Ilmu yang menarik tentang keheningan: Mengapa lebih sehat menerima daripada melawannya.

Wawasan Utama

  • Diam memang baik untuk kesejahteraan, namun teknologi digital mungkin memperburuk ketakutan orang akan keheningan.
  • Bahkan keheningan singkat dalam percakapan dapat menyebabkan meluapnya emosi negatif dan perasaan diasingkan.
  • Ketakutan akan keheningan adalah perilaku yang dipelajari—yang berarti hal ini dapat dilupakan, dengan menggunakan praktik seperti di bawah ini.
Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Keheningan adalah tidak adanya suara yang disengaja atau ketenangan yang disengaja—dan bagi banyak orang hal ini meresahkan. Penelitian  di Belanda menemukan bahwa hanya dibutuhkan empat detik keheningan dalam percakapan agar orang Amerika merasa bingung, ditolak, atau tidak aman.

Bandingkan dengan penelitian lain yang menemukan orang Jepang senang duduk diam bersama orang lain hingga 8,2 detik. Hal ini mungkin tidak mengherankan mengingat konsep haragei di Jepang yang menyatakan bahwa jenis komunikasi paling efektif sebenarnya tidak berbicara.

Di mana pun orang tinggal, tren yang mengkhawatirkan telah muncul—yakni rasa takut akan keheningan, atau yang oleh beberapa orang disebut sebagai sedatephobia. Sedatephobia berasal dari bahasa Yunani Sedate yang berarti “diam atau tidur atau mati” dan Phobos berarti “kebencian, ketakutan, atau ketakutan yang tidak wajar.”

Sebuah studi yang dilakukan oleh Bruce Fell (2012) menunjukkan bahwa teknologi digital dan media sosial tidak hanya memperburuk intoleransi masyarakat terhadap sikap diam namun juga rasa takut mereka terhadap hal tersebut, dalam beberapa kasus sedemikian rupa sehingga mengakibatkan serangan panik atau kecemasan yang signifikan. “Ketika tidak ada kebisingan di kamar saya, hal itu membuat saya takut,” kata salah satu dari 580 mahasiswa sarjana yang diwawancarai. “Saya mulai mengerjakan tugas ini di perpustakaan dan harus kembali ke kamar saya beberapa menit kemudian untuk mengambil iPod saya karena saya menemukan perpustakaan sangat sepi sehingga saya tidak dapat berkonsentrasi dengan baik,” kata yang lain.

Ilmu Keheningan: Mengapa Canggung dan Sehat

Manusia memiliki keinginan yang didorong oleh evolusi untuk terhubung dan diterima; kita adalah makhluk sosial pada intinya. Ketika seseorang tidak merespons kita secepat yang kita inginkan, diam bisa diartikan sebagai penolakan. Dahulu kala, penolakan dari kelompok sosial kita berarti risiko eksistensial. Namun hingga saat ini, naluri tersebut masih ada.

Koudenburg menemukan bahwa percakapan yang lancar dikaitkan dengan perasaan memiliki, harga diri, dan validasi sosial. Jika keheningan singkat saja mengganggu aliran ini, emosi negatif dan perasaan diasingkan dapat meluap.

Selain itu, di ruang sunyi di antara kata-kata yang diucapkan, terdapat ketidakpastian. Manusia pada umumnya tidak menerima ketidakpastian dengan baik. Apa yang tidak kita ketahui, tidak dapat kita kendalikan—dan apa yang tidak dapat kita kendalikan membuat kita berada dalam ketidakpastian, dengan antisipasi terhadap apa yang akan dikatakan atau bagaimana respons orang lain sehingga memicu kecemasan.

Bahkan saat kita sendirian, keheningan bisa jadi tidak menyenangkan; kita tidak bisa lepas dari pikiran-pikiran otomatis kita, khususnya pikiran-pikiran yang menyoroti rasa takut dan rasa tidak aman; ini dapat menyebabkan perenungan. Saat-saat hening yang tidak terstruktur juga dapat menyadarkan kita akan aspek-aspek diri kita dan kehidupan yang ditenggelamkan oleh struktur kebisingan. Keheningan dapat menyadarkan kita akan kebenaran—kebenaran yang mungkin tidak ingin kita akui.

Namun kita sangat merugikan diri sendiri jika kita memandang kebenaran ini sebagai sesuatu yang buruk atau mengkhawatirkan. Kebenaran yang menakjubkan, menginspirasi, dan memberi kehidupan juga dapat ditemukan dalam keheningan.

Manfaat Diam bagi Kesejahteraan Kita

  • Meningkatkan konsentrasi. Kita hampir selalu kehilangan fokus ketika suara mencapai sekitar 80 desibel. Lingkungan yang sunyi atau lingkungan dengan sedikit kebisingan latar belakang membantu memaksimalkan konsentrasi.
  • Menginspirasi kreativitas. Mihaly Csikszentmihalyi (2006) menemukan bahwa pencipta yang luar biasa cenderung introvert, yang dikenal lebih menyukai lingkungan yang tenang. Penelitian juga menunjukkan bahwa orang menjadi lebih kreatif ketika mereka menikmati kebebasan dari interupsi.
  • Meningkatkan kesadaran diri. Keheningan membantu kesadaran interoseptif—yaitu, merasakan sensasi fisik batin seperti detak jantung, pernapasan, dan rasa kenyang, serta mengaktifkan jaringan mode default otak, area yang mengintegrasikan alam sadar dan bawah sadar, membantu membangun memori otot baru, mencerna konsep-konsep baru, dan menyerap wawasan baru.
  • Meningkatkan pembelajaran dan produktivitas. Imke Kirste dan rekannya (2013) menemukan bahwa diam selama dua jam per hari dapat menciptakan sel-sel otak baru yang terkait dengan pembelajaran, memori, dan regulasi emosi.
  • Menghilangkan stres dan memberikan rasa tenang. Mengheningkan cipta selama dua menit terbukti dapat meredakan ketegangan tubuh dan menenangkan pikiran. Diam juga ditemukan secara signifikan meningkatkan suasana hati dan mengubah persepsi seseorang tentang waktu dan orientasi terhadap momen saat ini.
  • Meningkatkan hubungan. Keheningan di antara orang-orang dapat memberikan ruang bagi penerimaan, pendengaran, pendengaran, penegasan, dan keintiman. Hal ini sangat berbeda dengan memberikan “perlakuan diam” kepada seseorang, yang menurut penelitian sangat merusak hubungan.
  • Memberikan dampak langsung dan positif bagi tubuh. Keheningan menurunkan tekanan darah, mencegah pembentukan plak di arteri, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan meningkatkan regulasi hormon.

Praktek untuk Menikmati Keheningan

Ketakutan akan keheningan adalah perilaku yang dipelajari dan bisa juga tidak dipelajari. Berikut beberapa praktiknya:

  • Pertimbangkan hubungan Anda dengan keheningan: Ketidakamanan apa yang membuat Anda tidak nyaman dengan keheningan? Carilah pola dan koneksi.
  • Ingatkan diri Anda bahwa keheningan memiliki tujuan dalam semua percakapan, seperti membuat percakapan menjadi lebih menarik, memberikan ruang bagi orang lain untuk merespons, dan menciptakan keintiman.
  • Obrolan tidak akan menyelamatkan percakapan, tapi diam bisa menyelamatkannya. Daripada mengisi kekosongan dalam percakapan yang membuat frustrasi, cobalah menghitung dalam hati, “Satu Mississippi, dua Mississippi…” Ini memberi Anda sesuatu untuk dilakukan.
  • Pelajari cara keluar dari keheningan. Jika keheningan mencapai 45 detik, coba katakan, “Apa yang aku katakan sepertinya membuat kamu tidak nyaman. Haruskah kita membahasnya kembali setelah kamu punya waktu untuk memikirkannya?” Seringkali hal ini akan memicu respons.
  • Berlatihlah menunggu 2-3 detik setelah seseorang berhenti berbicara untuk merespons. Ini menunjukkan bahwa Anda benar-benar mendengarkan orang lain, daripada menunggu giliran Anda untuk berbicara.
  • Hindari suara pengisi seperti “Umm…” “Huh…” “Ehhh…” dan “Errr…” Itu hanya menambah kecanggungan atau kecemasan.
  • Meditasi kesadaran. Temukan satu hingga empat menit sehari untuk duduk diam dan mengamati sekeliling Anda.
  • Pikirkan kembali “waktu henti”. Terlibat dalam “keheningan produktif” ketika ada jeda dalam aktivitas.
  • Dapatkan headphone peredam bising dan lupakan musik. Sesuatu yang baru mungkin menginspirasi Anda dengan semua pertumbuhan sel saraf itu.
  • Jangan menganggap diam sebagai sebuah kegagalan atau masalah. Keheningan adalah kesempatan untuk berhenti sejenak, merenung, dan mengumpulkan pikiran; dan untuk mengamati, menyerap, mencerna, dan memproses. Gunakan keheningan untuk merasa lebih nyaman dengan diri sendiri dan orang lain, daripada menjadi cemas dan terputus.

“Keheningan adalah sumber kekuatan yang besar,” kata Lao Tzu. Namun, harus diakui, dibutuhkan upaya untuk membangun otot tersebut. Mungkin diperlukan waktu setengah detik bagi informasi sensorik dari dunia luar untuk diintegrasikan ke dalam pengalaman sadar kita, namun sering kali, dan untuk alasan yang baik, duduk diam dalam waktu lama dapat menghasilkan hubungan yang lebih bermakna dan pengalaman hidup yang secara umum sehat.

***

Solo, Rabu, 12 Juni 2024. 7:30 am

Suko Waspodo

Bagikan Artikel Ini
img-content
Suko Waspodo

... an ordinary man ...

0 Pengikut

Baca Juga











Artikel Terpopuler











Terpopuler di Peristiwa

img-content
img-content
img-content
img-content
Lihat semua